Mari kita bergandengan tangan…

28 Mar 2002 | Cetusan

Cuap-cuap lagi ah..:P hehehe

Pernah gak kita (tanpa diminta) memaafkan dengan bener2 orang yang nyakitin hati kita..? Bole sombong deh buat yang pernah…soalnya susah banget khan..pasti kebayang gimana dia bikin kecewa dan salah ke kita. Gimana dia bener2 bikin kita ngerasa yang terkecil, atau gimana dia bener2 bikin kita tuh yang bener2 harus dihilangkan.

Kadang karena keegoisan kita, kita juga kadang susah buat minta maaf ke orang yang pernah kita sakitin hatinya. Kayaknya terlalu rendah kalo aku yang harus duluan buat maafin dia walo aku ngerti kalo aku yang salah….kira2 gitu kali ya pikiran kita pas sesaat mau ngulurin tangan tanda damai dan gak jadi…

Hmmm…mari kita berpikir lebih jauh lagi. Bayangkanlah bagaimana kalo seluruh penduduk dunia ini saling menyakiti dan gak bisa mengampuni satu sama lain. Anggap jumlahnya 5 milyar…(hitungan kasar..karena pas aku nulis ini aku yakin ada natalis dan mortal) dan satu sama lain saling berselisih. Berarti ada 2,5 milyar perselisihan yang terjadi..belom lagi kalo satu orang memusuhi tiga pihak atau bahkan lebih..tapi sejenak kita nisbikan hal itu…

Nah dari 2,5 milyar perselisihan itu kalo dirunut lagi akan nyebabin paling nggak 2,5 milyar kubu juga..dimana satu sama lain saling dendam, saling tunggu buat serang dan musnahkan…dan jadinya..? ya bom waktu dan rasa gak nyaman buat sekian ratus juta bayi yang baru dan akan lahir di tengah tengah 2,5 milyar kubu itu…karena dia belum ngerti apa apa..dan yang pasti belum bisa bikin kubu juga..(dia butuh waktu 5 taonan deh buat bikin konflik dengan lingkungannya)

Hitungan di atas tentu aja gak masuk akal….:) bukan karena perselisihannya….akan tetapi lebih karena jumlahnya..karena bisa jadi angkanya lebih dari itu kalo satu orang memusuhi dua-tiga orang sekaligus..

Tapi bayangkanlah sebaliknya….pernah gak nonton video clipnya M. Jackson yang baru..yang isinya cuma nunjukin orang sedunia saling bergandengan tangan dan nyanyi bareng Jacko…aku pas nonton itu di suatu akhir minggu di rumah ngerasa kayaknya ademmm gitu video clipnya…gak ada gaya gayaan sang vokalis..gak ada capek-capekan ngeliat couple tampar-tamparan gak ada ngeliat jor-joran fashion para pemain musik dan model clipnya…tapi yang ada..hanya muka pasrah dari para penduduk dunia natap ke depan…saling gandeng…dan nyanyiin lagu bareng2…kayak gak ada gesekan sedikitpun diantara mereka…

Dan kayaknya imajinasi ya tetaplah imajinasi..karena pada saat si Jacko nyanyi gitu , di sisi dunia yang laen ya tetep aja ada pembunuhan…ada perselisihan, perceraian, sekongkolan…dan bla bla bla

Susah buat mencerna…? ahuahuahuaa….ya emang lebih baek gak terlalu mencerna tulisan ini, tapi lebih ke bertindak… Mari kita bertindak buat bikin dunia ini tetep dan kalo bisa lebih dari 5 milyar penduduk..gak usah gandengan tangan kayak di video clipnya Jacko, gak usah nyanyi bareng bareng ..karena jelas itu semua gak mungkin…tapi ya mari kita belajar buat bisa bilang “Aku maafin kamu..aku mencintai kamu..” ke semua orang yang pernah sakitin kita…atau kita juga bisa bilang “Aku minta maaf….buat semuanya yang mungkin bikin kamu sakit” ke semua orang yang pernah kita sakitin dan kecewain sekecil apapun itu…

Dan dunia pun bakal bener2 senyum buat kita…

PS: Malam ini, karena kasihNya, Dia rela buat basuh kaki kita, dan menghadapi sakaratul maut yang besok bakal menjemputnya….

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.