Merekalah para seleb-blog masa kini!

25 Okt 2012 | Cetusan, Digital, OKTOBZER

Kalau blog dibilang sudah tidak menjadi trend lagi, barangkali memang benar.?Tapi meski demikian bukan berarti bahwa blog telah benar-benar hilang. Justru, meski tak lagi jadi trend, jumlah blogger kian hari kian bertambah. Apalagi munculnya blog community semacam kompasiana dan blogdetik, pertumbuhan blog lebih gila lagi, lebih marak lagi.

Permasalahannya sebenarnya lebih pada diri kita (eh kalian) yang terlanjur mengenal blog ketika ia tengah moncer-moncernya menjadi trend sekitar empat-lima tahun silam.

Parahnya lagi, kita lantas menganggap blog memang telah benar-benar mati seiring ?kematian? mereka dari blogoshpere.

Melalui tulisan-tulisan piawai para seleb-blog kita begitu menikmati blogosphere (istilah untuk blog-atmosphere -red); sehingga ketika mereka mulai jarang menulis (bahkan tak jarang ada yang menghilang sama sekali), kita seperti kehilangan pedoman.

Parahnya lagi, kita lantas menganggap blog memang telah benar-benar mati seiring ‘kematian’ mereka dari blogoshpere.?Padahal, kalau kita mau melepas kacamata kuda kita, kalau kita mau mengecilkan volume earphone kita, dan mau tengok kanan-kiri, blog-blog yang tak kalah bagus dari para blogger yang tak kalah hebatnya bermekaran dan lebih berdaya tahan.

Kalian mungkin tak bisa menganggap mereka adalah para seleb-blog, tapi percayalah seleb bukan seleb, kawan ataupun lawan itu hanya tergantung dari cara pandang ?yang kalian pakai.

Lalu siapa saja mereka?

Arman Tjandrawidjaja

Ini blog ajaib! Kenapa kubilang begitu? Lihat jumlah komentar rata-rata per-postingannya!?Beberapa bahkan menyentuh 200an jumlahnya!

Blog ini juga lumayan sering di-update dan biasanya dihiasi foto-foto berkualitas ciamik!?Ssstttt, kata temen, beberapa fotonya ada yang sampai dicuri untuk digunakan sebagai iklan di tanah air. Bener nggak sih, Man?

Sebenarnya aku tak terlalu mengikuti blognya karena mungkin kebetulan kami belum saling kenal personally. Tapi itu semua tak jadi soal karena bagiku blog milik sesama imigran (aku di Australia dan dia di Amerika) ini tetap ciamik!

Imelda Coutrier-Miyashita

Wah kalau yang ini apalagi, jangan ditanya deh!

Perempuan Indonesia yang sudah cukup lama tinggal di Jepang, ini selalu menceritakan berbagai macam hal di blognya. Mulai dari masakan yang sedang ia suka, aktivitas kesehariannya yang adalah dosen bahasa Indonesia hingga banyak khasanah pengetahuan tentang Jepang ditulisnya di sana.

Secara personal aku kenal sejak sebelum aku pindah ke Australia dan pernah juga ketemuan Juli lalu di Jakarta. Nyaris setiap hari pula kami saling sapa di jendela chatting sekadar untuk ber-say hi atau untuk menanyakan kabar keluarga dan gosip-gosip lainnya!

Aku tak berlebihan untuk menjelaskan hal berikut ini, tapi ini sungguh nyata kualami.?Ketika membayangkan anak gadis Jepang, yang kubayangkan memang Oshin! Tapi ketika membayangkan anak laki-laki Jepang, yang kubayangkan adalah Riku dan Kai, keduanya anak Imel!

Hahahaha!

Antyo Rentjoko

Entah apa yang terjadi dalam bilik benak Paman Tyo, tapi aku melihat dalam setahun terakhir ini kecenderungannya mengerem posting di blogombal.org tapi penetrasi luar biasa terjadi?di blog yang kubahas ini. Kukatakan luar biasa karena frekuensi posting di blog itu, dalam sehari bisa sampai beberapa jumlahnya!

