[Q&A] Bapa Kami ?Ceria?, Bapa Kami yang riang gembira!

12 Okt 2017 | Cetusan

Siang tadi aku merilis lagu Bapa Kami versi ?Ceria? di Youtube, Facebook dan WhatsApp Group. Puji Tuhan banyak tanggapan positif dan beberapa pertanyaan diusung kawan-kawan.

Videonya ada di sini:

Nah, di tulisan ini aku ingin menjawab pertanyaan kawan-kawan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Don, itu yang yang nyanyi kamu?
Iya!

Yang main gitar kamu juga?
Iya!

Yang bikin kamu?
Iyalah!

Dapat idenya gimana?
Mendadak. Pas lagi mandi minggu lalu, 8 Oktober 2017, tiba-tiba muncul penggalan lagu itu. Tapi waktu itu cuma humming aja sambil la-la-li-li. Selesai mandi langsung ambil handphone lalu rekam ke aplikasi voice memo.

Tapi masih bingung mau dipakai buat lagu apa eh trus kepikiran kenapa nggak buat Bapa Kami aja?

Kenapa Bapa Kami?
Yang pasti liriknya nggak usah mikir pusing bikinnya karena doa Bapa Kami yang diajarkan Yesus, 2000 tahun silam, itu ya udah begitu gak usah diotak-atik lagi.

Selain itu, selama ini yang sering kudengar lagu Bapa Kami itu hampir semuanya mendayu-dayu kecuali Bapa Kami Filipina. Nah, kenapa nggak bikin Bapa Kami yang versi ceria? Bapa Kami yang mengajak orang untuk tetap khusyuk berdoa tapi sambil tersenyum dan riang gembira. Toh kekhusyukan itu tak melulu harus dengan mata terpejam dan alis yang mengkerut dan wajah yang datar-datar saja?

Bole kunyanyiin?
Kenapa enggak? Dibikin yang lebih bagus aja silakan kok! Aku dapetin ide itu juga gratis dari Tuhan kenapa aku gak gratisin ke kawan-kawan? Silakan diaransemen ulang, mau dibikin seperti apa terserah. Suka-suka!

Bole kupake di Gereja?
Wah jangan tanya aku, aku bukan pemilik Gereja. Tanya Pastor yang memimpin perayaan. Pesanku, jangan asal bawain lho! Diskusikan dengan pastor dan perkenalkan lagu itu. Bilangin ke pastor bahwa tak ada satu kata pun yang diubah dari format doa Bapa Kami. Harusnya sih pastornya mengerti? Harusnya ya?

Kalau Pastor tetap nolak?
Ya jangan melawan tapi juga jangan menyerah. Pastor kan nggak cuma satu. Gagal deketin yang satu deketin yang lainnya lagi. Atau kenapa nggak ambil inisiatif untuk bikin lagu Bapa Kami versimu sendiri yang disukai pastor? Kan asik juga memperkaya khazanah musik Gereja?

Kok rekamannya jelek gitu, suara gitar dan suaramu agak-agak fales?
Ember! Makanya bikinin yang lebih bagus dan seru dong!

Minta notasinya please!
Nah itu dia! Aku ini buta not, nggak bisa baca dan nggak bisa nulis juga. Aku sedang minta tolong ke kawan-kawan untuk membuatkan notasi lagu ini secara lengkap. Tapi untuk sementara sambil menunggu mungkin bisa ambil chord gitarnya dulu ya seperti tampak di bawah.

Update: 28 Oktober 2017

Atas bantuan seorang kawan,??Agus Sandjaja, seorang putera Magelang yang tinggal di Sydney dan berprofesi sebagai guru piano, aku akhirnya mendapatkan? notasi lagu ‘Bapa Kami Ceria’ seperti tampak di bawah ini.

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.