Kaosasu.com

7 Feb 2019 | Cetusan

Akhirnya aku merilis situs web Kaos Asu, kaosasu.com.

Seperti yang barangkali sebagian dari kalian sudah tahu, sejak sekitar enam bulan lalu aku menjual kaos berdesign ?asu? melalui social media yang lantas kuberi brand ?Kaos Asu?.

Awalnya iseng tapi kok sambutan khalayak cukup bagus. Order terjadi berulang-ulang dan hal ini membuatku berpikir kenapa tak ?diseriusin? aja?

Konsep Kaos Asu tak ingin kujadikan hanya sebagai sarana jualan saja karena kalau memang untuk mencari uang, Puji Tuhan, aku sudah lebih dari cukup.?

Pesan Kaos Asu

kaos asu
Mbak Mareta mengenakan Kaos Asu

Kaos Asu, bagiku, harus memiliki fungsi yang lebih dari sekadar jualan merchandise. Aku jadi teringat kata Anton Ismael, sebuah karya harus memiliki pesan, harus menceritakan tentang hal apa yang dibawa kreatornya. Maka Kaos Asu pun harus demikian.

Tapi pesan apa?
Pesan utama seperti kutulis dalam laman ?Tentang Kami? adalah, “…adalah benggala.Tempat mengukur dan berkaca, adakah kita sudah lebih mulia daripada seekor asu, atau… sebaliknya”

Kaos Asu hadir sebagai rasa keprihatinan melihat bagaimana sebagian masyarakat hari-hari ini perilakunya lebih tidak mulia ketimbang asu. Tuhan dan agama dibawa-bawa untuk kepentingan sesat dan sesaat. Politik adu domba menghalalkan segala cara termasuk merunyamkan hubungan antar-manusia. Belum lagi perusakan alam yang tak kunjung henti setiap hari seolah alam adalah sesuatu yang tak bisa rusak karena polahnya.

Kerjasama

Hanya itu? Kurang!

Sebulan lebih merenung dan berbagi ide dengan kawan-kawan dekat, akhirnya aku menemukan titik temu yang lain bahwa Kaos Asu harus memiliki fungsi sosial! Fungsi sosial yang spesifik nan unik adalah dengan memberikan kontribusi pada bagaimana makhluk seindah asu itu mendapat perhatian masyarakat.

Dari situ aku lantas menghubungi beberapa penyayang anjing dan pegiat gerakan sosial penyelamatan anjing. Potensi-potensi kerjasama sudah kujajaki dan dalam waktu dekat, akan ada kerjasama yang kurilis untuk donasi bagi kegiatan-kegiatan mereka.

Mengawali rilis kaosasu.com, selain ada beberapa design kaos baru aku juga mengunggah karya kolaborasi Kaos DV x Toxic Tattoo Park. Aku dan Munir sejak Desember 2018 silam sudah merencanakan kolaborasi ini. Dan setelah ?memakan? beberapa design dan sesi elaborasi ide serta konsep, jadilah rilis Kaos Asu x ToxicTatoo Park yang pertama, Asu Ngguyu judulnya.

OK!
Segitu aja! Selamat browsing-browsing. Kalau ada rejeki lebih, ditunggu orderannya, Kakaks :))

Oh? sebelum ketinggalan, kenapa kaosasu.com kurilis tanggal 7 Februari 2019? Supaya bertepatan dengan ulangtahun perusahaan yang dulu kubangun sembilan belas tahun silam dan hingga kini masih begitu kokoh dan keren meski aku sudah tidak lagi bercokol di dalamnya.

Jadi sekalian deh, selamat ulang tahun Citraweb! Seperti yang pernah kutulis dan akan selalu tertulis ?You?ll be in my heart, always!?

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.