Nama blognya pun unik, Postyorous menerous, bisa jadi adalah plesetan dari nama provider blog yang dipakainya, Posterous, digabungkan dengan namanya, “Tyo” dan sifat kontinuitinya,?”menerous” maka jadilah Postyorous menerous itu tadi!

Mutu tulisan dan fotonya jangan diragukan. Aku pernah bilang tapi lupa pada kesempatan apa, bahwa menurutku, Paman Tyo adalah begawan blog Indonesia!

Oh ya, kalau kalian mau cari contoh ‘seleb-blog’ yang kiprahnya berkibar pada era empat-lima tahun yang lalu dan sekarang masih moncer, ya Paman Tyo ini!

Pakde Cholik

Orang banyak menyebut sebagai komandan blogcamp.

Aku baru sekali masuk ke blognya (ketika menulis tulisan ini) dan melihat postingannya begitu tertata dan kejar-kejaran dengan cepatnya pergantian hari!

Namanya tak asing lagi kudengar dari blog kawan-kawan lain. Kebanyakan sih ketika ada ‘hajatan’ rame-rame nulis blog bertema tertentu, biasanya terselip kata, “menanggapi tantangan
Pakde Cholik!” dan sebagainya…

Ah barangkali dari sini juga panggilan ‘Komandan’ itu berawal mula.

Tak heran! Kiprahnya memang luar biasa!

Sawali

Kalau kalian mau mencari sosok guru yang sanggup bertransformasi begitu apik menyongsong perkembangan teknologi tanpa harus meninggalkan akarnya sekaligus tak apriori terhadap kehadirannya, Pak Sawali adalah contoh terbaik!

Guru SMP di Kendal, Jawa Tengah, ini ngeblog sudah sejak 2007. Konsistensinya dalam menulis luar biasa! Ia menulis tentang sastra dan dunia pendidikan dalam format yang sangat rapi, panjang dan bahasa yang sangat lugas!

Topik bahasannya mungkin tak ‘masuk’ ke dalam selera kebanyakan dari kalian, tapi aku tak peduli… bagiku, blogger besar seperti dia akan menemukan ‘pasarnya’ sendiri kok.

Applaus

Aku menyebutnya The Rising Star!

Teman se-asrama waktu SMA di Jogja ini begitu giat menulis di blognya. Beberapa komentarnya juga kulihat menghias blog milik blogger lain yang juga kawanku. Timbal balik seperti ini membuatku mengingat masa keemasan blog waktu itu.

Tulisannya Applaus (believe it or not, sejak 1993 aku kenal dia, aku slalu kesulitan memanggail dia, apa itu Applaus? App?! Plaus?!) unik, kalau kubilang.

Ia tak menceritakan keluarganya secara mendetail, tapi kerap mengangkat ide-ide maupun isu-isu ringan nan menarik yang terjadi di sekelilingnya.

Kalau ia mampu menjaga ‘stamina’ dalam menulis, tebakanku, Applaus ini bakal ‘jadi’! Mari kita lihat dan buktikan bersama!

Kalau tebakanku gagal ya itung-itung menyemangati mantan rekan se-asrama apa salahnya wahahahaha!

Hardi Vizon

Ketika aku muak dengan berita begitu kerasnya cara kaum fundamentalis menindas kaum yang berlainan daripadanya, blog milik Uda Vizon ini seolah menjadi embun penyejuk!

Ia seorang muslim yang taat dan seorang cendekia muslim yang sedang menimba ilmu di Jogja. (Eh, udah lulus kah engkau, Uda?)

Blognya cukup terupdate dengan baik. Dan keluasan pikirnya tampak dari bagaimana ia menguntai kata demi kata di blognya. Jaringan pertemanannya luas, melebihi batas-batas yang ada.

Aku pernah bertemu dengannya sekali, beberapa hari setelah Papa meninggal di Klaten April 2011 silam.

The Ordinary Trainer

Aku tak mengikuti blognya meski pilihan untuk itu ada sejak aku belum pindah ke Australia. Aku tak kenal juga secara personal dengannya hingga akhirnya aku bertemu muka dengannya Juli silam.

