Paus baru, desain blog yang juga baru

14 Mar 2013 | Digital

Kadang suka bertanya, kenapa orang hobi banget ngecat rumah kalau akhirnya ia akan kembali kusam dan kotor karena matahari dan debu dan apalah itu yang menempel di permukaannya? Kenapa pula ada orang yang hobi mandi di pagi hari lebih dari sekali padahal ia sudah mandi sebelum tidur, tak terkena kotoran selama tidur, “Kan tidurnya tak berkeringat?”

Tapi pada akhirnya aku toh memandang perlu untuk memperbaharui desain blog ini meski barangkali akan ada orang balik bertanya, “Ngapain redesign kalau akhirnya akan jatuh pada kata ‘bosan’ terhadap desain tersebut pada suatu ketika?”

Jawabanku simple. Redesign, sama halnya dengan orang yang ngecat ulang rumah dan kurang lebihnya sama dengan orang yang mandi di pagi buta: semangat! Ya, redesign blog ini menghadirkan tambahan semangat yang berlipat ganda untuk terus eksis menulis di sini! Bukannya aku sedang kelelahan dan kurang semangat, tapi bagiku semangat itu tak memiliki wadah yang berbatas, jadi semakin banyak semangat akan semakin baik jadinya tak peduli berapapun jumlahnya!

Jadi, inilah desainku yang kesekian sejak pertama kali ngeblog 11 tahun silam!

…kepuasanku akan benar-benar penuh kalau aku tidak pernah merasa puas terhadap apapun yang kulakukan dalam bidang yang kutekuni!

Konsep dasar desain ini adalah menghadirkan sesuatu yang lebih simple dari yang sebelumnya tapi semoga tetap elegan. Aku tak pernah bermimpi punya desain blog yang kaya warna dan penuh aksesori tetek bengek meski hal itu sangat menggiurkan. Kenapa? Karena kalian datang kemari bukan untuk mengagumi desainku melainkan membaca tulisanku jadi semakin aku berhasil membuat kalian tak terlalu peduli dan tak terganggu pada desainku, bagiku itu adalah keberhasilan.

Perubahan terbesar dari desain baru ini adalah penggunaan logo baru seperti kalian lihat di atas serta pelarasan desain dengan desain web personalku yang non-blog yang kurilis beberapa minggu yang lalu, DV-ID-AU. Jika kalian amati, aku menggunakan background dan tone warna yang sama di antara keduanya.

Aku tak lagi menghadirkan sepuluh tulisan terbaru pada halaman muka; melainkan satu. Hal ini kutempuh berdasarkan logika dan analisa bahwa pengunjung terbanyak dariku adalah mereka yang datang dari facebook/twitter langsung menuju halaman konten dan bukannya halaman utama. Jadi, tak ada alasan bagiku untuk memasang lebih dari satu tulisan terbaru di halaman utama, toh kalau mereka/kalian mencari tulisan-tulisanku lainnya, semua ada di halaman arsip.

Pengurangan sembilan posting terbaru dari halaman muka serta juga tune-up pada sisi teknis lainnya (termasuk mengurangi plugins hingga sekarang berjumlah enam saja) membuat situs ini memeliki kecepatan akses yang sangat baik ditinjau menurut Google Speed Insight Test, parameter pengukur kecepatan terkemuka saat ini. Dari hasil pengetesan kemarin, situsku memiliki kecepatan buka 97 persen, artinya hampir maksimal!

Meski perihal kecepatan akses ini cukup subyektif terutama bagi kalian yang berada di Indonesia karena situs ini kuletakkan di web hosting yang tak berada di lingkar jalur IIX.

Dari sisi tulisan, bukannya menghapus, tapi aku tidak menampilkan pembagian kategori atas tulisan-tulisanku. Hal ini kutempuh setelah kupikir pemberian kategori itu terkadang justru menjadi PR tersendiri karena tulisanku kadang masuk dalam beberapa kategori yang kubuat dan ini membingungkan bagiku dan tampaknya bagi kalian! Jadi, ketimbang salah pilih kategori lebih baik aku tak lagi membagi tulisanku berdasarkan kategori. Meski demikian, aku tetap menggunakan tagar yang semoga justru lebih membantu kalian dalam mencari tulisan-tulisanku.

Aku juga mempertahankan implementasi responsive-design pada desain baruku, artinya, jika kalian buka situsku pada gadget tertentu, belum tentu ia memiliki struktur halaman yang sama dengan ketika kalian membukanya di komputer atau laptop misalnya.

