Penemuan-penemuan revolusioner dekade 00

2 Jan 2010 | Cetusan, Digital

Dekade 00 (2000 – 2009) baru saja berlalu membawa begitu banyak kesan.
Bagiku, dalam prespektif teknologi informasi, dekade yang baru berlalu adalah salah satu dekade emas pengembangan dan pengoptimalan fungsi teknologi tersebut dalam kehidupan manusia.
Lewat tulisan ini aku membuat sebuah catatan tentang segala sesuatu yang diciptakan lantas menjadi pengaruh baik bagi kehidupan manusia maupun bagi pengembangan dunia teknologi informasi itu sendiri.

src. technabob.com


USB (UNIVERSAL SERIAL BUS)
Meski bukan ‘produk’ dekade 00 (Januari 1996), akan tetapi pengaruh USB sangat besar terhadap pola pandang banyak produsen gadget yang tumbuh di dekade 00 terhadap apa yg disebut sebagai interkoneksi.
Nyaris semua produk gadget yg muncul pada dekade 00 memiliki output/input dalam wujud konetivitas usb. Sebut saja mulai koneksi mouse, keyboard, printer, modem (termasuk usb internet modem – dongle), external hardrive termasuk flashdisk, mobile phone, PDA, game console dan masih banyak lagi.

src vivanedflanders. wordpress.com


IPOD
Kalau kalian mengira bahwa iPod adalah digital media player yg pertama, maka kalian salah besar.Adalah seorang Inggris, Kane Krammer, yg pada th 79 telah membuat prototipe pemutar audio portable yg dinamainya IXI.
Akan tetapi, anggapan kita toh masih benar karena toh 22 th sesudahnya, iPod yg pertama dirilis pd 23 oktober 2001 menjadi reformis digital media player. IPod yg digagas CEO Apple Inc, Steve Job, tak hanya mampu menjual lebih dari 220 juta hingga akhir dekade 00 kemarin, lebih dari itu ia dengan iPod-nya telah mengubah pola pandang masyarakat musik dunia dengan konsep iPod yg disinergikan bersama iTunes dan iTunes storenya.
Penyebutan iPod pun pada akhirnya mengalami perluasan makna, tak lagi hanya sebutan merek dagang namun lebih sebagai kata ganti istilah digital media player itu sendiri. Buktinya, beberapa waktu lalu aku mencuri dengar pembicaraan orang di dalam bis sepulang kerja, “Oh, merk iPodmu apa?”

src www.tcd.ie


FACEBOOK
Facebook telah membuat torehan yg luar biasa atas istilah “social media site”. Hingga akhir tahun 2009 lebih dari 300 juta orang telah bergabung di dlmnya dan mereka menikmati!
Facebook sudah bukan lagi situs yang bicara tentang bagaimana mencari teman sebanyak-banyaknya, tapi lebih dari itu, ia telah menjadi ‘platform’ untuk melakukan banyak hal mulai dari bermain game, promosi, hingga kampanye kepresidenan pun bisa dilakukan dan terbukti sukses lewat Facebook.
Titik tolak ‘penerimaan’ facebook dimata dunia menurutku adalah semenjak Obama terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat dan ia mengakui efektivitas penggalangan suara serta dana lewat Facebook.

src www. astana-cyclingteam. com


BLACKBERRY
Mengapa blackberry revolusioner adalah karena teknologi push email yg dibawanya membuat paradigma tentang email adalah nyaris sama bahkan melebihi sms, at least untuk pengguna Blackberry itu sendiri (dan at least untukku).
Lewat BB (demikian biasa diistilahkan), email bukan lagi sesuatu yg harus diakses melalui pc, laptop ataupun browser pada handphone berkoneksi internet, akan tetapi lebih daripada itu, email adalah sesuatu yg bisa didownload dan dibuka.
Aplikasi BBM (Blackberry Messenger) juga pada akhirnya menjadi satu feature yang sangat digemari user untuk berkomunikasi dua arah tanpa memandang letak geografis. Sejauh menggunakan koneksi BB, tinggal “eh nomer PIN loe brp?” Dan mari kita berkomunikasi! *Konon percakapan via BBM ini tak bisa disadap seperti yang kerap terjadi pada kasus korupsi di negara kita dimana pelakunya menggunakan handphone biasa*