Konsistensinya dalam menulis jempolan. Tulisannya juga tenang dan tak meletup-letup sepertiku misalnya. Satu hal yang menjadi trade mark darinya adalah ungkapan The beauty of blogging; sesuatu yang sedikit banyak mengingatkanku pada kawan lamaku Momon Beyondsky yang taon 2003 lalu kuingat membuat jargon yang tak kalah hebringnya, Even in cyberworld we can find true friendship. Jargon itu lantas dipakai sebagai jargonnya Blogbugs, komunitas blogger nasional jaman ‘batu’ yang boleh dibilang terbesar yang pernah ada hingga kini.

Karena keterbatasan waktu saja maka list blog-blog keren terhenti di atas meski sebenarnya ada lebih banyak lagi blog-blog bagus. Tapi setidaknya, baca-bacalah dulu link-link di atas, siapa tahu kamu jadi tertarik dan kembali terlecut semangatnya untuk ngeblog lagi?

Kalau dunia blog makin ramai dan para seleb-seleb itu jadi ikutan ngeblog lagi, siapa tahu taon depan ada pesta-pestaan lagi kan lumayan ada banyak anggaran sponsor yang bisa dibagi-bagikan untuk ngupi-ngupi cantik atau plesiran misalnya! Eh….

Sebarluaskan!

51 Komentar

  1. #UhYes *masukin link link diatas ke Reader* =)) & setuju Paman Tyo memang begawan blog, akupun menyebutnya demikian :)

    Balas
    • Begawan solo sih Jokowi #salahpokus

      Balas
  2. blog Pakde Cholik, Pas Wali, dan Mas Appalusr adalah blog-blog yg sering kukunjungi. setuju. mereka pantas disebut itu.

    Balas
  3. Hanya kenal dengan Pak Dhe, Uda Vizon dengan yang terakhir, tapi jarang singgah.

    Dunia blog itu gak pernah sepi, karena penggunanya datang dan pergi silih berganti :)

    Balas
  4. Mereka memang layak mendapat julukan itu. Hampir semua saya tahu mereka, meski belum pernah bertemu. ;)

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

    Balas
  5. saya pernah ketemu muka sih sama pak sawali dan paman tyo. cuma emang yang saya rasakan adalah sekarang ketika orang2 berpindah ke domain sendiri tracking new post nya menjadi telat, beruntung ada twitter ketika ada new post bisa kebaca..

    Saling berkunjung blog walkingpun sekarang jarang :( dan temen di blogroll ku pun hampir 80% sudah jadi heritage

    Balas
  6. Mereka semua memang senior diblog nya, dan memang keren keren, tapi sebagai seorang pemuda remaja dan baru beranjak remaja, ane suka terbuai dengan hal2 baru dan membuat jadi aras arasen nulis :( , muncul nya semacam tumbrl, posterous dll yang instan2 jadi memeng nulis. Hampir 3 bulan jarang nulis yg bener2 nulis

    Demi mendapat predikat seleb blog masa kini temuda #1 indonesia , ane mau nulis lagi bero (?’??’?)9

    Balas
  7. Wau….. sang idola dan panutan para blogger.

    Sukses selalu
    Salam Wisata,

    Balas
  8. Terima kasih di promosikan di sini mas
    Blogger tua he he he he, baru 26 tahun umurku (diwalik..)
    Salam hangat dari Surabaya

    Balas
  9. wah referensi anyar nggo nimba ilmu iki kang, suwun

    Balas
  10. waahh, saya sebagai newbie tidak bisa lagi merasakan masa keemasan empat tahun lalu.
    harus belajar dari beliau-beliau ini nih, termasuk om donny :)

    Balas
  11. blog yg itu gak lo masukkin ke list ini, dave? #uhuk =))

    Balas
  12. ada jg pak marsudiyanto yg anti biasa

    Balas
    • setuju, Pak Marsudiyanto blogger lawas yang juga konsisten nulis dengan tulisannya yang ringan dan kadang suka usil. haha.. ? marsudiyanto.net

      Balas
  13. salut dengan konsistensi dan stamina menulis para blogger sejati. sejak bercengkrama dengan socmed yg hanya menyediakan 140 karakter, rasanya otakku tumpul untuk sekedar menulis satu paragraph.

