Suka-Duka Jadi Konsultan IT di Australia (2)

23 Feb 2017 | Australia

Nah, setelah kemarin aku menulis tentang nggak enaknya jadi konsultan, tapi namanya juga profesi, kita harus men-tackle isu-isu tersebut sehingga semua harus bisa teratasi dengan baik.

Solusinya? Ada di bawah ini.

Miliki portable stuffs

Ketiadaan personal spot dan personal stuffs yang bisa kita pakai di kantor klien bisa kita siasati dengan memiliki barang-barang yang punya tingkat protabilitas tinggi.

portable cutlery

Mulai dari gelas, piring dan sendok/garpu/pisau. Kita bisa menggunakan yang portable dan bisa didapatkan di toko-toko adventure.

Stojo Pocket Mug (1)

Stojo Pocket Mug saat dilipat siap dimasukkan tas

Lalu laptop, mobile wifi/modem, charger, powerbank, noise cancelling headphone (ini perlu tak hanya untuk mendengarkan musik tapi juga untuk mengurangi noise dari percakapan yang muncul di kantor klien), kantong teh, bahkan tissue toilet pun aku bawa cadangan.

Bagaimana dengan portable storage? Masih perlukah USB flashdisk? Tidak! Aku sudah tidak menggunakan USB flashdisk sejak tahun lalu karena lebih banyak menggunakan cloud storage yang tinggal upload/download saat diperlukan.

Tas besar

Karena begitu banyak portable stuff yang harus dibawa, mau tak mau aku harus menggunakan tas besar yang nyaman dibawa dan tak terlalu memberatkan. Karena aku punya masalah dengan tulang belakang (tulang belakangku agak bengkok ke kanan) maka aku memilih menggunakan tas besar sistem trolly yang bisa kutarik dan tak harus kujinjing.

Samsonite mobile office bag yang kupakai setiap hari

Up-to-date dengan jadwal public transport

Bekerja menggunakan kendaraan pribadi bukanlah pilihan tepat di Sydney. Jarak antar kantor klien biasanya tak terlalu jauh jadi lebih baik menghapalkan jadwal public transport atau kalau memang sedang malas betul ya tinggal panggil taksi nanti toh ongkos yang dikeluarkan diganti perusahaan.

Untuk pengaturan jadwal public transport, sejak awal tahun silam aku menginstall aplikasi TripView yang punya sistem hampir bisa dikatakan real time data. Artinya kita bisa tahu posisi kereta/bus/ferry yang akan kita naiki sudah sampai mana dan akan sampai di tujuan jam berapa.

 

Aplikasi Trip View, kita bisa mendeteksi hampir realtime bus/ferry/kereta yang akan kita tumpangi

 

Penunjang penampilan

Karena kita dituntut untuk tampil rapi dan profesional, hal yang tak pernah tak kubawa di dalam tas adalah: deodorant, parfum, permen karet mint. Ketiganya amat penting untuk menangkal bau mulai dari bau badan, bau keringat maupun bau mulut! Dulu malah aku sempat bawa sikat gigi segala macam tapi lantas kupikir too much!

Permen karet penghilang abab

Parfum yang kupakai setiap hari

Setia setiap saat. Kamu juga pakai, kan?

Jaga Hubungan dengan Kantor Pusat dan manajemen

Menjaga hubungan dengan kantor pusat amatlah penting! Kenapa? Sebagai konsultan yang ditempatkan di kantor klien, peluang kita bertemu dengan manajer dan anak buah (karena aku lead consultant aku punya beberapa anak buah) amat jarang. Kita harus proaktif untuk selalu keep in touch dengan mereka baik itu melalui telepon, email ataupun coffee meeting dan lunch!

Hal ini amat penting karena banyak informasi terkait kebijakan perusahaan termasuk proyek-proyek baru yang masuk, issue-issue dengan anak buah dan peer colleagues, training sessions yang perlu kita tahu dan berguna untuk pengembangan karir personal kita.

Olahraga dan jaga makan

Bekerja sebagai konsultan membutuhkan dinamika yang tinggi. Energi adalah barang yang mahal. Untuk itu, berolahraga untuk mengatur stamina dan vitalitas tubuh amat diperlukan bahkan menurutku lebih perlu ketimbang aneka vitamin dan supplemen yang ditawarkan bakul-bakul obat di luaran sana.

Interaksi kita dengan klien kadang juga membuat tak bisa menghindari untuk ikut acara makan siang maupun coffee break yang melibatkan banyak makanan yang secara nutrisi membuat pola makan yang sudah kita atur jadi berantakan. Oleh karena itu sebisa mungkin melakukan diet dengan menghitung jumlah kalori yang kita konsumsi dengan yang kita keluarkan amat penting. Puji Tuhan aku melakukan hal ini cukup seksama.

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.