src www. onewavedesigns. com


IPHONE
Kalau aku bilang bahwa iphone itu ‘sesuatu’ yg meggoncang dekade lalu itu bukan karena ia produk Apple. Inc dan bukan pula karena nilai keuntungan yang diraih yang katanya setara dengan keuntungan 1/3 penjualan semua mobile phone di seluruh dunia.
Iphone revolusioner karena ia membawa perubahan besar-besaran tentang fungsi touchscreen yg semula identik dgn stylus, stick penunjuk, lantas diubah menjadi ‘tanpa stylus’ dan tanpa alat-alat lainnya; pengguna iPhone cukup menggunakan jari untuk langsung mengoperasikannya.
Selain itu, iPhone juga memasukkan feature ‘iPod’ ke dalamnya sehingga untuk pecinta iPod, iPhone adalah handphone yang akan ‘sudah cukup familiar’.
Lalu, hal yang terbesar menurutku, iPhone berhasil menempatkan posisinya tidak hanya sekadar smartphone, tapi lebih dari itu, ia adalah micro-notebook yang memungkinkan pengguna untuk menginstall aplikasi yang disuka di atas operating systemnya. Hal ini secara tidak langsung ikut menyegarkan peluang bisnis dan pekerjaan bagi para software developer untuk bermain di jalur baru, iPhone.

src www.ssagsg.org


NINTENDO WII
Beda dgn console lainnya, Nintendo Wii adalah sebuah inovasi yg menyatukan game play dengan keterlibatan gamers yang lebih jauh lewat gerak nyata. Wii adalah revolusioner karena bila sebelumnya ketika kamu bermain game tenis, untuk menggerakkan tangan pemain kamu cukup pencet tombol X,Y,A,B atau apapun yang ada di panel remote, sementara di Wii, kalau kamu ingin men-smash lawan ya kamu memang benar-benar harus melakukan gerakan smash.
Yang lebih hebat lagi, kemampuan Wii untuk mendeteksi gerak gamer dalam lingkup 3D ini dimanfaatkan betul oleh para develooper game untuk membuat game yang lebih menarik lewat gerak yang kian nyata pula.

src www.freemacbookairpc.co.uk


MACBOOK AIR
Jaman telah berubah begitu cepat dan untuk dipandang ‘wah’ kamu tak hanya perlu mengenakan pakaian branded dan jam mahal serta perhiasan yang berbinar-binar… laptop pun telah dibidik untuk menjadi sesuatu yang ‘wah’ secara penampilan, tak hanya dari performa teknis saja!
Dan Macbook Air yang tipis lagi memesona itu adalah pioner bahwa untuk ber-laptop pun kamu harus terlihat trendy.
Meski banyak yang mengaku ragu dan kecewa dengan performa teknis Macbook Air yang biasa-biasa saja, toh angka penjualannya tetap naik. Karena apa? Ya karena dunia semakin mahfum bahwa penampilan yang menarik terkadang lebih utama ketimbang performa di dalam yang sebenarnya.

src zenbuntu.com


UBUNTU
Jangankan awam, banyak kalangan IT yang dulu merasa agak sedikit ‘bergidik’ ketika mendengar Linux.
Bagi mereka (eh… kami karena aku dulu juga demikian) Linux identik dengan layar hitam putih khas DOS, text mode dan sesuatu yang abstrak dengan perintah-perintah yang berbahasa aneh.
Tapi Ubuntu lantas hadir untuk ‘membekap’ keseraman serta kengerian itu lalu menyajikan Linux dalam tampilan ‘loveable’ yang sangat user friendly dan mudah digunakan. Maka, ketika urusan legalisasi operating system menjadi issue yang sempat menarik, Ubuntu lantas menjadi alternatif yang cukup memiliki ‘relevansi’ antara operating system yang ‘penuh jendela’ itu ke operating system Linux Ubuntu yang juga ‘berjendela’ tapi bedanya gratis itu!

Sebarluaskan!

56 Komentar

  1. Yah Apple 3 biji, Ubuntu 1, Windows 7 nya mana?
    Dasar kamu Apple Fanboy…
    Jangan lupa twitter juga yang kau puja sampai saat ini; lalu AVG dan Avira sebagai antivirus gratis yang benar benar gratis dan ter-update. Mentang2 pakai Mac, kayak kacang lupa pantat nya aja kamu ga inget virus lagi ya? wkwkwk.