    Balas
    • Otakmu kapan lantjipnya?

      Balas
  14. wew~
    perlu knalan nih sama seleb blogger :D

    Balas
  15. sudah pernah menuju ke blog otomotif semacam tmcblog.com atau iwanbanaran.com?

    disana tulisannya sudah dinanti para pembaca

    Balas
  16. Sepertinya, selain karena masalah sudut pandang, blogosphere terlalu luas. Itu yang membedakannya dengan stasiun TV. Seleb bagi Anda, belum pasti seleb bagi dia.

    Balas
    • Untukku selebku, untukmu selebmu :)

      Balas
  17. Bookmarked! “Konsistensi menulis” fan “kualitas tulisan” adalah kuncinya!

    Balas
  18. Mengenal blog mereka, saya jadi tambah semangat neh belajar ngeblog….

    Balas
  19. Refferensi yang okeh semua…
    Semua nama kebetulan juga sering kuliat di blantika dunia maya ini… Sip dab.. Keep posting stop transaction..! #Eh :)

    Balas
  20. Wah kalau ngomongin om arman, bu imelda, pakdhe cholik, uda vizon, om NH itu jagonya dan sesepuh seleb blog international lho om :D

    Pakdhe yang secara langsung tau orangnya, ramah banget, baik pula, pakdhe leg moco makin panjang tuh brengosnya :p

    Balas
  21. yg penting bagi seorg blogger:
    “jgn pernah berhenti menulis”

    Balas
  22. Diam2 Mas Don ternyata juga seorang pengamat blog, hehe … Sejak dulu sy berkeyakinan bahwa blog tak pernah mati di tengah menjamurnya sosmed. Meski demikian, terlalu berlebihan juga kalau namaku disebut2 seleb-blog, Mas Don. Posting tdk teratur, blogwalking juga mulai jarang2, haks. Namun, terima kasih atas kepedulian Mas Don utk “menghidupkan” kembali adrenalin ngeblog lewat post ini.

    Balas
  23. wah..dari semuanya baru 3 orang yang pernah aku kunjungi blognya..

    Balas
  24. wah….sangar-sangar. bikin minder bloher wannabe sepertiku…

    Balas
  25. wah senangnya dianggap cewek eh blogger keren oleh donny keren!
    dan benar seperti kata penghuni 60: Jangan pernah berhenti menulis!
    Terima kasih untuk apresiasinya ya don

    dan ya, aku kalah tenar dibanding Riku dan Kai hahahaha

    Balas
  26. blognya sangat menarik semua yah apalagi dari komewnt komentnya

    Balas
  27. Setuju kalau mereka dikatakan seleb blog.. Memang reputasinya sudah terbukti.

    Balas
  28. wah terima kasih ya, blog gua udah disebut2 disini… :)
    karena kita belum kenal, mari kita berkenalan… *salaman*. :D

    btw, sebenernya komentar di blog gua itu walaupun keliatannya ada 200, tapi aslinya ya ‘cuma’ 100 (alias separuhnya), karena gua selalu mereply semua komentar yang masuk, dan sayangnya komentar gua juga diitung ama wordpress (waktu itu udah pernah nyoba nyari tau gimana kalo komentar gua gak ikutan diitung, tapi gak pernah nemu caranya, maklum lah cuma pake template gratisan :D).

    kenapa gua ‘kerajinan’ mereply semua komentar yang masuk? karena itu bentuk gua menghormati temen2 yang udah berkomentar di blog gua. gua menganggap orang yang berkomentar itu sama kayak orang yang ngajak ngomong. kalo ada orang ngajak ngomong ya harus diajak ngomong balik kan… :) makanya jadinya total komentar nya jadi keliatan banyak banget…. padahal gak juga kok… :D

    eh jadi panjang dah komen disini nya… :)
    once again thank you dan salam kenal ya!

