Para pemimpin dan baliho-balihonya

24 Apr 2018 | Kabar Baik

Orang-orang Yahudi itu galau nan bimbang! Mereka menantikan pembebas dari penjajahan Romawi dan penantian itu muncul dalam diri Yesus.

Maka pada hari raya pentahbisan Bait Allah, orang-orang itu menanyaiNya, ?Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.” (Yohanes 10:24).

Yesus pun menjawab, ?Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku?? (Yohanes 10:25).

Hari-hari ini yang kubayangkan di beberapa kota besar di Indonesia, puluhan atau mungkin ratusan baliho menampilkan sosok calon pimpinan daerah dan nasional pasti betebaran dimana-mana.

Dengan wajah yang tampak ganteng dan cantik, gagah dan berwibawa serta slogan-slogan padat makna, mereka menawarkan diri untuk menjadi pemimpin dengan catatan jika rakyat menghendaki. Adalah keputusan kita nanti di dalam bilik suara untuk pada akhirnya memilih satu dari mereka.

Pesanku, sebelum mencoblos, pastikan bahwa pilihan terhadap mereka tidak jatuh hanya karena kamu jatuh cinta pada sosok yang muncul di baliho saja!

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bersikap seperti Yesus yang ditulis di atas; memberikan kata-kata, melakukan pekerjaan sesuai perkataannya. Dalam istilah Bahasa Inggris-nya adalah pemimpin yang ?walk the talk?.

Jangan mencari pemimpin yang pandai bicara santun tapi miskin kerja. Pemimpin yang seperti ini biasanya sengaja membuat lontaran katanya santun untuk menutupi kekurangbisaannya dalam bekerja.

Jangan pula mencari pemimpin yang pandai bekerja tapi berbicara kasar ala kebun binatang. Kenapa? Seorang pemimpin tak hanya bekerja. Ia juga harus pandai memberikan pengayoman kepada warganya melalui kata-kata.

Dari kata-kata dan pekerjaan yang benar itulah kepemimpinan seseorang bisa tampak kejelasannya.

Tapi kalau sudah melakukan keduanya bukankah tak ada jaminan jumlah pendukungnya nanti lebih banyak daripada yang bermodalkan baliho saja?

Seorang pemimpin yang baik akan melakukan usaha terbaik. Namun jika tetap tak menang dan tak terpilih, ia akan menyerahkan hasil akhir pada Tuhannya. Kenapa? Karena seorang pemimpin dikatakan baik jika ia juga bisa menerima kepemimpinan Tuhan atas dirinya seperti Yesus yang tak pernah tak mengikuti apa yang sudah dikehendaki oleh Bapa yang mengutusNya.

Sydney, 24 April 2018

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.