    Balas
    • Hehehehe satu hal yang perlu kamu ketahui, satu2nya produk Apple yang masih kupake cuma iPod… jadi kamu salah kalau menyebutku Apple Fanboy :))
      Oka, sahabatku, one thing that you have to realize, catatan ini adalah mengenai sesuatu yang sangat berpengaruh pada dekade lalu.. Twitter memang OK tapi itu kan barusan.. ada yang lebih lama yang menjadi pencetus revolusi bahwa social media site itu adalah ‘something’ dan bukannya ‘nothing’ :))
      Or, bikin list menurut versimu dunk :)

      Balas
      • Lho, kupikir kamu pake Macbook juga. =))
        Kembali ke PC akhirnya? hahaha
        Ya kalo dihitung bobotnya si Twitter vs FB memang gak sebanding. Tapi FB juga lumayan baru ah. Cuman memang lengkap.
        List versi ku? Wah, banyak. Cuma top favoritku sih, mp3 player, digital camera, gps, dan facebook hahaha. Pretty much the same lah.

        Balas
        • Aku memang kembali ke PC tapi tidak kembali ke Windows..:) Ubuntu andalanku hahahaha….
          FB memang lumayan baru? So why? So what? :)) Memang ini ulasan tentang jaman baru kok :))

          Balas
  2. emang betul sebutannya dekade 00 ya ?
    70’s , 80’s, 90’s, 00’s
    reset donk :D

    Balas
    • Di TIME edisi terbaru, soal nama dekade itu dipermasalahkan:) Rujukanku untuk memilih menggunakan ’00’ adalah majalah Rolling Stone :) Jadi aku tak sendirian :))

      Balas
  3. Kali ini aku menikmati aja tulisanmu ini…
    Soalnya setelah pensiun saya baru beli HP yang benar2 beli sendiri di tokonya, selama ini hanya nitip uang, nitip anak buah….nanti dia yang menjelaskan, mengajari dsb nya.
    Begitu juga kompie…pokoknya sampai punya berbagai jaringan, kemana kalau kita ingin beli sesuatu yang bagus tanpa ditipu….ada orang tertentu untuk mencarikan kompie atau lapie baru atau seken, ada urusan internet…..payah ya?
    Hahaha…jadilah tetap gaptek Don…..tapi minimal masih bisa ngetik internet ya….hiks:P

    Balas
    • Bu, semakin hari saya semakin nggak setuju bahwa gaptek itu sesuatu yang menggejala :)) Tinggal masalah ‘mau’ atau tidak hahaha :))

      Balas
  4. ok buat yang laen, tapi ngga setuju ama macbook air, daripada “air” malah mendingan eeepc (lowcost netbook/nettop) yang bikin microsoft aware bahwa vista is too bulky and decide to extend the life of XP. Terus masih ada youtube, firefox, wikipedia, p2p, google atau gps. IMHO mereka jauh lebih pantas dimasukkin di list daripada “air”.
    PS: this is my first ever comment to a blog, that macbook air make me do this :p

    Balas
    • Hi Jacob, thanks untuk your first comment :))
      Alasanku untuk memasukkan ‘Air’ adalah karena pola pandang orang terhadap laptop, bukan dari canggih or tidak canggihnya ybs :))
      Soal Youtube, ‘nyawanya’ tetap social media site, dan itu kupikir sudah terwakili Facebook :) Firefox dan Wikipedia OK lah….:)) Google, itu produk 90-an :)) p2p?? itu kan ‘barang lama’ yang dikemas ulang ya? gps.. OK lah :))

      Balas
  5. Bagus neh.. gimana dengan 2010 ya? banyak hal baru kale

    Balas
  6. wah gak nyadar kalo banyak banget aplkasi yang amazing di dekade ini ya..thanks atas ulasannya

    Balas
    • Sip.. sama-sama…
      Soal dekade kemarin, aku berani bilang sebagai salah satu dekade terbaik untuk IT :)

      Balas
  7. Twitter kok gak masuk nih *protes*

    Balas
    • Twitter masih terlalu ‘baru’ :))

      Balas
      • twitter udah lebih lama dari facebook, tapi kalah ngetop :p buat aku sih twitter bolehlah dimasukin, mengingat dulu sebenarnya nih produk kagak ada apa2nya :))