    Balas
    • Dan mas arman inilah yg menginspirasi aku untuk membalas semua komentar yg masuk dan membalas ‘kedatangan’ mereka dengan kunjungan balik..
      Udah 4 tahun ngeblog dr 2008 baru merasakan indahnya blog baru tahun 2010 setelah kenal blognya mas arman ini.. :D

      Balas
  29. eh sampe kelupaan ngejawab pertanyaan lu…
    iya tuh foto2 kita ada beberapa kali dicuri orang! :(
    moga2 gak akan kejadian lagi dah ya…

    Balas
  30. Satu2nya yg belum pernah mampir ke blog diatas, Paman Tyo
    Kesana ah..

    Balas
  31. Wow…mereka memang Seleb Blog beneran, dari sekian tadi yang ketemu baru PAk Dhe Cholik…
    Salam kenal dari Semarang

    Balas
  32. Thanks Don atas apresiasinya..
    Dibandingkan dirimu, aku belumlah seberapa. Aku belum sekonsisten kamu yang memiliki hari tetap dalam update.

    Postinganmu ini sesungguhnya bagiku adalah “lecutan”, bukan “pujian” apatahlagi “penghargaan”..

    Sekali lagi, maturnuwun Don.. :)

    Balas
    • eh kelupaan menjawab pertanyaanmu..
      Sudah luluskah aku? hehehe.. yang jelas, sudah sejak dua tahun lalu aku mau membawa keluargaku pulang ke sumatera, tapi mereka masih ingin tetap di Jogja… Jadilah sampai saat ini aku ngelaju Sumatera-Jogja.. :D

      Balas
  33. Yang belum pernah mampir sama sekali itu paman tyo dan pak sawali.. akan ada waktunya aku datang ke rumah mereka :D

    aku setuju banget mas dengan pemilihan blog mereka sebagai seleb blog masa kini. seleb yg bener bener seleb ‘hanya’ dari blog. bukan yg ikutan event ini itu atau diundang acara launching sana sini.. hihihi

    btw.. selamat hari blogger nasional yak! :)

    Balas
  34. Aku kenal 4 blog diatas
    Ah aku memang penggemar blog yang baik *narsis

    Balas
  35. Blog Pak Sawali ituh meski temanya tidak umum dan kadang sulit untuk dipahami oleh orang awam seperti Helda, tetep ter-update secara rutin dan tulisannya panjang-panjang seperti yang Om DV sebutkan. :D Hebat!

    Balas
  36. Meskipun belum pernah mengunjungi blog2 di atas, tapi bisa jadi rekomendasi yang bagus untuk predikat seleb blog, hehehe…
    saking banyaknya blogger jempolan sampai belum pernah mampir/kesasar di blog2 tersebut.

    Balas
  37. Eh itu benar lho Don.
    Mereka-mereka di atas itu sangat konsisten dengan blog mereka. Salut dengan banyaknya ide mereka yang bisa dituliskan. Arman dengan foto2nya yang selalu ciamik, dan hal2 kecil yang tak pernah luput dari OM Trainer, Pakde dengan kontes2nya, Applausr yang rajin sekali ngeblog dan blogwalking, juga Mb Melda yang sangat detail dengan cerita hari2nya….. Keren, keren.

    Balas
  38. Ternyata saya katrok juga ya, hanya 2 diantara yang disebut diatas yang saya tahu sebelum membaca tulisan ini. Pakde Cholik beberapa waktu dulu pernah saya ikuti, bahkan pernah mendapat kiriman sebuah buku darinya.

    Satu lagi Applaus saya tahu karena belakangan orangnya cukup rajin komen di blog saya.

    Balas
  39. Yang saya salut cuma Paman Tyo, pria tua yang masih doyan nulis. Membaca tulisannya membuat tulisan kita ngga ada arti :D

    Balas
  40. seleb2 blog yg rendah hati semuanya,,, :)

    Balas
  41. aku kok ra ono ya? :P *melipir*

    Balas
  42. Coba tilik blog mbelgedez.com. Blog unik sakkarepe dhewe tapi cukup bernas dan orisinil dengan traffic yang kenceng juga…

    Balas
  43. Baru kenali sebagian nama2 yang disebut di atas. Bisa jadi rujukan nih.

    Balas
  44. Saya beberapa kali singgah di tiga blogger di atas, pernah bertemu dua blogger di atas juga…wah tulisan ini memacu untuk terus keep spirit to blogging

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.