Mengapa 888 Istimewa ?

11 Agu 2008 | Cetusan

Entah siapa penemu angka pada mulanya, tapi satu hal yang pasti ada begitu banyak hal menarik yang bisa dikaitkan dengan angka.
Orang menghitung harga dengan angka, menakar beras yang hendak dibelinya dengan “angka” timbangan dan “angka” harga.
Orang bersuka cita dengan angka, ketika kita mendapatkan gaji dengan “angka” yang besar, kita pun bersorak sorai oleh karenanya.
Seorang terpidana mati bisa jadi berduka cita dengan angka,
ketika mengetahui bahwa jatah hidupnya tinggal bisa dihitung dengan “angka” hari maka lesu lah seluruh nafas kehidupan menanti nahas. Eh atau barangkali ia malah senang karena hendak
meninggalkan dunia fana ini secepatnya?
Entahlah!

Orang-orang memaknai angka dengan sekehendak hatinya.
Kehendak itu lantas menjadi aturan serta mitos ketika orang-orang disekelilingnya, turun-temurunnya dan turun-temurun dari orang-orang disekelilingnya tadi mengiyakan kehendak itu.
Maka jadilah angka ini dipandang lebih menguntungkan daripada angka itu karena hal ini dan itu.
Maka jadilah angka ini jika disandingkan dengan angka itu akan lebih mengenaskan hasilnya ketimbang angka itu dan ini.

Tak heran kalau kebanyakan orang lantas bilang angka delapan adalah angka keberuntungan dibanding angka yang lainnya karena pemakluman di atas itu tadi.
“Nggak ada garis terputusnya, Don!” begitu kata teman saya mengutarakan alasan kenapa angka “8” adalah angka keramat nan menguntungkan.
Ia menjelaskan bahwa tidak ada garis yang terputus yang selalu melingkar membentuk dua bulatan saling tindih menjadi angka delapan.
“Oh, sama halnya dengan di adat Jawa, Nyo! Angka tujuh juga yang menguntungkan!” demikian balasku padanya.

Banyak orang, terutama orang Jawa sepertiku mengaitkan angka 7 dengan angka terbaik.
Lihatlah, Trans7 yang sebelumnya adalah TV7 melambung mungkin bukan semata-mata karena Empat Mata-nya Thukul Arwana, tapi lebih karena angka “7” nya ?
Sheila on 7, grup musik Yogya yang kesohor itu juga ngetop dan sukses mungkin bukan karena “Om Duta” ataupun Eross Chandra-nya tapi barangkali karena angka “7” nya pula ?
Ya mungkin-mungkin saja.

So, sama halnya dengan tahun lalu dimana orang-orang pada heboh kebelet kawin dan mengadakan perhelatan syukur lainnya dipas-paskan pada angka “777” yang bermakna 7 Juli 2007,
tahun ini pun tak mengherankan kalau angka delapan yang bersanding tiga menjadi 8-8-8 angka keramat sekaligus angka keberuntungan karena berarti ada tiga garis tak terputus yang
berdampingan. Angka itu pun terbaca sebagai delapan agustus dua ribu delapan. Belum lagi jika ditambahkan dengan dua buah angka 8 lagi menjadi jam delapan lewat delapan menit,
wah ciamik rasanya! Eh tapi gimana dengan delapan detik dan delapan mirodetik?
Ah, lebai kalau itu mah!

So, ada apa saja saat tanggal 888 kemarin itu denganmu?
Berapa undangan nikah yang kamu terima dan kamu sambangi serta sumbangi?
Berapa acara-acara spesial dari industri yang menggoda untuk didatangi dan mungkin dibelanja-i?

Kalau aku, selain sempat melihat siaran langsung melalui televisi pembukaan olimpiade di China yang diadakan tepat pada tanggal dan
jam keberuntungan itu, kemarin aku juga pergi ke Semarang untuk mendatangi pernikahan salah satu orang yang pernah menjadi sahabat dekatku.
Pembukaan olimpiade yang katanya terbaik. Pesta pernikahan temanku itupun menurutku juga yang terbaik terutama pada lezatnya makanan yang luar biasa maknyusnya.
Eh, tak hanya itu… Aku juga ketiban “kamar terbaik” karena semula aku memesan kamar standard di Grand Candi Semarang, eh lha kok pas sampai di
reservasinya dibilang “Karena kamar standar penuh, Bapak Donny kami upgrade ke kamar grand panorama…”
“Hah, omaigod, grand panorama? Apa pula itu Pak?”
“Oh kamar panorama itu salah satu ruangan terbaik yang kami miliki..”
Hoho, yang terbaik, bukan ?

