iPod U2-ku Rusak!

1 Sep 2008 | Aku, Tunggonono

iPod U2
Untuk ketiga kalinya aku membuktikan bahwa Apple Inc dari sisi layanan aftersale-nya boleh jadi adalah perusahaan terbaik yang tidak pernah
main-main dengan kepuasan konsumen. Dulu, dua tahun yang lalu, ketika isu baterai laptop yang bisa meledak karena overheated,
aku mendapatkan replacement baterai iBook G4 lawasku secara cuma-cuma. Lalu nyaris bersamaan dengan itu, ketika isu earphone iPod bisa menyebabkan tuli pemakainya menyeruak,
aku kembali mendapatkan replacement earphone baru, kembali secara cuma-cuma.

Lalu yang ketiga, kualami tadi siang.
Awal ceritanya adalah semalam. Sekitar pukul 01.00 WIB menjelang tidur, aku ingat bahwa besok aku berencana pergi ke gym.
Sudah menjadi kebiasaan bagiku untuk berolahraga sembari mendengarkan alunan musik dari pemutar musik digital yang kupunya.
Maka kukeluarkan iPod U2 Special Edition-ku dari tas olahraga lalu
kuhubungkan ke iMac Desktop untuk keperluan recharge baterai.
Tapi tak seperti biasanya, tanda-tanda bahwa iPod telah terkoneksi dan tersinkronisasi belum muncul juga meski setelah sekian lama kabel USB telah tertancap.

Duh, aku jadi panik bukan kepalang.
Permasalahannya bukan soal isi iPod maupun merk iPodnya, tapi… ini soal U2-nya!
Kalian tahu betapa aku tergila-gila pada grup musik asal Irlandia yang digawangi Bono,
The Edge
, Adam Clayton dan Larry Mullen Jr ini.
Bahkan sekian persen dari waktuku pada akhir pekan kudedikasikan untuk menuliskan artikel tentang lagu dan album mereka satu demi satu di blog ini.
Lebih dari itu, aku tahu betul bahwa iPod seri U2 ini dari awal mulanya sudah dibandrol “Special Edition”.
Jadi, Oh My God, bagaimana kalau benar-benar rusak dan tak dapat diapa-apakan lagi ?
Dimana aku harus mencari yang baru lagi ?
Harganya berapa ?
Terjangkaukah ?

iPod U2
Aku tak tinggal diam.
Tak sampai seberapa lama kemudian, informasi pun kudapatkan mengenai apa yang dialami iPodku dari internet.
Setelah membaca beberapa artikel, akhirnya kutahu bahwa ada yang salah dengan hardware-ku, hardware issue istilahnya.
Aku pun langsung mengikuti solusi yang ditawarkan pada situs web itu, namun hingga beberapa kali kuulang, semuanya gagal.
“Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan apabila cara di atas tidak berhasil adalah pergi ke Apple Service Provider!” demikian ungkap situs web yang saya baca.

“Mampus!” pikirku.
Aku semula berpikir bahwa ini berarti aku harus kembali ke Sydney Australia karena iPod-ku ini dibeli di sana.
Padahal ketika melakukan checking pada akhir masa garansi-nya, jatuh temponya adalah 1 November 2008!
Pada tanggal itu aku baru akan turun tangga dari pesawat yang membawaku dari Denpasar ke Sydney bersama istri!
Sementara aku harus ngelayap ke Chatswood atau ke city dengan tenaga yang sudah pasti terkuras karena kurang tidur malam sebelumnya di pesawat?
Dan lagipula, ketika mengintip kalendar, oh God! Itu adalah hari minggu, sangat kecil kemungkinan EStore buka di sana pada hari minggu!

Aku mulai putus asa… lalu kuputuskan untuk tidur.
Kadang ketika aku menemui masalah yang cul-de-sac seperti itu aku memilih untuk tidur karena biasanya setelah bangun dengan otak yang lebih segar aku menemukan solusi baru.