        Balas
  8. ulasan yang bagus :) jadi tambah wawasan neh

    Balas
  9. hehehe … Don, aku koncone Mbak Enny, ora mudheng lan ora hobi gadget. Hp pokoke iso dinggo telpon karo sms, ndemok laptop mung nek mulang utowo presentasi seminar. Neng ngomah nganggo komputer mejo. Wis ben, sing penting blogku mlaku terus (tur yo payu terus … hahah … dawet ‘kaleee … :D )

    Balas
    • Lha… ora mudheng dan nggak hobi itu bukan hal yang mengartikan bahwa Bu Tuti ndak terkoneksi dengan dunia per-gadget-an lho :))

      Balas
  10. wah, mas donny, sungguh cermat dan teliti. saya malah ndak tahu sejak kapan ubuntu itu lahirm, meski sekarang sudah menggunakannya. selamat tahun baru, mas don, semoga makin tambah sukses.

    Balas
    • Halah, Pak Sawali ada-ada saja.. yang cermat dan teliti itu ya Wikipedia lha wong saya nemu ultahnya Ubuntu dari sana jhe :)
      Selamat tahun baru juga, pak sawali.. sukses selalu ya…
      *btw saya juga pake Ubuntu lho*

      Balas
  11. yang paling terasa sama saya sih perubahan dari era floppy ke USB. sma kelas 3 (tahun 2006) saya baru punya USB. temen2 lain juga masih dikit yang punya USB, masih pada pake floppy. terasa bener entengnya. :D

    Balas
    • Heheheheheh, anda berarti seumuran adik saya :)
      Tapi kok bisa sih taon 2006 masih pake floppy disk?

      Balas
  12. lho kok apple mulu om?? laptop gw acer om

    Balas
    • Lha laptopku juga acer.. ini bukan sentimen produk kok :)

      Balas
      • iya bukan sentimen produk sih>>>tapi memasarkan secara ngak langsung>>>kepingin macbook air nih ohoo

        Balas
        • Hahaha kalo itu lain masalah… nabung dan belilah (kalau aku sih nggak mau.. mending pake Acer) :))

          Balas
  13. yang terakhir itu, Ubuntu, sesuatu yang ingin saya coba gunakan tetapi penyakit malas dan menunda-nunda selalu kambuh..

    Balas
    • Heheheheheh, dibutuhkan effort untuk berpindah, Bli..:) Cobalah, pasti ketagihan :)

      Balas
  14. ?Oh, merk iPodmu apa?? – Aku ngakak dulu ya :lol:
    Kurang lebih aku setuju dengan list-mu, Mas. Terutama yg nomor 1, teknologi USB. Jadi ingat betapa muahalnya flashdisk 1 Gb dulu, sampai musti irit uang saku banget2 buat beli barang mungil satu itu :( Over all, yang gak ngerti cuma satu, Ubuntu. Maklum, gak pernah ngubek2 dunia IT. Sampai sekarang aja masih berkutat sama CSS :mrgreen:

    Balas
    • Buat paham begituan nggak perlu ngubek2 dunia IT kok.. cukup membaca aja dari blog2 dunia tentang IT, kamu pasti terpengaruh jadi tahu :)

      Balas
  15. Kapan ada graphic tablet yg bisa digulung atau dilipet-lipet ya? jadi kalau mau corat-coret dimana aja bisa =))

    Balas
    • Hahahah bikin sendiri aja, Goen… dari kertas manila.. kan bisa dilipet tuh :)

      Balas
  16. kali ini aku menikmati saja..mau komentar takut salah, mengingat selama ini aku hanya menggunakan teknologi2 itu sebatas kebisaanku.
    terima kasih infonya.

