Mana yang lebih Indonesia: Agnezmo atau Maria Ozawa?

26 Nov 2019 | Cetusan

Jika pertanyaan di atas, Mana yang lebih Indonesia: Agnezmo atau Maria Ozawa kutanyakan saat ini ke netijen yang budiman, barangkali jawabnya akan ke Maria Ozawa!

Kenapa Maria Ozawa?
Karena foto Maria Ozawa mengenakan kostum kebanggaan sambil membentangkan bendera Indonesia saat tim sepakbola U-23 memenangi pertandingan melawan Thailand di Manila, Philipina beredar di media. Padahal kita tahu ia berdarah Jepang!

Agnesmo
Maria Ozawa (Foto by Antaranews)

Lalu Agnezmo?
Karena dalam penggalan wawancaranya dengan Build by Yahoo yang dibawakan Kevan Kenney, Agnezmo bilang tidak memiliki darah Indonesia. Rekaman itu memviral dan seperti biasa? jadi bulan-bulanan netijen yang budiman.

Agnezmo tak berdarah Indonesia?

Aku sebenarnya tergelitik untuk membahas istilah ?darah indonesia? tentu dari versiku sendiri.

Pernyataan Agnezmo bahwa ?I actually don?t have Indonesian blood whatsoever. I?m actually German, Japanese, Chinese ? I was just born in Indonesia? sebenarnya tak bisa dipersalahkan.

Agnezmo
Agnezmo

Apa yang dia katakan adalah sebuah kebenaran. ?Blood? di sini menyangkut pada keturunan etnis bukan kewarganegaraan. Maka benar bahwa ia tidak punya keturunan etnis indonesia. Ia keturunan etnis jerman, jepang dan cina.?

Lagipula, apa ada definisi etnis Indonesia?

Aku tinggal di Australia.
Ketika orang bertanya, aku berasal darimana, jawabku sederhana: Indonesia. Tapi kalau ditanya apakah aku berdarah Indonesia, aku akan menjawab bahwa aku orang Jawa.

Apakah Jawa adalah Indonesia? Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 berlanjut pada Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 hingga? kini ya masih tetap Indonesia. Tapi apakah Indonesia adalah Jawa? Ya tidak juga, buktinya Maria Ozawa bawa bendera Indonesia, kan?

?Kesalahan? Agnezmo menurutku satu. Ia sebenarnya tak perlu melibatkan frase pertama bahwa ia tidak punya darah Indonesia. Kalau aku jadi dia, cukup dengan berkata, ?I?m actually German, Japanese, Chinese born in Indonesia?

Indonesia adalah…

Wahai netijen yang budiman, mari sudahi semua ini.

Indonesia tak melulu soal darah dan tak melulu soal keturunan etnis kok. Indonesia juga bisa berarti sebuah experience, sebuah pengalaman, sebuah?kesan dan kesempatan.

Ketika aku bertemu sesama orang Indonesia lalu menyapa, ?Apakabar?? Aku merasa dibuai Indonesia!

Ketika aku mencecap rasa terasi dalam hidangan nasi goreng di sebuah restaurant di saat rumah makan lain tak melibatkan terasi dalam nasi goreng mereka, aku merasakan citarasa Indonesia! Ketika aku tiba-tiba berkaca-kaca saat mendengar lagu Indonesia Raya diputar di social media, aku Indonesia!

Jadi, lebih Indonesia mana, Maria Ozawa atau Agnezmo?

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.