Perlengkapan Musim Panas

16 Des 2009 | Cetusan

Tak terasa akhir tahun 2009 tiba dan inilah musim panas kedua yang kurasakan di Australia.
Berbeda dengan teman-teman yang tinggal di belahan bumi utara seperti Eropa dan Amerika Utara yang merasakan akhir tahun dalam selimut salju dan suhu yang menggigil, Australia dengan garang menyajikan liburan akhir tahun hingga dua-tiga bulan pertama di awal tahun depan dalam kemasan musim panas.
Musim panas di Australia menurutku jauh lebih parah dan menyiksa ketimbang yang kita rasakan pada setiap musim kemarau di Indonesia.?Di sini rata-rata suhu ketika siang hari berkisar di atas 40 derajat celcius dengan tingkat kelembaban yang sangat rendah. Akibatnya, sumber air pun banyak yang mengering, kulit pepohonan mengering siap menerima bara api; dan sekalinya tersulut api maka bush fire (kebakaran hutan) adalah ancaman yang paling menakutkan!?Jadi, jangan pikir luar negeri itu identik dengan salju, musim dingin dan tak pernah bisa panas… itu semua salah besar :)
Lalu apa yang perlu disiapkan untuk menghadapi musim panas yang ganas ini?
Berikut ini adalah diantaranya.
Kaos oblong

kaos oblong

kaos oblong


Sepertinya, hal yang paling diperlukan selama musim panas adalah kaos oblong karena mengenakan pakaian selain jenis ini sepertinya akan menjadi penyebab tak nyaman karena cuaca yang memanas. Tingkat kelembaban rendah yang menyebabkan kita susah berkeringat secara tak langsung membuat panas seperti tak bisa ‘keluar’ dari tubuh, oleh karenanya kaos oblong adalah jawaban untuk sebaik mungkin mentransfer panas tubuh keluar karena tipis dan ademnya bahan pembuatnya.
Beberapa kantor pada musim panas mempersilakan pekerja selain front officer untuk mengenakan kaos oblong serta jeans dan termasuk salah satunya adalah kantorku.
Celana pendek
celana pendek

celana pendek


Weekend dan pulang kerja adalah saatnya bercelana pendek.
Jangan takut kaki akan menghitam terpanggang karena tak kan ada seorang pun di sini yang peduli akan apa warna kakimu. Mereka lebih peduli kalau kita mempedulikan kesehatan dan kenyamanan kita masing-masing.
Bagiku, celana pendek adalah trademark para Aussie (sebutan untuk penduduk Australia) dalam menyambut musim panas.
Sneakers dan Big Boss
Masukkan sepatu boot kulitmu ke dalam kardus hingga pertengahan tahun depan ketika musim dingin tiba.
Ini summer, saatnya bagi sneakers dan big boss unjuk gigi!
sneakers

sneakers


Ada yang belum tahu sneakers?
Sneakers itu sepatu kets casual yang tak berleher dan bukan sepatu yang diperuntukkan khusus untuk keperluan olahraga.
Sneakers sangat cocok untuk summer terutama ketika menghadiri acara-acara formal-casual karena bahannya yang kebanyakan dari kain kanvas ataupun kulit berpori cukup adem untuk dikenakan.
bigboss

bigboss


Bigboss itu sepatu yang dulu sering dipake Bruce Lee dan beberapa tokoh di film China lama ber-genre kungfu.
Bahannya pembuatnya rata-rata kain kanvas dengan pori yang besar serta sol yang tak terlalu tebal. Sepatu jenis ini banyak dipakai oleh para Aussie muda mulai dari ABG sampai akhir 30-an.
Menurutku, big boss adalah pilihan terbaik jika akan kita gunakan sekadar jalan-jalan atau berkunjung ke rumah teman. Selain nyaman dipakai dan nyaman dipandang, bigboss juga memiliki harga yang sangat terjangkau untuk ukuran Australia. Rata-rata sepasang bigboss dijual mulai dari 19 dollar (aku beli ini beberapa waktu silam). Bandingkan dengan jenis boot non-kulit ( 100 – 500 dollar), boot kulit (minimal 250 dollar), sepatu olahraga yang terkemuka adalah 200 dollaran dan sneakers antara 90 – 300 dollar!
Sendal
sendal

sendal


Ketika tak harus bersepatu, sendal adalah pilihan terbaik untuk summer.
Ke mall, ke pantai, ke grocery atau nonton? Pakailah sendal ketimbang sepatu!
Bahkan kalau kalian mau tahu, tak jarang Aussie di sini yang melenggang kangkung ke mall tanpa alas kaki selama summer.
Tak takut kena pecahan kaca? Tentu tidak karena pementasan kuda lumping makan beling tak diperkenankan di sini :)
Sun block
sunblock