    Balas
    • Sebatas kebisaanmu? Ya ditingkatkan kebisaanmu supaya batasannya juga meningkat :)

      Balas
  17. Akur deh Bro… list-nya udah singkron dengan judulnya… dan mewakili berbagai kategori penemuan teknologi.
    Btw, pas awal tahun 2000-an, bukankah Friendster demikian happeningnya sebelum digilas sama FB? Tak layakkah dia berdiri sebagai salah satu tonggak teknologi revolusioner dekade ini? Atau barangkali kamu cukup mewakili genre social networking ini dengan FB, yang lebih fenomenal?
    Selamat Tahun Baru, Bro…

    Balas
    • Friendster memang sempat happening tapi menurutku kehadirannya dulu belum bisa mencerminkan secara maksimal fungsi social network media nya.. Beda dengan FB yang sedikit banyak memang ‘mengikuti’ Friendster tapi lantas ke depannya mengembangkan banyak hal yang Friendster belum punya (dan akhirnya malah diikuti balik oleh Friendster) :))
      Selamat tahun baru juga, Sob! :))

      Balas
  18. heheheh saya setuju banget dengan teknologi USB mas.
    Saya masih ingan jaman taun 2004 saya beli flashdisk dengan haraga Rp. 270 ribu yg kapasitas 256 mb.
    Oh ya saya juga pengguna linux tp sedikit beda aliran dgn mas DV saya pake Fedora heheheh

    Balas
    • Hehe USB memang legendaris :)
      Wah saya baru dalam hal Linux, besok nyoba Fedora ah :)

      Balas
  19. oogh pake ubuntu…
    udah insaf apa lagi khilaf ?
    ora melu kancamu dolanan BSD Don ? hahahahaha

    Balas
    • Aku insaf.. kamu mualaf? :))
      BSD? Ah aku Lebak Bulus aja :)

      Balas
      • aku kafir Don :D

        Balas
  20. saat orang mulai melupakan aku kau masih mengingatku dengan jelas
    Terima kasih
    sugeng warso enggal mas salam ugi kagem pendamping
    sampean teliti tenan mas dan mencermati setiap perkembangan tehnologi lengkap dengan rev nya

    Balas
    • Kau kan selalu kuingat, Mas Tok :) Hehehehe
      Sugeng warso enggal, Mas :)

      Balas
  21. Makanya mas, sekarang saya sedang dalam proses belajar bagaimana memanfaatkan dunia online demi mensejahterakan kehidupan saya sekeluarga ke depannya, karena memang di dunia inilah terletak the way of the future, tanpa meninggalkan platform saya, yaitu fotografi. Salam jepret!

    Balas
    • Dan jadilah fotografi digital :) Selamat menyambut future kalau begitu, sukses selalu!

      Balas
  22. Pengen cobain Macbook tapi saya lagi nunggu dibeliin suami, iya klo dibeliin hahahaa…

    Balas
    • Beli sendiri.. (tapi suami tetep yang bayarin) hahahaa…

      Balas
  23. hmmm… listnya boleh juga, don.
    aku dulu juga takut pakai linux. tapi karena katanya linux cukup aman dari virus, akhirnya laptopku pake os kubuntu. bagus juga tampilannya. tapi aku masih belum pintar mengutak-atiknya don… mesti banyak belajar nih! :)

    Balas
  24. salam kenal

    Balas
  25. aku tdk terlalu update masalah beginian, tp yg jelas dunia semakin terasa kecil, orang bisa pindah, bertukar data, saling lihat video dg org dibelahan dunia lainnya hanya dalam sekejap mata… luar biasa.
    tapi emang perkambangan dunia informasi, dunia maya, sangat pesat dan itu tdk dibayangkan org sebelumnya..
    kalo dulu orang berkhayal (dlm film) ttg antariksa, ttg UFO, ttg laser, dsb tp tdk pernah menfilmkan sosial networking spt FB misalnya
    DV, kalo Java masuk dlm hitungan gak ya??

    Balas
  26. diantara yang kautulis itu aku memakai USB, Facebook dan Ubuntu dan dari semua yg kusebutkan itu yang paling aku suka adalah Ubuntu…sampai2 netbook adikku dan desktop dirumah pas aku liburan kemarin aku install sama Ubuntu…pusing aku ngurusin virus2 di window :(

    Balas
  27. ini kayanya penemuan2 revolusioner dalam bidang IT ya pak?
    mantap2…baru sadar hehe

    Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Penemuan-penemuan revolusioner dekade 00 | Donny Verdian -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by Donny Verdian, Donny Verdian. Donny Verdian said: Blackberry, Iphone, USB, Ubuntu, Macbook…
  2. uberVU - social comments - Social comments and analytics for this post... This post was mentioned on Twitter by dv77: Blackberry, Iphone, USB, Ubuntu, Macbook…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.