Tiga Keping Pemahaman Paskah

31 Mar 2024 | Cetusan

Sebagai seorang Katolik yang dibaptis sejak bayi, ada beberapa fase dalamku memandang makna Paskah.

Superman

Hingga sekitar akhir 1990an, Paskah kupandang dalam keping tunggal nan sederhana: Yesus seorang superman. Ia Tuhan. Ia disiksa. Ia dibunuh tapi lantas bangkit dari orang mati. Super! Makanya superman!

Pusat Segala Rasa Iba

Keping pemahamanku terhadap Paskah mengganda melalui film besutan Mel Gibson, Passion of The Christ. Film ini sukses memvisualisasikan kisah sengsara Tuhan secara detail.  Film ini memberiku (dan kuyakin banyak orang) sebuah pemahaman bahwa Yesus dalam kisah sengsaraNya layak untuk dikasihani. Ia mengibakan! Maka Paskah tahun-tahun itu jadi lebih berdimensi dan kusyuk. Lumayan…

Cermin

Kedua orang tuaku meninggal di masa Pra-Paskah. Papa meninggal 7 April 2011 dan Mama lima tahun berikutnya, 7 Maret 2016.

Kepergian Papa yang begitu mendadak waktu itu membawaku gelagapan untuk menghayati kepergiannya secara spiritual. Romo Willem Pau yang membaptis darurat Papa sebelum meninggal menuliskan pesan singkat kepadaku, “Semoga kepergian Papa dipersatukan dengan sengsara, wafat dan kebangkitan Kristus.”

Pesan itu membantuku untuk memahami fase ketiga Paskah sebagai cermin. 

Melalui kisah sengsaraNya, aku tak boleh hanya berhenti pada kekagumanku terhadap Yesus karena Ia super! Aku tak boleh terkotak pada glorifikasi rasa iba mengingat luka dan sengsaraNya yang secara sukses tervisualisasi dalam Passion of the Christ. 

Kisah sengsaraNya membawa permenungan bahwa hidup ini sejatinya adalah sebuah perjalanan memanggul salib. Menyangkal diri untuk menjalankan tugas perutusan yang diberikan Tuhan melalui keluarga, pekerjaan, hobi, komunitas dan pelayanan lengkap dengan jatuh bangunnya hingga nanti hingga tiba di Golgotaku dan mengakhiri semuanya dengan baik, sebaik Yesus dulu mengakhirinya…

Christus surréxit! – Surréxit vere, allelúja
Selamat Paskah!

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.