Tapi tak selamanya kombinasi angka “8” itu adalah tentang yang terbaik dan yang baik-baik lainnya.
Ternyata ada pula ramai-ramai orang yang kemarin memperingati dua puluh tahun revolusi nasional Birma a.k.a Myanmar atau yang lebih dikenal sebagai 8888 Uprising karena terjadi pada
8 Agustus 1988 dan memakan banyak korban jiwa.

Terkait dengan hal terakhir itu tadi, iseng-iseng aku pun bertanya pada teman saya itu lagi
“Lho, Nyo… lha nek itu, 8888 kok malah isinya orang ndak mujur, tho?”
“Wah nek itu aku ndak tau.. atau mungkin hmmm mungkin karena kelebihan angka 8 nya jadi empat.. empat itu kan angka nggak baik!”

Aku pun cuma manggut-manggut lalu berujar “Wooo.. gitu tho!”

Sebarluaskan!

23 Komentar

  1. di keluargaku masi percaya angka 8 bawa hoki loh.. dari nomer hape sampe ukuran sepatu n baju semua harus ada angka 8 nya *maksa mode on* hahaha…
    pas 888 maren aku cm dapet 1 undangan kawinan ama undangan rapat baksos heheheh…

    Balas
  2. halah, semua hari itu baik. apakah itu hari nugroho, hari cahyono, maupun hari poter. apalagi hari senin sampe minggu. pokoknya semua baik. semua tanggal juga baik. dari mulai tanggal 1 sampe tanggal 32.
    jadi, ngapain percaya klenik?
    kalo percaya klenik, berarti kita merendahkan martabat manusia yang dikarunia OTAK dan HATI. begitu.

    Balas
  3. Entahlah Pak. Tapi saya tidak pernah menganggap spesial angka berapapun. Artinya menurut saya semua angka sama pentingnya dan tidak ada yang lebih penting dari yang lain. Sebab satu saja dari angka-angka itu tidak ada maka akan kesulitanlah kita dalam segala hal dalam hidup ini. Jadi semua angka sama pentingnya dan sama-sama bisa diberi makna dan pengertian. Tergantung masing-masing menurut saya.

    Balas
  4. Saya termasuk orang gak percaya angka. Jadinya mungkin angka apapun gak ngaruh buat saya. Tapi bagi orang yang percaya ada kaitan angka dan hoki, itu ngaruh buat mereka. Ada kaitannya dengan psikologis mereka. Barangkali, he.he..

    Balas
  5. Sejak 1 Agustus kemarin baru aku menyadari bahwa aku memiliki angka dobel. Sesuatu yang oleh beberapa kawan dianggap menarik dan beruntung.
    Namun dalam 1 dekade terakhir ini aku juga belajar tentang bagaimana berpikir secara rasional. Jadi hal-hal seperti itu tidak kuanggap serius-serius betul.

    Balas
  6. eh tp ada yg tertarik sama 9-9-2009 loh tahun depan…. bakalan ada janur nungging nih kayaknya uhuuyyy…..

    Balas
  7. jadi ingat permainan dadu yang pernah digunakan oleh para kurawa dan pendapa menjelang perang bharatayudha, mas donny. angka tiga berurutan, berapa pun angkanya, itu konon termasuk “angka” kayun yang langka dan membawa banyak keberuntungan. tapi menurutku, “pengeramatan” angka semacam itu kok timbul akibat mitos dan pencitraan masyarakat yang terlalu hiperbolis, mas, hehehe :lol:

    Balas
  8. ada kemungkinan beckham mengagumi orang jawa ? soalnya dia ngebet banget pake angka 7 :D

    Balas
  9. @Mantan kyai: Lha apa anda ndak tau kalau Victoria Adam itu anaknya Pak Adam Sumantri.. eh itu orang sunda yah :)

    Balas
  10. kata teman saya (yang kebetulan orang cina), pengucapan angka 8 hampir sama dengan kata “fortune” dalam bahasa cina dialek tertentu (ga tahu benar tidaknya, belum belajar bahasa cina soalnya).Saya sih cari angka yang mudah diingat saja, soalnya kapasitas memori otak terbatas. Jadi cukup “beruntung” punya no telepon = tanggal lahir, jadi kalau lupa tanggal ultah bisa lihat no telpon (eh, kebalik ya?)

    Balas
  11. tambahan,
    sepertinya angka 8 bukan angka keberuntungan,
    lha kalo kalo kita ditangkep sama pasukan khusus detasemen 88 apa itu artinya kita beruntung ,.. aih ndak deh ..

    Balas
  12. wahhh trus kenapa telkomsel pake 888 juga yahhh?..halahhhh nggak nyambung ya?…bodo ah…hehehehe
    Salam kenal mas

    Balas
  13. @ Ijul:
    Katanya nggak suka ulang tahun… Hihihi!

