Menjadi Pelangi

25 Apr 2009 | Cetusan

1

Setelah beberapa hari diguyur hujan, langit monochrome abu-abu berselubung awan dan udara yang seakan tak pernah memberikan pilihan lain selain suhu yang menggigilkan tulang, pagi tadi ketika berjalan menuju bus shelter, kudapati sesuatu yang lain… segaris pelangi tampak di depan sana.

Lengkungnya penuh, setengah lingkaran menghubungkan satu daratan ke daratan lainnya di seberangnya.
Warnanya, ah entahlah, guru-guruku dulu selalu bilang pelangi itu terdiri dari tujuh warna, tapi sejak lahir hingga sekarang yang kukenali hanya tiga, merah, kuning dan biru.
Aku nggak tahu ini normal atau tidak, adakah kalian pernah benar-benar melihat pelangi dalam tujuh warna?

Lalu sembari menengadah memandangi indahnya, tiba-tiba terpikirkan padaku sepenggal kalimat
“Jangan memunggungi pelangi, taruhlah ia di depan sebagai tanda terbitnya sebuah harapan!”

Dan pemandangan itu… dan penggalan kalimat itu menenggelamkanku…

Pelangi, seperti halnya pagi, selalu meyakinkanku untuk berkata bahwa matahari belumlah padam!
Sinarnya masih berpijar menembusi setebal apapun awan yang coba mengungkungi bumi.

Pelangi bukan pula harapan itu sendiri, ia hadir hanya sebagai pertanda yang tak terlalu lama lalu menghilang.
Tanda bahwa harapan tak pernah berpendar hanya karena kekelaman yang bertubi-tubi.
Selalu ada penghiburan di antara derita yang memekakkan …

Maukah kau jadi pelangi?
Menjadi perantara dan penanda sementara untuk sebuah kemenangan yang mungkin bisa kita miliki namun tak bisa pelangi rasakan?
Tugasmu mungkin begitu mulia, meski waktu tak kan berkompromi dan membuatmu akan cepat libas berlalu.

Mau?

Sebarluaskan!

39 Komentar

  1. selalu ada inspirasi bermakna saat merenungi bumi..nice mas Donny..

    Balas
    • Suwun :)

      Balas
  2. Pelangi tanda habis kelam dan muncul lah terang.

    Balas
    • Betul! Pelangi memang pertanda ;)

      Balas
  3. Selalu menyenangkan melihat pelangi
    apalagi kita melihatnya setelah hujan datang.
    Bagaikan kesegaran dan harapan yang datang berwarna-warni seperti hidup

    Balas
    • Pelukismu Agung ;)

      Balas
  4. Ya, harapan yang berpendar inilah yang menuntun kita, yang membuat semangat untuk terus maju, mencapai tujuan
    Dan kita harus tahu, kadang kita tak tahu waktu dan kesempatan yang ada sampai kapan, berbuatkah sesuatu jika masih memungkinkan, kita tak tahu esok apa yang akan terjadi….apalagi jika berbuat kebaikan, janganlah ditunda

    Balas
    • Amin. Amin. Amin, Bu!
      Selamat berakhir pekan…

      Balas
  5. saya sering liat pelangi hampir tiap hari klo siang di tman kantor.. di tepian air mancur… :)

    Balas
  6. ini blog kedua yang membahas dan menampilkan gambar pelangi!
    konon di ujung pelangi terdapat harta melimpah! hihihi..
    setuju jika “harta” di ujung pelangi itu diartikan sebagai harapan!

    Balas
    • Hehehe makasih kunjungannya, Mas Zam :)

      Balas
  7. Eh, masih ada bidadari mandi di ujungnya? Mau dunk…

    Balas
    • Ini kamu, Dan? Kayak bukan kamu yang komentar :)

      Balas
  8. Dia jarang muncul, dan kehadirannya memang hanya sebentar …
    Tapi selalu dinanti,, dan selalu menimbulkan kesan setelah ia menghilang.

    Balas
    • Betul, makanya kubilang, jadi pelangi itu menarik tapi cuma sebentar.
      Muzda mau? :)

      Balas
  9. sama seperti sampean. saya cuma bisa melihat warna pelangi = 3. tapi bedanya saya melihatnya merah, kuning, hijau… :D

    Balas
    • Iya, maksudku ijo.. walah berarti aku memang buta warna.. biru = ijo, ijo = biru :)

      Balas
  10. Gue inget nih, kalo ga salah pas hari itu subuh-subuhnya ujan guede banget?

