Tips Nggak Penting: Menarik Tali Penyentor Toilet

4 Jan 2016 | Cetusan

Pencarian tentang bagaimana cara meminimalisasi sentuhan dengan sumber bakteri/kotoran di toilet umum terus berlanjut.

Kalau di postingan ini dan ini aku membahas tentang efektivitas mencuci tangan terkait dengan kegiatan buang air baik besar maupun kecil, kali ini aku memberi tips area mana yang seharusnya dipegang dari tali penyentor air kencing.

Karena tak semua pembaca di sini adalah cowok dan tak semua cewek itu pernah masuk ke toilet cowok maka aku jelaskan apa dan bagaimana tali penyentor itu ada dan bekerja.

Tali Penyentor Toilet

‘suasana’ toilet pria.

Lihat foto di atas.
Itu adalah toilet cowok. Jadi kalau mau pipis, kami tinggal berdiri di dekat lubang yang memiliki permukaan stainless steel itu lalu pipis? Setelah pipis selesai, pada beberapa toilet modern, biasanya ada sistem untuk menyentor secara otomatis jadi setelah pipis ya kami tinggal begitu saja. Tapi pada sistem yang lama atau yang lebih murah, setelah selesai kencing kita diminta untuk menyentor sendiri dengan cara menarik tali yang ada di sisi kanan dan sudah kuberi tanda itu. Tarikan tali akan membuka kenop karet penampung air yang ada di atas lalu melalui pipa, air turun ke tempat pipis untuk menyentor menuju ke saluran pembuangan.

Jadi bayangkan, setelah memegang penis dan kemungkinan terciprat air kencing sendiri, seseorang akan langsung memegang tali itu kemudian ada orang lain lagi mengalami dan melakukan hal yang sama, demikian terus-menerus, berulang-ulang?

Kalau begitu, tali itu kotor sekali dong? Lalu bagaimana cara mengakalinya?
Cara menarik tali yang kemungkinannya paling kecil untuk terkena kotoran/bakteri dari pengguna toilet sebelumnya adalah dengan menarik tali bagian atas.

Kenapa?
Sebagian besar orang tentu berpikir yang simple-simple saja apalagi untuk hal beginian, asal sentuh tali, asal tarik yang penting beres?Bener, kan?

Nah, dengan kita menarik bagian yang semakin atas, logikanya, semakin tak tersentuhlah bagian itu!

Simak foto di bawah ini…

Tali Penyentor Toilet , bagian yang benar dan salah

Jangan pegang ujung bawah, tapi yang atas lalu tarik…

Setelah selesai aku lalu ke wastafel mencuci tangan mengikuti aturan yang ada dan pernah kutulis di sini.

Tapi persoalan sebenarnya tak berhenti di sini karena ketika keluar toh aku harus tetap memutar gagang pintu yang tentu juga dipegang oleh para pengguna toilet sebelumku.

Next time kalau aku nemu cara baru yang efisien untuk mengatasi hal ini, akan kutulis dan kubagikan di sini…

Sebarluaskan!

1 Komentar

  1. ambil tisu, untuk buka gagang pintu….,
    jangan ketinggalan bawa hand sanitize kemana-mana.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.