Pernahkah kamu jemu untuk berdoa secara tak jemu-jemu?

18 Nov 2017 | Kabar Baik

Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?
(Lukas 18:7)

Hari ini, dalam Kabar Baik yang ditulis Lukas, Yesus mengajarkan kita untuk berdoa dengan tak jemu-jemu. Ia memberi perumpamaan tentang bagaimana Tuhan mengabulkan permohonan doa kita dengan contoh keseharian, seorang janda yang memohon seorang hakim tanpa henti untuk membela hak-hak si janda terhadap lawan-lawannya.

Akhirnya hakim itupun membenarkannya dengan alasan ??supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku.? (bdk Lukas 18:5)

Kita diminta untuk berdoa tak jemu-jemu tapi sekaligus diajak berkaca, adakah kita ini adalah benar-benar orang-orang pilihanNya sehingga layak untuk dibenarkan seperti yang kukutip di bagian paling atas tulisan ini?

Prasyarat ?orang-orang pilihanNya? ini menjadi amat penting karena cara kita berdoa dan ujub yang didoakan pun akan berbeda dengan orang-orang yang bukan pilihanNya.

Orang-orang pilihanNya tak akan berdoa untuk menyerang lawannya karena Yesus mengajarkan kita untuk mengasihi dan bahkan mendoakan kebaikan musuh-musuh kita, bukan? Beranikah kita berdoa, secara tak jemu-jemu, supaya Tuhan memaafkan orang yang menggosipkan kita?

Orang-orang pilihanNya tak akan juga berdoa untuk keinginan-keinginan duniawi karena bukan keinginan kita yang penting melainkan kehendakNya lah yang harus terjadi. Pernahkah kita bersikap pasrah ketika berdoa untuk kesembuhan kerabat yang sakit atau sebaliknya, kita ngotot pokoknya si kerabat harus sembuh? buh? buh kalau enggak kita ngambek?

Jadi, mari kita lanjutkan berdoa secara tak jemu-jemu karena kita adalah orang-orang pilihanNya yang juga tak jemu-jemu untuk berada di jalurNya.
Siap?

Sydney, 18 November 2017

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.