Konon ngeblog sekarang itu?

27 Okt 2017 | Harblognas

Konon ngeblog sekarang itu? udah nggak enak dan ketinggalan jaman. Kawanku yang influencer terkemuka berkata demikian. ?Bahkan Twitter pun udah nggak asik, Bro! Follower yang diperhitungkan itu di Youtube atau Instagram! Apalagi blog? Sounds so two decades ago!? Tapi tentu aku tak bergeming karena ngeblog bagiku bukan untuk menerbitkan atau menimbulkan gelombang influence.

Konon ngeblog sekarang itu? nggak menghasilkan duit sebanyak dulu. Kawanku yang seorang ?buzzer produk? membisikkanku begitu. Ngeblog panjang lebar duitnya lebih sedikit puluhan kali lipat ketimbang ngetweet atau? nge-vlog! Bermodal ?Hae guys!? tak peduli tampang yang penting sensasi (dan kadang memalukan dikit gak papalah) duit pun berdatangan. Tapi hal itu tak menggelitikku karena ngeblog bagiku tak kutujukan untuk hal-hal komersial.

Konon ngeblog sekarang itu? masih relevan kalau kamu membela pemerintah. Berani sensasi, berani nulis yang bombastis dan mendekat ke ormas yang dekat ke penguasa maka kamu aman. Sebaliknya kalau kamu membela yang ?bumi datar?, kata mereka, sensasi masih dapet tapi duit zonk karena makin banyak yang mulai ditangkep atau setidaknya di-polisi-kan. Lagi-lagi, meski aku membela yang benar, aku tak tertarik untuk menjatuhkan diri pada satu sisi dari yang saling berlawanan itu karena aku lahir untuk tegak berdiri tidak untuk dirundukkan baik oleh uang maupun kekuasaan.

Konon ngeblog sekarang itu? diluar urusan politik atau makanan atau wisata akan semakin tak terdengar. Pengunjung kalau mau ribuan atau puluhan ribu ya harus jadi seperti mereka. ?Kalau cuma nulis curhatan, keseharian apalagi nulis renungan Injil kayak loe mana bisa eksis, Bro?? Eksistensi itu tidak untuk dipertahankan. Ia dibangun dengan cara menulis bukan menulis apa dan tentang siapa ataupun pengunjungnya berapa.

Konon ngeblog sekarang itu? ditinggalkan karena selain urusan-urusan di atas ya karena terlalu banyak urusan diluar masalah ngeblog yang harus dihadapi dan diselesaikan. ?Repot aku kalau disuruh ngeblog terus. Nggak ada ide dan energi!? Aku juga tak punya energi tak pula ide tapi keduanya selalu datang menghampiri. Jangan-jangan mereka menghampirimu pula tapi kamu tak mengenali?

Konon hari ini, 27 Oktober 2017, adalah Hari Blogger Nasional? Oh ya? Kalau begitu Selamat Hari Blogger Nasional, Teman-teman. Aku sudah berhenti merayakannya karena aku bukan lagi seorang blogger, aku superblogger Indonesia!

Sebarluaskan!

2 Komentar

  1. Blogger yang selalu menjadikan daku semangat lagi untuk bikin posting

    Daku PriBlogger aja ah

    Balas
  2. Masukkkkk…. josssss

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.