Yang terpenting dalam hidup

5 Jan 2021 | Cetusan

Apakah hal yang terpenting dalam hidup?

Banyak orang bilang, “Yang penting sehat!” Masuk akal karena kalau tidak tidak jadi yang terpenting, tidak akan disebutkan dalam setiap orang berkabar, “Apakabar? Sehat, kan?”

Kalau tidak jadi yang terpenting, tidak akan disandingkan dengan ‘sentosa’ dan dinyanyikan dalam lagu Selamat Ulang Tahun.

Selamat ulang tahun
sehat sentosa…

Kalau tidak jadi yang terpenting, kita tentu tidak jadi seperti ini dalam era pandemik covid-19, terkungkung karena kesehatan itu dinomersatukan, bukan? :)

ilustrasi tulisan "yang terpenting dalam hidup"

Hidup tanpa kesehatan?

Lalu apa jadinya hidup tanpa kesehatan yang baik?

Temanku menjawab, “Wah, kalau nggak sehat sih percuma hidup ini! Mau dapat uang sebanyak apapun kalau nggak sehat ya nggak bisa menikmati!”

Ok, separuhnya aku setuju dengan jawaban temanku tadi.  Tapi… lagi-lagi tapi… bukankah setiap manusia suatu saat akan tidak sehat? Lagi-lagi temanku menjawab, “Makanya kita harus mengusahakan sehat!”

Nah, kalau sudah sehat sudah diusahakan tapi tetap jatuh sakit apakah lantas kita kehilangan faktor terpenting dalam hidup? Kalau demikian, adakah hidupmu akan kehilangan makna terbesar karena kehilangan faktor ‘terpenting’?

Yang terpenting…

Jika iya, saranku cepat-cepatlah mengubah faktor terpenting dalam hidup karena sejatinya tubuh manusia ini suatu waktu akan berada dalam kondisi kesehatan yang memburuk dan terus memburuk hingga tak ada jalan keluar lain selain… mati. Padahal, sampai mati, hidupmu, dan hidup kita semua akan tetap penting di mata orang-orang yang kita sayangi, dengan atau tanpa kesehatan yang baik!

Bagiku yang paling penting dalam hidup adalah bahagia. Kalau hidup tidak bahagia lebih baik tidak hidup!

“Tapi bagaimana bisa bahagia kalau kita tidak sehat, Don?” temanku tadi bertanya, mungkin hendak balas dendam karena dari tadi ku-tapi-tapi-in melulu!

Justru itu!
Kebahagiaan harus kita tempatkan bukan sebagai imbas karena sehat apalagi kaya. Kebahagiaan adalah tujuan yang harus diusahakan sesedikit apapun duit kita, seburuk apapun kondisi kesehatan kita!

Alangkah bahagianya jika kebahagiaan didukung sehat dan kaya tapi dalam bahagia yang paling diperlukan adalah rasa syukur.

Bersyukur karena meskipun uang kita sedikit tapi kita masih sanggup menghitung berkat yang tak pernah hilang sama sekali. Bersyukur karena meskipun badan sedang tidak sehat toh setidaknya kita masih boleh memiliki harapan untuk sembuh!

Simak podcast dari tulisan ini di sini.

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.