Memandang Politik Indonesia dari Sudut Pandang Le Bron James

5 Mar 2024 | Cetusan

LBJ adalah Le Bron James, pemain terbaik NBA yang pernah ada. Michael Jordan? Ah, sudahlah! Dia ada dalam masa yang telah berlalu!

Pada 7 Februari 2023 lalu LBJ melewati rekor pengumpul poin terbanyak sepanjang sejarah, 38.387 atas nama Kareem Abdul-Jabaar yang sudah bertahan hampir empat puluh tahun.

Tiga hari lalu, LBJ kembali mencetak rekor dengan menjadi manusia pertama yang mengumpulkan poin 40 ribu di NBA. Entah, butuh berapa dekade rekor ini bisa ditumbangkan.

Dominasi LBJ di NBA memang luar biasa. Karakter permainan dan kepemimpinannya sangat kuat. Dominasi baik di dalam menyerang maupun bertahan tiada lawan! Sejak 2018, LBJ bergabung dengan LA Lakers menjadi pemain kunci. Semua pemain harus mengikuti LBJ. Bahkan pelatihnya, Darvin Ham pun pernah didamprat LBJ di awal musim ini karena ia diistirahatkan saat sedang pengen main. Belum lagi rumor yang pernah beredar soal pertikaiannya dengan Rob Pelinka, General Manager Lakers. Konon LBJ pernah mengusulkan supaya Rob dipecat! Gila kan! Tapi untung, Ibu Suri penguasa Lakers, Jeanie Buss, menolak lalu mendamaikan mereka.

Tapi sekali lagi, prestasi LBJ memang superior! Dalam kancah pemerintahan di Tanah Air, bolehlah kita membandingkan LBJ dengan LBP alias Luhut Binsar Panjaitan.

LBP adalah menteri tertua, 75 tahun.  Sama! LBJ juga adalah pemain paling senior di NBA, 39 tahun.

LBP trengginas, LBJ juga. piawai, terbaik dunia!

LBP pernah mengisi banyak posisi mulai dari kepala staf kepresidenan, menko polhukam, menko kemaritiman, menko kemaritiman dan investasi, ketua tim nasional peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan masih banyak lagi. LBJ nggak mau kalah! Meski dia adalah seorang forward, tapi bisa juga jadi point guard atau ketika Anthony Davis, tandemnya di LA Lakers cedera panjang tahun 2022 lalu LBJ jadi center padahal tingginya cuma 2.06 meter tergolong pendek untuk ukuran center!

LBP barangkali akan pensiun bulan oktober ini tapi bedanya, LBJ belum menentukan kapan ia akan undur diri dari NBA!

Bahkan ia sedang merencanakan kontrak tiga periode dengan LA Lakers. LBJ sedang menawar supaya Lakers mau mengontraknya hingga empat tahun ke depan! Gila kan! Untung gak ada konstitusi yang mengaturnya karena baik Lakers maupun LBJ akan sama-sama untungnya.

Salah satu kisi-kisi yang pernah dikatakan LBJ sendiri tentang rencana pensiunnya adalah pada musim terakhir ia ingin bermain dengan Bronny James, anak pertamanya yang juga pemain basket dan tahun ini sudah bisa masuk NBA.

Nggak heran kalau banyak klub kemudian mengincar Bronny. Klub-klub medioker kere jadi berhak punya mimpi! Mengontrak Bronny tentu tak mahal dan sekalinya dapat bakal buy one get one free karena LBJ akan masuk ke gerbong juga! Jadilah itu barang!

Namun begitu, sebenarnya klub yang sukses mengambil Bronny James nantinya akan punya resiko tinggi! Setelah LBJ pensiun, apa iya Bronny masih punya harga? Jika prestasinya tidak moncer, ia akan didepak begitu saja karena bapaknya sudah tidak ada di sampingnya.

Konon banyak media bilang bahwa prestasi Bronny itu gak bagus-bagus amat! Kalah bagus ketimbang Gibran waktu jadi walikota Solo wkwkwkw…

Tapi Bronny James lebih baik ketimbang Bryce James, adiknya Bronny yang juga sama-sama pebasket. Mungkin… mungkin LBJ menargetkan Bryce jadi ketua partai aja, Partai Solidaritas Lakers sementara kakaknya bisa jadi penerusnya. Mungkin wkwkwk…

LA Lakers barangkali yang akan paling masuk akal untuk jadi penampung Bronny dan LBJ. Manajemen Lakers sudah memasukkan opsi ini sebagai rencana mencari pemain di off season bulan Juni – September 2024 ini. 

Sayangnya rencana ini gak akan mulus. 
Ada penolakan dari beberapa pemain LA Lakers. Salah satunya adalah Austin Reaves (AR), point guard LA Lakers yang juga sedang naik daun dan sebenarnya juga ‘anak didik’ LBJ. Yaaa kalau cari perbandingannya seperti Jokowi dan Ganjar Pranowo lah hahaha!

Kenapa AR nggak setuju rencana duet LBJ dan Bronny? Jelas karena posisi AR akan terganggu kan dia juga point guard. AR pemain bagus dan mungkin lebih bagus dari Bronny tapi bapaknya Bronny adalah penguasa dan AR tak bisa apa-apa karena di Lakers tak punya MK, yang ada MC, Max Christie hahaha…

Jadi ya kita tunggu saja bagaimana kelanjutan kisah LBJ dan Bronnie di LA Lakers nanti.

Aku tiba-tiba membayangkan LBJ ketika ditanya para wartawan, “Pak LBJ., apa pendapat bapak tentang pencalonan Bronny James masuk ke LA Lakers?”

LBJ dengan santun, berkemeja putih seharga dua ratus ribu rupiah dengan lengan digulung dan celana hitam serta sepatu kets buatan dalam negeri itu tertawa ringan “He..he..he ya kalau orang tua kan hanya bisa merestui…”

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.