Malaikat tak bersayap bagi sesama

2 Okt 2019 | Kabar Baik

Sebagai orang Katolik, hari ini kita memperingati hari para malaikat pelindung. Menurut Katekismus Gereja Katolik 336, setiap manusia, sejak anak-anak hingga kematiannya, malaikat mengelilingi kehidupan dengan perlindungan dan doa permohonan.

Jadi kalau dipikir-pikir, hidup sebagai orang Katolik itu benar-benar melegakan karena kita diajar untuk percaya bahwa sepanjang hidup, kita disertai Roh Kudus dan dikelilingi para malaikat.

Kodrat dan jabatan

Catatan menarik lagi datang dari Santo Agustinus. Cendekiawan Gereja terkemuka itu mengatakan tentang topik yang sama seperti dicatat dalam Katekismus Gereja Katolik sebagai berikut:

Kalau engkau menanyakan kodratnya, maka ia adalah roh; kalau engkau menanyakan jabatannya, maka ia adalah malaikat”?

Dari sini aku merenungi, kalau begitu kenapa kita yang masih hidup ini tidak menjadi malaikat bagi sesama?

Bisakah? Bisa! Meski kodrat kita adalah manusia yang terdiri dari daging, jiwa dan roh tapi kita bisa melaksanakan jabatan tersebut.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Dalam Kabar Baik yang ditulis Matius hari ini, Yesus menyampaikan kunciNya, ?…selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.? (lih. Mat 18:10)

Menjadi malaikat tak bersayap

Frase ?memandang wajah Bapa-Ku yang di surga? dalam konteks kodrat manusia bisa kita artikan sebagai ajakan untuk melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya (lih. Mzm 103:20).

Lho tapi kalau begitu, bukankah Yesus beberapa hari lalu bilang bahwa barangsiapa yang mendengarkan dan menjalankan perintahNya adalah ibu dan saudara-saudarNya? Dan hari ini berbeda? Mana yang benar?

Jangan bingung!
Semua benar dan kamu boleh jadi apa dan siapa saja kalau kamu sudah bisa benar-benar mendengarkan dan menjalankan perintahNya.

Maka, yuk fokus pada tugas dan pelayanan kita. Semakin menyempurnakan diri untuk menjadi malaikat bagi sesama meski tak bersayap?

Sydney, 2 Oktober 2019

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.