sunblock


Summer? Awas ultraviolet!
Serius! Informasi menyebutkan bahwa sinar matahari di Australia cukup ‘ganas’ dan rawan akan bahaya sinar Ultraviolet. Ini disebabkan adanya kebocoran di lapisan ozon tepat di atas benua Australia sehingga resiko terkena kanker kulit melalui sinar matahari utamanya di musim panas cukup tinggi. Oleskan/semprotkan sunblock ke sekujur badan yang terbuka sebelum pergi ke pantai atau memenuhi undangan christmas lunch di lapangan terbuka atau kemanapun yang memungkinkan kita banyak berada di bawah matahari…
Sun glass
sunglass

sunglass


Kacamata hitam yang tak selalu hitam di sini bukanlah dianggap sebagai perhiasan.
Sunglass lebih ditempatkan sebagai kebutuhan untuk meredam terik matahari utamanya di musim panas sekarang ini.
Kondisi saat summer, langit jarang berawan sementara sinar matahari terang benderang. Perpaduan antara warna biru langit dan putih perak tentu akan sangat menyiksa mata terutama pada jam-jam siang.
Lupakan merk-merk ternama! Kalau di Indonesia ada sunglass cengdem (ngac.. eh maksudku seceng (seribu)adem) di sini banyak dijual kacamata mur-mer mulai dari 9 dollar hingga … ya ratusan dollar.
Ngemeng-ngemeng, orang seperti Ian Kasela nya Radja barangkali akan jadi orang yang sangat cocok tinggal di Australia karena ia selalu setia dengan kacamata hitamnya…. dadadam dadadam… dadadam dadadam :))
Lotion anti serangga
spyder

sydney funnel web spider, digigit lima belas menit langsung lewat :))


Tak hanya manusia yang kegerahan, bahkan binatang melata alias serangga yang biasanya nyaman tinggal di belukar pun memilih unjuk diri untuk meredam panas.
Jadi jangan heran kalau pas kita sedang pergi ke daerah yang rimbun tiba-tiba muncul seekor ular yang ngider dengan santainya. Belum lagi lalat, bobtail (sejenis lizard besar) dan serangga lainnya baik yang hanya bisa merayap ataupun yang bisa pula terbang… mereka tahu betul bagaimana cara menikmati liburan musim panas bersama dengan manusia.
Parahnya lagi, ada beberapa jenis serangga yang memiliki bisa sangat mematikan ketika menggigit.
Jadi, daripada ambil resiko, oleskan lotion anti serangga untuk mencegahnya.
Eh Don, tapi bagaimana, kan sudah pake sun block, masa harus tetap pakai lotion anti serangga? Oh iya ya! Aku tak tahu jawabnya selain “Disesuaikan kebutuhan saja… either kamu akan mati karena kegigit serangga atau kena kanker kulit?” Kamu mau yang mana? :)
ref: info tentang serangga yang berbahaya di Australia, klik di sini

Jaket wind breaker
windbreaker

windbreaker


Summer adalah musim panas tapi bukan berarti tanpa hawa dingin.
Utamanya di akhir-akhir bulan Desember ketika suhu memuncak hingga terkadang mendekati 45 derajat celcius (di Australia Selatan tahun kemarin malah sampai 55 derajat celcius) secara mendadak angin dari kutub selatan bisa datang dan memberikan efek dingin yang sangat tidak mengenakkan.
Jadi, be prepared!
Siapkan selalu jaket jenis wind breaker di dalam tas atau bagasi mobil. Jaket jenis wind breaker adalah pilihan yang baik karena selain bahannya ringan (sejenis parasut) biasanya ia juga mudah serta ringkas untuk disimpan kembali. Jadi ketika angin sudah berlalu dan suhu kembali menghangat, cepat-cepat buka lalu simpan lagi.
Coca cola
Yang terutama, selama musim panas sediakanlah selalu air putih dan hindari alkohol. Tapi sebagai variasi, bolehlah kita sediakan Coca Cola dingin. Meski cairan tubuh tak banyak menghilang karena tak lembab, tapi tenggorokan yang kering dan panas yang menyeringai bisa kita taklukkan dengan meneguk minuman itu tadi. Ini bukan iklan tapi sepertinya memang kita harus mengakui bahwa ketergantungan terhadap minuman bersoda yang diracik sejak 1886 ini adalah satu kenyataan yang tak bisa dihindari.
AC dan kipas angin
fan