Tampaknya itu saja hal-hal yang perlu dan bisa kujelaskan terkait dengan desain baruku ini.

Pertanyaannya sekarang,puaskah aku dengan semua itu? Sebagai sebuah fase pembelajaran bagiku sendiri atas implementasi hal-hal baru di blog ini, aku puas; tapi kepuasanku akan benar-benar penuh kalau aku tidak pernah merasa puas terhadap apapun yang kulakukan dalam bidang yang kutekuni!

Jadi selanjutnya, silakan menikmati tulisanku dan berkomentar sementara aku akan melanjutkan menulis dan terus menulis!

Sebarluaskan!

18 Komentar

  1. Simple, nyaman dan memanjakan mata bagi yang buka lewat perangkat mobile. Itulah impresi pertama kali buka via browser hp setelah redesign. Kupikir akan ada pengalaman berbeda ketika buka via desktop dan perangkat mobile. Semula aku menebak ketika buka lewat desktop akan tetap ada 10 artikel :D

    Balas
  2. Aku lebih suka yang kemarin sih. Yang sekarang hurufnya lebih besar dan mudah dibaca…. BUT semuanya kan tergantung kebiasaan. Kalau sudah biasa sih semua akan OK-OK saja
    Kok tidak ada tulisan ttg Pausnya dalam body tulisannya? Hanya untuk judul? heheheh

    Balas
  3. desain blog sing anyar iki apik mas don :D

    Balas
  4. over all designnya ok nih… suka dengan ringannya. Luar biasa lah dirimu. Walaupun sebenarnya secara tone color terlalu polos ya.. memang lagi musim sih. Tapi butuh warna cerah sedikit ya… Logonya juga keren ah.

    Tolong dong bantu design blog ku… ngarep…:)

    Balas
    • Saya barusan intip blog anda, kalo pake layar yg kecil, hrs geser2(masukan sich). Secara sekilas sebetulnya bagus.

      Balas
      • Thanks masukannya.. nanti kalau ada waktu pasti akan saya perbaiki :)

        Balas
  5. nice sleek looking new design om, good on ya m8! Cheers!

    Balas
  6. Desain yang simpel tapi keren…
    Yang lebih keren adalah energi menulismu.. Di saat kebanyakan orang, termasuk aku, sudah mulai terengah-engah, kamu masih tetap bergairah menghidupkan blog ini dengan tulisan yang bernas..
    Selamat untuk “cat” barunya ya Don.. :)

    Balas
  7. tetep lbh suka yg sebelum ini, tp ya suka-suka pemiliknya to ya hihihihi

    Balas
  8. Yang jelas kamu sudah menghipnotis dengan tulisanmu mas…
    Jadi desain tetep piranti yang menghipnotis jugak :)

    Balas
  9. So Clean, bukan sabun ya… #eh,
    loading sangat cepat meski diakses via internet unlemoted, [unlimited+lemot] :D

    Balas
  10. Keren dab, simpel, typography-nya juga dapet.

    Sedikit kritik, judul artikelnya kayaknya kegedean. Kayaknya lebih cocok ukuran 60px wae kayak gini: http://d.pr/i/JkwY

    Balas
    • Kritik diterima… sudah dikecilkan sampai 60px ;)

      Balas
  11. Don.
    Blogmu ini simpel, dan clean. Memudahkan untuk yang baca. Pilihan warna juga selalu yang salem, adem-adem gitu. Tapi Don, kalau ada yang mau pasang banner gimana? Uehuehee…. :p

    *Eh itu logonya bagus. Meski aku lebih suka yang lama…

    Balas
  12. desainya bagus jadi lebih fresh mas, heheehhehe

    Balas
  13. Didukung!!! Agar aku juga tetap fokus hanya pada kisah-kisahmu yang tertuang di sini :D

    Balas
  14. Untuk blog nya mas DV ini, mantap mas, saya sudah menyarankan bbrp org u/ membaca blog anda. Meskipun dah lama d luar negeri, rasa Indonesia nya msh terasa.

    Balas
    • Makasih, Mas :)

      Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Desain baru, halaman profil yang juga akan selalu baru – Donny Verdian - […] Tak sampai setahun, blog ini sudah ganti desain baru lagi! […]
  2. Risalah Akhir Pekan 24/2015 - Donny Verdian - […] pada postingan ini (? link menuju artikel), aku pernah berseloroh bahwa design blog yang baik adalah yang tak mengganggu…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.