Ketika Tuhan tidak mau meluluskan permintaan kita

11 Jan 2018 | Kabar Baik

Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, ?Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.”?(Markus 1:40) ?Tahir setara dengan sembuh, orang kusta itu ingin sembuh.?Lalu tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan. Ia menyembuhkan saat itu juga, “Aku mau, jadilah engkau tahir.” (Markus 1:41)

Apa yang bisa kita pelajari dari peristiwa itu?

Mau vs Tak Mau

Tuhan itu Maha Daya. Ia bisa melakukan apa saja sehingga ketika kita minta sesuatu namun tidak diberi itu bukan berarti bahwa Ia tak bisa memenuhi permintaanmu. Bisa saja karena Ia tidak mau atau belum mau.

Gerakkan hatiNya

Markus menuliskan hari ini bahwa Yesus tergerak oleh belas kasihanNya melihat orang itu maka Ia mau menyembuhkan. Jadi? Mari gerakkan hatiNya!

Caranya?
Tunjukkan ketidakberdayaan kita dan mintalah terus-menerus dalam doa, pepatah lama bilang Tuhan hanya sejauh doa.

Tapi bagaimana cara menunjukkan ketidakberdayaan itu? Apakah itu berarti kita diam saja saat misalnya kita minta rumah?

Salah besar!
Jika kita mau minta rumah, bekerjalah dengan keras supaya kamu punya uang untuk membeli rumah. Ketidakberdayaan bukan berarti menunjukkan bahwa kita tiada daya tapi pada bagaimana kita menunjukkan bahwa dengan daya sendiri, kita tidak akan bisa mendapatkan apa yang kita pinta. Kita butuh dayaNya!

Orang sakit kusta itu menunjukkan ketidakberdayaannya dengan jalan datang mendekat pada Yesus. Bayangkan jika ia tak mau melakukan apa saja dan diam di rumah, apakah ia bertemu Yesus? Apakah Yesus tergerak hatiNya dan apakah ia sembuh?

Ketika Ia tidak mau?

Mungkinkah Ia tidak mau? Kenapa tidak? Kan Dia Tuhan? Tapi sebagai sosok yang berusaha terus mengenaliNya lebih dalam, kita percaya Tuhan itu tak punya rencana buruk, Ia juga tak punya rencana baik. Ia hanya punya satu rencana yaitu rencana terbaik!

Ketika kamu minta rumah dan tak kunjung diberi mungkin memang bukan atau belum mauNya untuk memberimu rumah. Mungkin mauNya adalah supaya kita belajar menghargai dan berterima kasih kepada orang yang memberikan kita tumpangan tempat tinggal.

Jadi persiapkanlah diri selalu untuk menerima apapun yang menjadi kemauanNya dalam hidup ini. Kata d?Masiv dalam lagunya di bawah ini, kita tetap harus mensyukuri yang ada, hidup ini adalah anugerah so, tetap jalani dan lakukan yang terbaik!

Sydney, 11 Januari 2018

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.