Kurang lebih pukul 10.00 WIB keesokan harinya aku terbangun.
Ketika mata terbuka, hal yang pertama langsung kupikirkan jelas nasib iPod U2-ku.
Aku pun segera bergegas menuju ke kantor dan mencoba mengulangi beberapa trik dan tips yang ditawarkan internet semalam. Beberapa kali mencoba dengan cara yang berbeda dan gagal
hingga akhirnya aku menyadari sepertinya memang sudah bukan kapasitasku lagi untuk mereparasinya.

Ketika harapan sudah semakin mengecil, tiba-tiba ilham datang.
Kali ini bukan dari Tunggonono, si preman ndeso itu tapi dari Yono, sahabatku yang juga Mac zealot sejati :)

“Bawa aja ke EStore Sagan, Don nanti kamu dapat replace di sana…” ujarnya lewat jendela YM.

“Lho, tapi ini kan barang Australia, Yon. Lagipula apa EStore itu Apple Registered Dealer?”

“Hehehe, nggak ngaruh mau barang dari manapun kan sama-sama Applenya. Iya, EStore itu ASP kok, Apple Service Provider.”

PRAISE TO THE LORD, Sodara-sodara!
Tak tunggu waktu lama, aku langsung bergegas ngeblas ke EStore dengan menggenggam jasad iPodku.
Dan benar saja, sesampainya di sana, tak butuh waktu dan omong-omong lama, mbak-mbak dan mas-mas pegawai EStore dengan ramahnya sudah mengatur dan menjelaskan proses replacement iPodku.
Akupun dibuatkan tanda terima bukti penyerahan jasad iPod untuk direplace kan dengan iPod yang baru.

iPod U2
“Pak Donny, sekitar 1 – 2 minggu iPod baru Bapak akan sampai di Jogja,” tukas mbak pegawai di sana menjelaskan dengan ramah.

“Oh, baik Mbak, saya berterimakasih sekali…”

“Sama-sama Pak Donny..” Akupun bergegas melangkah keluar dari toko.
Tapi tak sampai lima langkah, kuurungkan niatku untuk pergi dan berputar arah kembali ke meja kasir.

“Eh, tapi Mbak.. hmmm seandainya iPod dengan tipe yang sama dengan yang saya punya itu nggak ada stock di Jakarta, bagaimana?”

“Oh, kami belum pernah menemukan kasus seperti itu, Pak. Bahkan untuk iPod Classic yang model paling lama pun, mereka tetap ada stock.” Senyum simpul kembali menghias bibir mbak-nya.

“Hmm, tapi iPod saya itu kan special edition yang takutnya sangat limited, Mbak, Nanti kalau barangnya benar-benar sudah out of stock, piye?”

“Ya mungkin saja nanti Pak Donny akan dapat iPod seri lainnya. Tapi tak tahu juga, nanti saya kabari saja Pak begitu kami mendapatkan kabar dari Jakarta.” jawabnya sambil tetap tersenyum.

Ya sudah, aku yang sudah sedemikian terforsirnya pikiran memikirkan iPodku sejak semalam, hanya bisa menyerah pasrah.
Pasrah andai saja aku harus mendapatkan iPod yang bukan seri U2, aku akan tetap menerimanya sebagai satu kebaikan yang luar biasa dari Apple Inc.
Itung-itung jadi pemompa semangatku untuk sesegera mungkin menjemput konser U2 di Sydney nanti karena siapa tahu malah nantinya pada saat yang bersejarah itu aku
mendapatkan tanda tangan Bono dan ketiga kawannya di iPodku yang baru itu nanti?
Meski khayalan akan tetapi kalau itu benar-benar terjadi tampaknya iPodku bakalan jadi iPod yang benar-benar limited edition.

Ya, nothing impossible, kan ?

Sebarluaskan!

43 Komentar

  1. Betul-betul pencinta Apple Mas Donny ya? Semoga cepat ber-Ipod ria kembali. Dan mudah-mudahan penggantinya betul-betul limited edition seperti yang diharapkan.

    Balas
    • Ya, makasih Pak..
      Saya memang pecinta Apple hehehe…
      Tepatnya pecinta Apple dan U2 :)

      Balas
  2. walah,,
    nyang penting mingsih diganti baru mas..
    :)
    lam knal..
    :)

    Balas
    • Iya sih hihihi tapi pake deg-degan jhe..;)
      Salam kenal juga, Mas Wil

      Balas
  3. haha *asli ngakak* karena aku baru mau ngebanting ipod nih, setelah dicaz dan tandanya penuh, tapi pas dipake kok mati dengan tanda low bat :( memang penyakitnya ipod kali ye?