    Balas
    • Oh ya? Ujan gede ya? Gw bangun jam 6 kurang udah nggak ujan sih hehehe tapi barangkali sih iya..:)
      Loe ngeliat juga dari blacktown?

      Balas
  11. pelangi konon juga menggambarkan situasi multikultur, mas dony. saya suka banget memandangi pelangi berlama2. ternyata banyak warna malah menyuguhkan sebuah perpaduan dari berbagai macam perbedaan.

    Balas
    • Betul Pak Sawali, dan masing-masing warna tidak saling mencampuri dan tidak saling mempengaruhi ya..:)
      Indahnya perbedaan..:)

      Balas
  12. Tentu tidak dong, jam segitu kan gue masih bergelimpangan bareng anak gue hehehe, cuma gue inget pas lo posting foto di FB.
    ^_^

    Balas
  13. Warna – warni pelangi mengingatkan keharmonisan akan perbedaan. Setuju untuk mengartikannya akan harapan. Seperti Nuh yang selalu ingat akan hidup yang penuh harapan karena Tuhan berjanji pelangi adalah tanda bahwa Ia tidak akan menurunkan air bah lagi.

    Balas
    • Wow, keren Eka!
      Tuhan berkati :)

      Balas
    • wow dot com :)

      Balas
  14. saya
    saya menjadi pelangi
    sungguh kesempatan yang amat berarti
    tapi mampukah saya
    coba kita lihat nanti
    sahabata

    Balas
    • amen dot com :)

      Balas
  15. Aku malah pernah lihat dua pelangi don.. Setelah badai dan takut kapal tenggelam. Simbol harapan? ;) ah, nikmati saja. Btw udah kelewat berapa postingan ya? Makin males aja “jalan2” nih…

    Balas
    • Weks dot com

      Balas
  16. hehehe mas memangnya pelangi ada warna hijau nya hehehe aku kok ra genah yah opo mata saya yang beda hehehe
    jadilah pelangi yang memancarkan cahaya aneka warna sebagai simbul multikultural
    piye kabare mbakyu….?sehat to mas

    Balas
    • Lha waktu SD dulu kan diajari MEJIKUHIBINIU, Hi nya itu kan Hijau tapi aku yo mbuh rodo samar antara biru atau hijau hehehe..
      Alhamdulilah kabare pahin, Mas..
      Njenengan sekeluarga lhak yo sae tho?

      Balas
  17. aku tinggal di apartemen yang bernama
    Rainbow Heim
    waktu pertama pindah aku suka namanya… tapi suamiku tidak suka. ntah kenapa hehehe
    Warna warni selalu jadi motto ku, karena memang kita harus mensyukuri banyaknya warna. Selama kita bukan buta warna. Maka bersyukurlah kita.
    Soal biru dan hijau… aku rasa kamu orang Jepang Don. Dalam bahasa jepang, Lampu Lalin hijau disebut AO. bukan midori (hijau), Padahal langit adalah AO SORA, langit biru…. jelas-jelas lampu lalin dan langit tidak sama kan? Tapi begitulah Jepang. Untuk yang ambigu dipakailah Ao.
    EM

    Balas
  18. Yaa.. yaa.. aku percaya itu.
    Pasti ada pengharapan pada kejatuhan setiap kita.

    Balas
  19. gambar indah itu mengingatkanku pada sebait lagu ini :

    Habis hujan tampak pelangi
    bagai janji yang teguh
    Dibalik duka menanti
    pelangi kasih Tuhanmu..
    :)

    Balas
  20. weh .. dah lama ndak liat pelangi ..
    ternyata pelangi bisa muncul juga di blog
    menggairahkan. halah!

    Balas
  21. Kenapa elo jadi suka dot com dot com-an sih! Herman dot com deh!

    Balas
  22. Pelangi itu simbol dari kehidupan. Banyak warna, banyak ragam dan berbagai bentuk.

    Balas
  23. maulah… :)
    Aku tertinggal banyak postinganmu nih.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.