Shitty Day, Shiny Day

16 Mar 2017 | Cetusan

Hari ini bagaikan tai, makanya kutulis ‘shitty‘, memiliki sifat selayaknya onggokan tai… tinja!

Menghubungi bank untuk mengkonsolidasi tagihan, malah ditanya macam-macam yang aku nggak ngerti jawabannya, sulitnya ampun-ampunan… Tinja!

Pekerjaan sedang banyak bener tantangannya. Aku tak bisa menceritakan detailnya tentu saja tapi percayalah padaku pokoknya kata orang Malang, keat!

Saking sibuknya dengan pekerjaan dan urusan bank jadi nggak punya waktu untuk nge-gym, Tinja!

Eh… lalu tiba-tiba Sastra Wijaya, jurnalis ABC Plus Australia menghubungiku lewat Facebook Messenger hendak mengunggah tulisan yang pernah kutulis beberapa waktu lalu di blog ke media yang diasuhnya.

“Ada foto untuk mendukung tulisannya, Don?” “Selfie? Banyak! Banget!” tuturku semangat.

Tapi ia menyarankan kalau bisa bukan foto selfie! Mana ada?

“Minta tolong kawan kerjamu fotoin…”
Lagi nggak sempat, gumamku. Mana sempat fotoin kalau pekerjaan sedang tegang-tegangnya begini?

Akhirnya aku cari foto-foto lama dan kutemukan foto di bawah ini, asal kirim, eh diterima! Makasih, Sastra!

Kembali ke pekerjaan, kembali tinja lagi!

Lalu, menjelang matahari lindap sore tadi, tiba-tiba Joyce menghubungiku, “Anak-anak pengen jemput kamu nanti malam di city…” Uihhh, jadi semangat lagi!

Di atas mobil menjelang pulang, notifikasi henpon berbunyi. Sastra men-tag-ku ke dalam status terbarunya yang memuat tulisan tentang aku. Linimasa jadi ramai, orang-orang menyelamatiku! Kawan-kawan lama di grup-grup WA juga demikian, menyalutiku, sementara anak-anak dan istri mengerubungiku saat hendak doa malam, mereka mencintaiku!

Masuk ke kamar mandi, menuang red wine ke dalam gelas, duduk di atas closet sambil memutar lagu-lagu lama milik INXS, membuang tai ke jamban hasil pencernaan hari ini tiba-tiba aku mendapat visi, membayangkan seonggok tinja! Ya, tai!

Benar-benar tai hari ini tapi uniknya ada sinar kemilau di baliknya, keemasan… emas tinja, tinja emas!

Aduhai… Betapa Tuhan adalah Sosok yang luar biasa! Ia mengubah cara pandangku tentang shitty day ini menjadi shiny day! Bahwa yang kuhadapi tadi memang banyak tai-tainya, tapi melalui tulisan yang dirilis Sastra lewat ABC Plus lalu juga DetikCom, lewat sunggingan senyum Joyce yang rela menjemput bersama anak-anak jauh-jauh ke city, hari ini jadi memancar cahayanya, berpendar-pendar rona indahnya…

Jadi? Se-tai apapun harimu, syukurilah karena shitty day itu dengan mudah bisa diubah menjadi shiny day tergantung darimana kamu memandang dan menerima!

Salam Tinja!

Tulisan dari ABC Plus Australia dan Detik, klik di sini atau di sini!

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.