Perbuatan baik adalah investasi surga

18 Mar 2019 | Kabar Baik

Apa yang dikatakan Yesus amat jelas hari ini.

Jangan menghakimi supaya kita tidak dihakimi. Jangan menghukum supaya kita tidak dihukum. Ampunilah supaya kita juga diampuni. (lih. Lukas 6:37)

Kita dengan sesama

Yang terkadang dilupakan adalah, kita mengira hal-hal di atas hanyalah antara kita dengan Tuhan. Padahal? Tidak! Ada hubungan antara kita dengan orang lain terlukis di sana.

Kita tidak boleh menghakimi orang lain supaya kita tidak dihakimi. Kita tidak boleh menghukum orang lain supaya kita tidak dihukum. Kita diminta mengampuni sesama supaya kita juga diampuni.

Tapi, aku sudah mengampuni kok tetap saja orang-orang dendam kepadaku! Aku tidak menghukum tapi orang-orang itu terus menuntutku! Aku tidak menghakimi tapi mereka menuduh dan menyangkaku!?

Kita dengan Tuhan

Karena memang Kabar Baik ini tidak bicara tentang bagaimana kita mengharapkan perlakuan yang sama baiknya dari orang lain ketika kita melakukan perbuatan baik kepada mereka. Kita diajak melakukan perbuatan- perbuatan baik terhadap sesama dan balasannya datang dari Tuhan.

Kita tidak boleh menghakimi orang lain supaya kita tidak dihakimi oleh Tuhan. Kita tidak boleh menghukum orang lain supaya kita tidak dihukum oleh Tuhan. Kita diminta mengampuni sesama supaya kita juga diampuni oleh Tuhan.

Jadi?
Jangan pernah? sekali lagi, jangan pernah berharap kepada manusia untuk membalas hal-hal baik yang telah kita lakukan. Perbuatan baik kita pada sesama adalah investasi untuk surga. Ia tak pernah mengecewakan orang yang mengimani dan berharap kepadaNya.

Sydney, 18 Maret 2019

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.