Prepared for anything! Siapkah kita?

19 Des 2018 | Kabar Baik

Ketika menanti hujan reda sore tadi, di depanku terparkir kendaraan ?Fire and Rescue? milik dinas pemadam kebakaran-nya negara bagian New South Wales, Australia.

Ada hal yang menarik dari mobil itu. Selain warnanya yang ngejreng, aku terpikat pada tulisan di lambung mobil dekat pintu penumpang seperti tampak di bawah ini:

PREPARED FOR ANYTHING

Tau dong artinya? ?Bersiaplah untuk apapun (yang terjadi)? dan dalam konteks ?Fire and Rescue? hal ini bisa kita baca sebagai ajakan untuk bersiap menghadapi apapun termasuk kalau terjadi kebakaran. Maklum, di Australia dimana tingkat kekeringan? bisa amat tinggi, kebakaran adalah bencana yang kadang tak bisa dihindari!

Dan bukankah demikian pula hidup kita ini adanya? Bukan soal bencana saja tapi kita harus bersiap atas apapun yang terjadi semata karena kita adalah manusia lemah yang tak bisa mengerti apa maksud dan kehendakNya dibalik semua yang boleh terjadi.

Seperti halnya Maria, Ibu Yesus yang tak pernah menyangka didatangi Gabriel dan diberitahu bahwa ia akan mengandung Yesus, anak dari Roh Kudus!

Dan seperti halnya Maria, ada juga Zakharia, sepupu iparnya, yang hari ini dalam Kabar Baik yang dilukis Lukas 1:5-25 didatangi Gabriel dan diberitahu kalau istrinya, Elizabeth akan mengandung anak yang kemudian jadi Yohanes Pembaptis.

Keduanya, Maria dan Zakharia kaget dan barangkali awalnya tak siap untuk menerima kehendakNya. Maria kaget karena ia toh baru bertunangan dan belum menikah, mana bisa punya anak? Zakharia lebih kaget lagi hingga tak percaya dan untuk itu harus dibisukan sementara waktu oleh Gabriel!

Tapi belajar dari keduanya, kaget-tak-kaget, percaya-tak-percaya, mereka menjalaninya dengan pasrah dan syukur!

Maka demikianlah kita seharusnya.

Ketika mendadak menerima berkat melimpah, siapkah kita? Ketika mendadak orang tua kita divonis sakit berat atau bahkan dipanggil Tuhan, siapkah kita? 

Siap-gak-siap yang namanya hidup haruslah kita jalani sebaik-baiknya dalam tuntunan iman kepadaNya, kan? Jadi, bersiaplah!

Eh, Don! Tapi kamu tau darimana bahwa uang yang diterima mendadak dalam jumlah banyak itu adalah berkat dan kehendakNya? Bagaimana kalau uang yang diterima itu adalah uang suap yang kita terima? Juga tentang penyakit? Tau darimana bahwa hal itu datang daripadaNya??

Duh, iya juga juga ya! Susah bener sih pertanyaannya? Ada yang bisa bantu saya menjawab pertanyaan-pertanyaan itu?

Sydney, 19 Desember 2018

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.