    Balas
    • Tergantung, Jul!
      Kalau kamu charge dengan AC Power yang nggak properly finished biasanya gitu, tapi kalau kamu pake USB dari komputer biasanya OK.
      Kalau memang masih low bat juga, just make sure kalau iPodmu masi under guarantee so cepat-cepat pergi ke Apple Service Provider as i did :)

      Balas
  4. waaah…sayang banget. klo beli baru yang lama bisa dikirim ke tempatku lho oom :D

    Balas
    • Hehehe, maunya …:)

      Balas
  5. ya ampyuun…
    segitunya cinta U2 si DV, euy.
    mudah-mudahan ipod-nya bisa okeh, dan mudah-mudahan bisa dapet tanda tangan bono deh.
    kalau mau tanda tanganku juga boleh.
    (gak penting banget yak?)

    Balas
    • Hahaha, U2 memang layak dicinta :)

      Balas
  6. Aku mungkin yo ndeso .. zealot kie artine opo to ??
    Aku ngertine kalo Zealot tuh salah satu character di game StarCraft dari bangsa Protos.

    Balas
    • Eddy, terimakasih atas kejujuranmu. Aku seneng banget karo wong sing jujur ketimbang orang-orang yang manggut-manggut padahal KOSONG!
      Zealot adalah orang yang antusias terhadap sesuatu (maniak). Dalam OXFORD Learners Pocket Dictionary halaman 504, zealot diartikan sebagai person who is very enthusiastic about something, esp religion or politic.
      So, dalam contoh kasus, teman saya seorang Mac Zealot itu seorang yang sangat antusias pada produk-produk Mac.
      Begindang!

      Balas
  7. hihihi… apik lah…
    bener jarene mas wilz
    sing penting diganti don…
    ps: yono memberikan input yang bagus jg 2 thumbs up 4 teh zealot…XD

    Balas
    • Itulah untungnya punya temen sorang zealot hahaha!
      Kalau kamu zealot apa, Mon? Zealot cinta ya..? =))

      Balas
  8. untungnya gw bukan pencinta apple dan U2 don… tp pencinta lelaki….
    jadi klo yg satu pergi gampang cari gantinya kan….. huahuhuhuhuuuu….

    Balas
    • Cari ganti?
      Ah, lelaki emang bisa diganti-ganti tapi cinta tak bisa, Ndi. Dan kamu stuck ke seorang aja Ndi ahahaha

      Balas
  9. yup..!! i love u don… and of course i love “him”…uhuuyy….

    Balas
    • Wekss.. ngakuin HIM yah.. ok deh gw coba telp dia suruh ikut komen disini. Ahuhuhuhu…

      Balas
  10. yee…. dr dulu juga gw ngaku… si “him” nya ajah yg jaim…. payah !!

    Balas
    • Ya itu loe-nya yang begoooo…
      Jadi cewek mah kudu sensitip.. kalo him nya udah nggak cinta ya udah nggak maksa…
      Loe lagi pake maksa-maksa.. ahuahuahua
      (gw merdeka buat komen di sini karena ini blog gw dan bukan blog-nya HIM huahuahuahua)
      *Hallo… haloo Dan, lagi apa? Ada komen-komen bagus dari si Kendi nih*

      Balas
  11. Don Chatswood ki dudu Sydney. Podo wae ngakune Solo jebule Karanganyar. Nek Sydney ki ya Broadway, Glebe, Ashfield, Annandale, dll.

