Tanah yang makan buah dari pohon yang tumbuh di atasnya

28 Jul 2017 | Kabar Baik

Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”
(Matius 13:23)

Banyak yang mengira bahwa buah yang dimaksud dari penggalan ayat di atas adalah kekayaan dan kejayaan. Jadi asal kita mau ditaburi firman Tuhan maka kita akan berbuah, kaya dan jaya.

Benarkah?
Menurutku kok kurang tepat ya.

Pertama, kalau begitu bagaimana dengan mereka yang berteguh dalam iman tapi tak memiliki status ekonomi yang baik dan jadi pegawai rendahan saja? Apakah mereka bisa langsung kita anggap tak berbuah?

Kedua, dalam perumpamaan itu Yesus meletakkan kita sebagai tanah sedangkan Ia sendiri adalah penabur firman. Benih yang ditaburkanNya ke atas tanah yang baik akan tumbuh menjadi pohon yang lantas berbuah. Lalu mana ada tanah makan buah? Kan tidak!

Kekayaan, kejayaaan, bakat dan kepandaian yang diberikan Tuhan adalah alat, pemampu atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah enabler supaya kita menghasilkan buah.

Dengan kekayaan kita bisa membantu sesama yang kekurangan dan itulah buah-buahnya. Dengan kejayaan kita bisa menolong harkat hidup orang banyak melalui pengaruh kejayaan kita, itulah buah-buahnya. Dengan bakat dan kepandaian kita bisa menciptakan inovasi yang membawa hidup ke arah yang lebih baik, itulah buah-buahnya.

Waduh, Don! Kalau gitu nggak enak amat jadi tanah? Ditumbuhi benih, buahnya diambil orang yang menginjak-injak kita karena kita tanah?

Benih, pohon dan buah bukanlah milik kita. Apa yang kita harapkan dari sesuatu yang bukan kepunyaan kita sendiri? Apa yang kita harapkan sebagai tanah ketika Anak Sang Pemilik Kebun Anggur pun dibunuh lalu dilempar keluar dari kebun anggur?

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.