fan


Tak berniat ke pantai atau ke taman menghadiri undangan santap siang teman dan saudara?
Memilih membaca buku di rumah saja?
Hati-hati bahaya panas justru lebih terasa jika kita hanya mengungkung diri di dalam rumah karena panas yang masuk ke dalam rumah terbukti lebih susah terlepas.
Solusi terbaik, pencet tombol AC dan ngademlah di depannya sambil menikmati suasana nyaman rumah. Tak punya AC atau takut tagihan listrik melonjak?
Beli kipas angin!
Jangan salah, bahkan bule-bule di sini umumnya lebih memilih membeli kipas angin ketimbang AC. Bagi mereka, AC membuat kulit kering sedangkan kipas angin sangatlah natural mengalirkan udara.
Iman
And.. last but not the least!
Selama musim panas, akan ada begitu banyak pria dan wanita yang memilih berpakain minim, bahkan sangat minim.
Jangan heran tiba-tiba kamu temui sosok wanita muda berpakain bra potongan bikini dan celana super pendek di jalan-jalan kota.
Atau, ada juga pria-pria macho ber six pack yang membiarkan keringatnya keluar dengan berlari-lari di selasar trotoar dan kamu…. kamu akan melongo dibuatnya.
Oleh karena itu, iman adalah sesuatu yang lebih penting.
Imani dalam hati bahwa mereka memang indah, tapi bukan hak untuk mengingini sekalipun.
Ingat anak, istri serta suami di rumah! :))
Baca juga: Perlengkapan Musim Dingin

Sebarluaskan!

36 Komentar

  1. Memang cuaca ga bisa ditebak, siang panas, malam duingin. Untung disini nyamuk dan serangga nyaris gak pernah keliatan walau disummer sekalipun, kecuali kalo masuk ke pohon2 di kali kali.
    Yang menyita perhatianku itu soale disini gak ada selokan / got. Walau ada pun, gak keliatan dari permukaan tanah, ya mungkin karena itu ga ada nyamuk.
    Masuk angin… 3 minggu lalu aku masuk angin, untung minyak kayu putih masih ada sebotol penuh. Kalau gak ada bisa blokek’an aku. Ramuan indo memang paling tok cer.
    Buat summer yang paling penting itu minum air putih jelas, gak usah soda soda an.
    Iman? HIDUP BUJANG!!! Liat cewe + bra? SIKATTT

    Balas
    • Masuk angin? wah di sini Tolak Angin mudah didapet.. makanya pindah kemari saja :)
      Summer tanpa soda itu seperti sayur tanpa garam :)
      Sikat? Yakin mereka mau ama loe? HJahahahhaa….. (atau maksudmu, Sikat lalu bawa dalam khayalan tingkat tinggi dan selesaikan di kamar mandi??? huahuahuahu) *no offense *

      Balas
      • Lho namanya “Sikat” itu ndak perlu peduli mereka mau ato ndak Don, wakakaka.
        Tapi itu paragraph terakhir sepertinya dari pengalaman dan hobi pribadimu deh. Aku gak se garang itu wwkkwkw. Ah wis, dasar mesum kowe hoehoheo.,

        Balas
  2. Ini di semua bagian aussie lagi panas? atau gimana?

    Balas
  3. Informasi yang sangat bermanfaat. (sambil berdoa, suatu saat aku bisa pesiar ke Australia. Amin). Sekalipun Jakarta mungkin gak segarang musim panas Australia, rasanya akan sangat menyenangkan ya jika semua orang lebih mementingkan kesehatan dan kenyamanan masing-masing? Soal sepatu..aku jg menyukai bigboss dan sneaker untuk mlaku-mlaku..enteng..dan tidak memaksa otot-otot betis bekerja lebih keras.
    Waduh, Ular bisa dengan santai ikut menikmati liburan musim panas? Hiiiyy… padahal aku tak suka sekali dengan hewan yang satu ini. Apakah di Australia banyak kasus orang digigit ular pada musim panas, Don?

    Balas
    • Kasus digigit ular slama summer dikit tapi mereka yang meninggal kegigit spyder buanyak :)

      Balas
      • Kasus gigitan ular justru tinggi pas musim panas don, kalo winter mereka hibernasi. Pokoknya masuk spring sama summer kudu hati-hati ma ular and laba-laba.

        Balas
        • Lha iya tapi kan lebih tinggi digigit spider kayaknya, Chan….
          Kan emang kutulis kalo smua reptil pada keluar :)
          Gw kalo winter nggak hibernasi tapi masuk angin hahaha

          Balas
          • ooooooooooooo …… :p

            Balas
  4. Gue kalo gi summer kadang lebih milih pake baju tangan panjang tipis n celana panjang walaupun udah pake sunblock, terutama kalo gue kudu keluar rumah siang-siang n pake public transport. Bukan takut item, tapi panasnya itu bo, nyengat banget, bikin perih kulit…gila dah emang cuaca panas di sini, udah mah nyengat, anginnya juga panas! Biasanya pipi gue langsung merah kaya udang rebus, padahal kulitnya sawo mateng hahaha…ga sinkron banget… :p

    Balas
    • Hahahahaha.. bener! Gw kalo summer bisa jadi salting dan saltum dan salty (maksudku kulitku jadi asin kalo dijilat rasanya hahaha)…..
      Gw kalo summer milih ngga pergi kmana-mana atau ke mall! :)) AC, AC dan AC!!!

