Risalah Akhir Pekan VI/2018

14 Feb 2018 | Risalah Akhir Pekan

Seperti yang kutulis di sini, sejatinya ada satu rasa kecewa yang kurasakan minggu kemarin. Untungnya rasa itu cepat tanggal dari kelopaknya.

Sejak beberapa minggu silam, secara intens aku berdiskusi dengan sebuah perusahaan consultancy firm terkemuka di Sydney. Aku tertarik untuk bergabung di perusahaan itu dan ?cintaku? tak bertepuk sebelah tangan, merekapun tertarik kepadaku!

Interview pertama terkait culture kumenangkan bulat-bulat! Mereka sangat suka dengan attitude dan pandangan serta rentang pengalaman yang sudah lebih dari 18 tahun di bidang ini.?Tiga hari kemudian, mereka mengundangku untuk interview kedua terkait hal teknis. Lagi-lagi aku bisa mengatasinya dengan tak banyak kesulitan dan membuat mereka terkesima!

Hingga akhirnya, surat tawaran kerja resmi pun kuterima. Namun sayang, aku harus membatalkan aplikasi lamaranku yang sekaligus memupus harapan untuk bergabung dengan firm itu.

Alasannya? Gaji!
Gaji yang ditawarkan cukup jauh untuk menyamai gaji yang kuterima saat ini. Aku sejatinya bukan ?manusia angka?. Ketertarikanku pada bidang ini membuatku masih mau berkompromi dengan yang namanya gaji. Tapi bill-bill tagihan dan skala-skala pengukur lifestyle yang kuikuti selama ini tetap melibatkan angka. Aku tak mau membawa diri dan keluargaku kehilangan standard lifestyle yang sudah kuenyam beberapa tahun belakangan hanya demi status ?pekerjaan dan jabatan baru.?

?Dengan sangat menyesal, aku harus menarik aplikasi lamaranku. Please keep in touch, i?m here, not too far :)? demikian kalimat penutup dalam email yang kukirimkan kepada mereka.

?tapi Tuhan itu Maha Adil.
Bukan! Bukan karena mereka lantas menaikkan standard gaji yang ditawarkan tapi karena Tuhan memberiku penghiburan tepat beberapa jam setelah email itu kukirim.

Kantor pusat perusahaan tempatku bekerja menelponku dan menawari posisi baru di proyek yang baru pula! Riangku bukan kepalang karena ini berarti aku bisa meninggalkan proyek yang sudah kukerjakan selama setahun setengah belakangan dan mengerjakan hal baru yang konon menggunakan technology stacks terbaru dan yang paling penting? proyek ini adalah greenfield project dimana aku bisa menawarkan konsep lalu membidani sendiri implementasinya hingga jadi!

Itulah hiburan dariNya!
Aku percaya hal itu sudah diatur terlebih karena sejak awal melakukan ?PDKT? dengan consultancy firm yang kusebut di atas aku pasrah kepadaNya. Tiap hari aku mendoa bukan supaya aku dapat pekerjaan tapi supaya aku ditunjukkan mana yang terbaik tak hanya untukku tapi juga keluargaku.

Selamat menjalani minggu yang baru dan persiapan memasuki masa Pra-Paskah, Tuhan Yesus memberkati!

Dipublikasikan pada Hari Minggu Biasa VI
pada pesta nama Santa Perawan Maria dari Lourdes, Santo Gregorius II, Paus, Santo Saturninus, Martir

Sebarluaskan!

1 Komentar

  1. relevan dan inspiratif mas dv, saya pikir kok bukan kebetulan malam ini saya baca tulisan mas dv

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.