Umpama

14 Mar 2002 | Cetusan

Pernah nonton sinetron?Keluarga Cemara?gak di RCTI ??Atau pernah nonton iklan sinetron itu di TV ?

Semalam aku nonton iklan itu di TV. Seperti biasa, acara mudik bener2 aku manfaatin buat ngulangin kegemaranku dulu, nonton TV. Dan gak sengaja (biasanya aku benci banget sama yang namanya iklan) aku perhatiin banget iklan sinetron yang katanya memang gede banget?rating-nya sampe2 diputer berulang-ulang.

Iklan yang terdiri dari beberapa?scene?itu ternyata menarik juga. Paling nggak kata2 nya. Pada?scene?pertama, diperlihatkan hasilinterview?seorang siswa SMU dan beberapa anak yang mewakili tingkat pendidikannya, mulai dari TK sampe mahasiswa. Dan, topik bahasan yang di-interview?kan itu sebenernya gak terlalu `dalam`, sama halnya dengan sinetronnya yang memang gak terlalu menampilkan permasalahan terlalu dalam. Ada pertanyaan begini, “Mau jadi apa kalo udah gede?” dan ya sama halnya dengan kita dulu, mereka menjawab “pengen jadi presiden” atau “pengen jadi pengusaha” ada juga yang jawab “pengen jadi insinyur”, astronot, arsitek dan masih banyak lagi.

Iklan selesai. Acara dilanjutin, ada `obral bibir` para petinggi pada ngomongin?Akbar Tandjung?di suatu acara?talk show. Yah seperti biasa daripada nonton sinetron mending nonton itu. Ehhh..gak tau kenapa tiba-tiba kok otakku mengkait-kaitkan antara iklan yang barusan sama topik obral bibir.

Gak tau kenapa aku jadi mikir..mungkin karena kebanyakan anak2 pada sering ngelantur pengen jadi A atau pengen jadi B ya yang akhirnya bikin mereka waktu gede terobsesi bener2 buat kejar cita2 itu?

Apa karena mereka ngucapin “pengen jadi Presiden” yang akhirnya membuat kursi presiden jadi?HOT SEAT?banget yah..?

Apa karena mereka ngigau “pengen jadi pengusaha” yang akhirnya bikin pengusaha pada rebutan tender dengan gak terlalu sehat?

Apa karena mereka ngeracau “pengen jadi insinyur” yang akhirnya bikin Jakarta banjir karena salah konstruksi para insiyur yang pengen cepetan dapet duit daripada mentingin mutu..?

Yahhh….emang rada jauh kaitannya..tapi hal itu cukup menarik buat dipikirin terus semalam…trus aku mikir lebih dalam lagi…(emang aku sering ngigau)

Mungkin gak, Indonesia damai kalo anak2 kecil nya gak punya cita2 jadi Presiden, Pengusaha atau Insinyur..? Gimana ya kalo kita ketemu sama seorang anak dan dia bilang “Saya pengen jadi supir bus” atau pengen jadi tukang jualan bakso..? Mungkin gak ya kalo gitu trus waktu mereka gede dan jadi petinggi pada gak korupsi… Tapi di sisi otak yang lain..aku juga jadi mikir….”Wah kalo gitu..ntar yang korupsi bukan petinggi tapi para sopir?” Lho..tapi apa yang mau dikorupsi…LOL

Trus aku akhirnya mikir dalam banget… Kayaknya penelitiannya kudu datengin saksi. Dan yang paling tepat ya sebenernya para orangtua petinggi kita sekarang ini. Memang susah karena semua udah gak ada lagi, tapi seandainya saya ketemu…ada satu pertanyaan yang pengen banget aku tanyain “Pernah gak si Akbar itu bilang ke Ibu bahwa dia pengen jadi presiden atau penguasa?”

PS:whoammmm nguantuk..masuk ke kamar, matiin lampu, copot kacamata…dan pas ngeliat mama udah bobo di samping, aku jadi inget kalo waktu kecil pun aku juga sering bilang kalo aku pengen jadi presiden…zzzzz..

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.