Simbolisasi, Pentingkah..?

23 Mar 2002 | Cetusan

Eh iya…tadi di jalan Jogja-Solo…aku mikir dan renungin soal kerjaanku…. Gila juga ya kalo minggu kemarin aku bikin banyak banget design…ada LisaCake..ada APIBI, ada HEXOS ada E-Jambi dan masih banyak lagi….

Trus pikiranku pindah lagi…semalam aku call sama Ronny Kita diskusi banyak soal web sambil terus ngeliatin webnya dia sembari ngobrol aku ngeliat kalo blending image di header webnya bener bener keren…bener2 menyatu… Dan simbolisasinya juga kena banget….

Dan bukannya aku trus ngerasa rendah diri..tapi aku pikir kenapa aku udah gak terlalu bisa lagi bikin simbolisasi seperti itu… Kalo soal blending mungkin tinggal segi kreatif..tapi simbol adalah segalanya…(paling nggak menurut saya)

Keunikan dari sebuah simbolisasi menurut saya adalah bagaimana kita mengajak seorang visitor ngeliat simbol itu kemudian menghubung hubungkan semua imajinasi dan pikirannya hingga mengenai topik.

Contohnya adalah sebuah jeruk berwarna orange yang kesan wet nya dalam banget…nah dari situ…saya hubungkan dengan sebuah perusahaan web yang masih bener bener baru, tapi punya dinamika berpikir yang tinggi dan mencerminkan semangat pada SDM nya…Jadi..dalam sebuah jeruk orange yang basah..kita bisa ngeliat bahwa disitu letak kekuatan perusahaan baru itu: segar, semangat, kreatif dan ekspresif

Aneh ya..? Gak ngerti..? Masih bingung..? hehehe aku juga bingung gimana buat jelasin lagi,…..yang mesti sih gini… gak tau kenapa..aku ngerasa aja kalo akhir2 ini selama mendesain otakku gak pernah lagi berpikir ke arah sana… gak pernah berpikir bagaimana kita menghadirkan sebuah simbol untuk menjelaskan topik… yang ada akhir2 ini adalah bagaimana supaya project cepetan selesai dapet uang dan aku bisa kerjain yang laen …

Idealisme mati..? moga2 nggak..dan kayaknya sih gak juga.. idealisme itu bakalan mati kalo aku emang bener bener mati..

Efisiensi waktu..? moga2 iya..karena kita dituntut cepat…

Mutu menurun..? hmmm seni gak bisa diperhitungkan dengan mutu tapi bisa dirasakan kadar seni orang yang bikin itu…tapi inget web design gak cuma seni tapi juga efisiensi bandwidth…

Terlalu banyak desain yang dikerjakan dalam jangka waktu singkat..? Gak mungkin ah, soalnya setiap company yang jadi client selalu bawa ciri sendiri yang akhirnya saya jadikan nyawa dalam web itu..

Hmm trus apa ya…?

Aku nunduk..berpikir..dan tiba2 inget omonganku sendiri pas aku kasih seminar beberapa waktu lalu di UGM…
“bahwa web design itu ilmu yang sifatnya akan terus berkembang dengan cepatnya karena perpaduan seni dan teknologi itu akan memancing kreatifitas orang digabung dengan kecepatan para vendor menciptakan software baru..dan kedua komponen itu gak akan pernah diem dan mati….”
Dan kesimpulannya…mungkin memang aku lagi mengalami proses perkembangan itu ya..ahahaha

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.