Perayaan unik ulang tahun Mama ke-60

25 Feb 2016 | Cetusan

Seharusnya aku pulang ke Klaten.
Hal itu sudah kurencanakan sejak lama karena hari ini Mamaku berulang tahun ke-60. Tapi sayang, keuangan tiba-tiba mengetat karena ada beberapa kebutuhan yang harus diasupi dana dan aku bukan pabrik uang, pohon uang juga tidak tumbuh di punggungku jadi ada yang perlu dikompromikan.

ulang tahun mama - Teddy (kiri) dan Kunto, on the way ke Klaten....

Teddy (kiri) dan Kunto, on the way ke Klaten….

Tapi meski demikian, ulang tahun tetaplah ulang tahun. Ia layak dirayakan terlebih dan mengingat, perjuangan yang tak mudah yang telah dilakukan Mamaku dalam setahun belakangan berkutat dengan sakitnya.

Sebuah ide tak terduga mencuat dikepala.
Dua hari silam iseng aku bertanya di grup kawan-kawan sesama alumni SMA Kolese De Britto seangkatan, ?Ada nggak yang bisa bikin kue tart untuk ulang tahun dan harus jadi kamis besok dan harus mau ngantar ke Klaten kota!?

ulang tahun mama - Di depan rumah

Di depan rumah

Ya, kue itu untuk mamaku.

Tak sampai sepuluh menit kemudian, beberapa kawan menawarkan diri.

Lalu tak dinyana, kawan dekatku sekelas di Debritto dulu, AA Kunto A yang coachwriter terkenal itu, yang bukunya pernah kubantu jual di sini, dan salah satu orang yang menggosokku untuk mau mengerjakan situs web Maria Assumpta, mengulurkan tangan dan hatinya, ?Don, aku antar aja kuenya sekalian mau tilik (njenguk) Mamamu!?

ulang tahun mama - Benar-benar di depan rumah, tepatnya depan pintu rumah...

Benar-benar di depan rumah, tepatnya depan pintu rumah…

Waduh senangku bukan kepalang.
Tak seberapa lama, kawanku lainnya yang juga pernah sekelas di De Britto dan akan jadi kolega di sebuah situs portal finansial yang akan kuperkenalkan per 1 April 2016 nanti, Teddy Wintoko menawarkan diri, ?Melu! Melu! Aku melu!?

ulang tahun mama - Ngobrol... Kunto, Teddy, Mama dan Eyang

Ngobrol… Kunto, Teddy, Mama dan Eyang

Lalu tadi pagi semuanya terjadi.
Seputaran pukul sembilan waktu Indonesia bagian barat, saat orang-orang sedang meringsek ke jalanan untuk menuju kantor masing-masing, duo Kunto dan Teddy melaju dari Jogja menuju Klaten. Bersamanya dibawa sekotak cake tart ulang tahun buatan istri Made, temanku De Britto juga.

ulang tahun mama - Ngobrol. Teddy - Mama - Eyang

Ngobrol. Teddy – Mama – Eyang

Sepanjang perjalanan, Kunto tak henti-hentinya mengirimkan foto kepadaku. Sesampainya di sana, saat sedang bercengkrama dengan Mama dan Eyangku, ia juga memunculkan foto-foto yang membuatku dadaku berdesir dan mataku sekonyong-konyong terlapisi kaca-kaca mudah pecah dan mencair jika kukedipkan.

ulang tahun mama - Selamat ulang tahun, Ma. Sing kuat, sing sabar, tapi sing paling penting... berbahagialah!

Selamat ulang tahun, Ma. Sing kuat, sing sabar, tapi sing paling penting… berbahagialah!

Ada rasa kangen, haru, bangga, bahagia karena aku bisa merayakan ulang tahun orang yang melahirkanku itu dengan cara yang sangat unik; dua orang sahabatku mewakiliku untuk menyelamati Mamaku.

?Kun, tolong Mamaku diajak berdoa ya!? demikian imbuhku di percakapan WA dan sejatinya ketika aku menatap foto-foto yang dikirimkan Kunto, selain rasa-rasa itu di atas, aku turut mendaraskan doa pula. Doa syukur atas ulang tahun ke-60 Mamaku dan mukjizat yang boleh terjadi. Doa syukur atas terjadinya hari ini dan doa syukur atas persahabatan yang sangat kuat dan tak lekang ditelan masa antara aku, Teddy, Kunto, Made dan semua kawan-kawan yang pernah merasakan kebersamaan di kampus Jl Solo No 161, SMA Kolese De Britto Yogyakarta!

?Ayolah Putra SMA De Britto,
kuatkanlah hubunganmu
Selalu tetap bersatu
dengan semua kawanmu.
Meski pun terpencar hidupmu
di kelak kemudian waktu,
ingat selalu di dalam hatimu,
ialah De Britto contohmu!?

Mars SMA Kolese De Britto Yogyakarta
oleh L Moerabi SJ

Sebarluaskan!

2 Komentar

  1. Mama Donny, selamat ulang tahun ya. Tuhan selalu berikan yg terbaik buat Mama.

    Balas
  2. Ikut terharu dan bahagia, Don.. Moga tante sehat terus sepanjang hidupnya ya… Amin.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.