      Balas
      • hahaha jijay lu don salty!

        Balas
  5. Walahh..persiapanmu lengkap banget…
    Tak terbayang panas 40 derajat, lha panas 33 derejat aja kepala langsung nyut-nyut an…apalagi jika biasa hidup di daerah dingin seperti Bandung….

    Balas
    • Hehehe masalahnya, Bu.. Summer di sini lebih panas dari Indonesia dan winter di sini jauh lebih dingin ketimbang Bandung.. dan semua terjadi si satu tempat :((

      Balas
  6. di Indonesia musimnya udah mulai tidak menentu nih, susah ditebak..

    Balas
  7. wah, aku gak biasa pakek celana pendek, walaupun panasnya gimanapun, aku tetep bercelana panjang, risih kalau pakek celana pendek

    Balas
  8. hehehehe…yang terakhir itu mas!!! :D
    jadi teringat postingan mas ario tentang musim panas di jerman…ya mirip2 deh dengan yg paling terakhir…hehehehe…
    so…sudah siap yg nomer terakhir blom?

    Balas
  9. Wah, edan juga kalau sampai lebih dari 40 derajat gitu.
    Pansanya kaya apa tuh? Orang di Jogja yang ‘cuma’ 30-an saja sudah sepanas ini.

    Balas
  10. wah…persiapanmu lengkap tenan….
    kalau aku liburan musism panas di Aussie malah jadi tontonan kali yak?
    kalau panas menyengat aku justru pakai kaos lengan panjang…aku nggak tahan panas matahari yang cemlorot begitu, pasti kulitku jadi perih bgt…
    yang jelas aku kudu sangu air putih banyak2….aku gampang dehidrasi je…payah kl udah mulai pusing2 dan gemetaran…huh..koyo simbah-simbah deh!

    Balas
  11. aku mau kipasnya aja kak..
    hehehehe

    Balas
  12. yang terakhir = yang paling penting

    Balas
  13. tips yang menarik, mas don. utk kendal, khususnya, musim kemarau atau penghujan ndak ada bedanya, mas, hehe …

    Balas
    • Iya Pak Sawali… Ini juga saya masi tergopoh-gopoh untuk menyambut perubahan demi perubahan di sini :)

      Balas
  14. Hmm…40 derjat celcius…ckckckc….
    Jadi kebayang para petenis yang ikut Australia Open saban Januari (masih summer kan, Bro?). Main tenis di cuaca panas menggila gituh…
    Btw, tips-mu menarik… tepat guna dan (sedikit) nakal di poin terakhir… hehehe

    Balas
  15. Sepatu ‘bigboss’ itu mulai populer waktu aku SD dulu (kamu pasti belum lahir, Don … :D ). Tapi dulu kami menyebutnya ‘bibos’ saja. Kalau sudah pakek sepatu itu ke sekolah, wooh … manteb bangets!
    Seorang temanku penelitian 3 bulan ke Ostrali, datang bulan Desember pas musim kayak gini. Waduh, njempling-njempling dia … nggak bisa beradaptasi. Siang kepanasan, malam kedinginan … :(

    Balas
  16. kalok mau nyarik ato beli sepatu bigboss dimana ya?
    ato ada nomer yang bisa di hub?

    Balas
  17. Aspek pendidikan adalah aspek terpenting dalam membentuk budaya dan karakter bangsa. Dengan mengukur kualitas pendidikan, maka kita dapat melihat potret bangsa yang sebenarnya, karena aspek pendidikanlah yang menentukan masa depan seseorang

    Balas
  18. baru nyadar kalau di indonesia perlengkapan musim panasnya kipas kali ya wkwkwk

    Balas
  19. Cuaca memang ga bisa ditebak, jadi harus pintar pintar jaga kesehatan, terumata kesehatan mata. Cuaca panas sangat berpengaruh terhadap mata, lebih baik jika sulam kelopak mata.

    Balas
  20. Ughh musim panas di Indonesia? persiapin kipas portable hehehe..

    Balas
  21. Di Indonesia jarang ya yang memerlukan perlengkapan musim panas, kalau musim hujan baru tuh dilengkapi, seperti, payung, jas hujan, jaket, dan kopi atau teh

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.