    Balas
    • Yup, i know..
      kayak CastleHill juga bukan Sydney.. Paramatta juga, Liverpool juga… tapi anggaplah Sydney :)

      Balas
  12. turut ber-bela-sungkawa,, moga dapat rzki lagi,, :D

    Balas
  13. berdoa aja bos untuk IPOD nya semoga segala ibadahnya diterima di sisi-Nya halah…

    Balas
    • Hehehe, kan dapet ganti, Mas dari ASP…

      Balas
  14. Ya, terkadang kita begitu sayang pada barang yang kita cintai. Apalagi jika memiliki nilai sejarah. Tentu sedih banget kalau rusak.
    Tapi kan hanya barang, Don… Hidup kita tidak lantas berakhir di sana toh? :)
    Pernahkah membayangkan jika perpustakaan kita yang berisi 5000 koleksi buku dan manuskrip-manuskrip penting dibakar habis oleh orang? Itulah yang terjadi pada Pram pada Oktober 1965.
    Jangan sedih. Terkadang aku kerap dapat pelajaran: kalau kita kehilangan sesuatu, pasti suatu saat kita akan mendapatkan gantinya yang lebih baik lagi. Percaya deh.
    Semoga mendapatkan iPod yang lebih baik, Kawan. Biar nanti kutanda tangani saja iPodmu. Hihihi!

    Balas
    • Kalau yang ilang adalah wanita yang dulu pernah kau cintai piye, Dan?
      Ahuhuhuhu! Ahihihihi!

      Balas
  15. Everything is posible hehehe :D

    Balas
    • Posible atau possible, hayo? hehehehe :)

      Balas
  16. MWAHAHAHHAHAHAHAHAHHAHAHAHAH
    zealot cinta? hahahhahahahahhaa
    kekkekekeke
    mungkin ya… bentar lagi ditahbiskan martir don… tunggu tanggal mainnya ketika aku di dump for good XD
    wakakakakkaka

    Balas
    • Huahuahuahua, no comment wae nek sing iki aku huahuahua

      Balas
  17. Nothing possible apalagi buat Apple and U2 freak! :D
    Moga-moga Mas DV dapet gantinya yang jauh lebih bagus + original signature-nya Bono!

    Balas
    • Nothing imposibble kali :)
      Thanks doanya, apalagi signature-nya Bono, wow mau banget!

      Balas
  18. hmm..
    kira2 klw macbook jaman jebot ngadat bs minta dituker ma macAir ga ya?
    garuk2 :)
    oiya, salam kenal yak..
    btw, gmana kbr jogja?bntar lagi pulang kampung ke jogja euy :)

    Balas
    • As long as masih garansi atau Anda beli Apple Protection Plan (APP) ya tetap diganti kalau rusak..:)
      Tuker macbook jadi Macbook Air bisa asal tambah duit :)
      Btw, macbook kok jaman jebot? Aku aja pake Powerbook yang lebih jebot lagi masih nggak jebot-jebot tuh hehehe.

      Balas
  19. mana yang lebih cinta? Apple atau U2? ;)

    Balas
    • Cinta U2!
      Tapi karena U2 kerjasama dengan Apple maka cinta Apple juga!
      Tapi lebih cinta lagi adalah istriku :)

      Balas
  20. wah, semoga mas donny mendapat pengganti yang lebig bagus. u2 mau manggung di sydney? kayaknya itu sebuah kesempatan buat mas donny utk makin mengakrabi lirik2 u2.

    Balas
  21. masih mending, iPod shuffle gratisan saya hilang entah kemana, padahal belum sebulan, gara-gara bentuknya yang kecil itu, huhuhuh

    Balas
    • Wah Mas suffle emang terlampau kecil dan terlampau mudah untuk hilang.
      Ya wes, beli lagi gih hehehe…

      Balas
  22. hoho sma ipod shuffle gw jga rusak, ko kedip hijau oren oren ya..
    apa msh bsa di benerin?
    tolooonggg
    klo tau infonya bls yakkhhh…
    thx b4

    Balas
    • Datang aja ke Apple Center…

      Balas
  23. klo mau iPod U2 Video saya mo d jual.30G.mulus bgt.lengkap.minus earphone ny kdang mati sbelah.hhe… g tau tiba tiba ska gtuh.coz,pas d bwa k e-Store “g ada yg rusak bos!” gtuh ktanyah…
    bingung … mau mnta ganti cmn ntar ganti nya ama iPod yg bkn U2 edition.
    kata saya males ah… limited nya ituloh… hhe… g kan dapet lg :D

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.