    Balas
  14. @DM justu itu! makanya sering lupa (untung ada no telpon :p) buat mas donny, maaf ya OOT, abis komentarnya daniel ditujukan buat saya ;)

    Balas
  15. hemmmm… paling juga karena emang angka sama jejer2 lebih gampang diingetnya. jadi misalnya sahabatmu bercerita kelak kepada anaknya atau ponakannya atau kucing lewat mengenai hari bahagianya, maka dia ga perlu susah susah mengingat! cukup inget 888 dan memori tentang pernikahannya dengan makanan maknyus itu pun akan terkuak kembali di benaknya kekeke.

    Balas
  16. hmmm Jepang dengan Cina sama menganggap angka 8 itu angka mujur. Kalau dilihat dari penulisan kanjinya memang bagus melebar ke bawah. (seperti gunung). Dan usia 88 tahun jika ditulis dengan kanji menjadi BERAS, lambang kemakmuran.
    Saya sendiri menganggap angka keberuntungan saya adalah 8, tanpa alasan jelas dan tidak terlalu dipikirkan. Dan sebetulnya kecanggihan angka 8 juga bisa dilihat dari penulisan digital kan, jika garisnya penuh semua akan menjadi angka 8.

    Balas
  17. Wah posting yang bagus, Mas

    Balas
  18. Salam kenal mas, saya punya nomor hp 0819 266 9888 dan (021) 97 313 888 yang kebetulan saja dibelikan istri, ndak ada intensi mau cari fa kalau kebetulan ya Alhamdulillah he he.

    Balas
    • Hehehehe nomer yang bagus, Mas :)

      Balas
  19. sekali lagi matur sembah nuwun mas blangkon …. mblateran???????????? untuk kedatangannya waktu itu …. yah hanya krn 888 itu diriku mangsuk surat kabar n tipi semarang. tp sayang dirimu blom berpose dgn latar terlepasnya 8 buah paper baloon waktu itu, sgt d sayangkan…
    dan perlu d ketahui mas, diriku mengartikan angka 8 itu merupakan angka yg mistik…

    Balas
    • Hihihihihihi…. mangsuk surat kabar dan tipi aja bangga :)) Huahuahuahua…. tapi btw waktu itu aku sempat liat pelepasan 8 buah paper baloon kok…

      Balas
  20. ============================
    Infonya Mantap Gan!. Makasih buat yang punya blog udah berbagi info. Semoga blog/web ini makin mantap dan tambah banyak pengunjungnnya..
    ============================
    Kita ikutan bagi-bagi info juga buat para pengunjung situs/blog ini. Infonya seputar LELANG HOT.
    Info ini cocok buat Agan atau Sist yang senang belanja gadget dengan cara yang berbeda dari biasanya.
    Buat yang baru tahu LELANG HOT. Ini adalah situs lelang online dengan alamat situs: http://www.lelanghot.com. Sebagai situs Lelang online, Lelang Hot menawarkan berbagai produk gadget berkualitas yang bisa didapat dengan harga lebih murah hingga 50% dari harga di pasaran.
    Konsep yang diterapkan pada situs ini adalah entertainment shopping yang mengadopsi mekanisme game. Di mana LELANG HOT akan memberikan pengalaman menarik bagi orang-orang yang ingin berbelanja atau memiliki sebuah gadget.
    LELANG HOT menarik karena menawarkan konsep yang menantang dan sekaligus menyenangkan. Peserta lelang dituntut untuk cerdas saat melakukan penawaran sehingga dapat menjadi penawar terakhir yang akan mendapatkan gadget-gadget menarik.
    Untuk mengikuti lelang, caranya mudah. Agan atau Sist cukup melakukan REGISTRASI, kemudian BELI POINT, lalu IKUTAN LELANG.
    Biasanya, LELANG HOT mengadakan program promo, bisa dalam bentuk lelang geratis (bagi-bagi point geratis) yang nilainya bisa sampai ratusan ribu rupiah.
    Waktu melakukan registrasi, coba cek kolom Promotion Cede, kalau kolom tersebut sudah terisi kode, berarti sedang ada promo. Promo tersebut, biasanya buat para pengunjung baru yang mau nyoba ikutan lelang.
    Point yang didapat dari promo ini, hanya bisa dipakai buat ikutan lelang di box lelang yang statusnya geratis. Tapi jangan khawatir. Barang yang dilelangnnya juga mantap-mantap, seperti:
    * SONICGEAR 2GO NOW – Apple Green
    * SanDisk microSDHC Memory Cards – 8G
    * The Body Shop White Musk? Eau De Toilette 30ml
    * V-GEN Micro SDHC 16GB
    * PHILIPS SHE 3582
    * Dll.
    Untuk mengetahui program apa saja yang lagi berjalan. Langsung cek aja ke TKP!
    Untuk yang mau ikut gabung bisa langsung klik di sini:
    KLIK DI SINI UNTUK MASUK LELANG HOT

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.