KABAR BAIK VOL.70/2016 ? Wahai Para Penyelidik Kitab Suci!

10 Mar 2016 | Kabar Baik

KABAR BAIK HARI INI, 10 MARET 2016

Yohanes 5: 31 – 47
Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar; ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar.

Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran; tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan.

Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu.

Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.

Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat, dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya.

Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.

Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah.

Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?

Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu.

Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.

Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?”

RENUNGAN

Aku terhenyak membaca penggalan perikop Kabar Baik ini,

?Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu. Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.?

? dan kalau aku jadi salah seorang yang hadir pada kesempatan itu, kemanusiaanku tentu akan berujar, ?Siapa sih orang ini kok berani banget ngomong begini??

Tapi itu kan dulu, Don! Sekarang udah nggak lah? kita percaya Yesus, kan!

Yakin??Hebat betul, aku belum bisa seperti itu!

Wah, kalau kamu belum bisa kenapa berani nulis Kabar Baik setiap hari?

Aku menulis Kabar Baik justru karena aku belum bisa? kalau sudah bisa, aku nggak akan nulis-nulis begini hehehe??Aku masih lemah dalam banyak hal.?Aku belum mau datang kepadaNya.. kalaupun mau, kedatanganku belumlah kontinyu.

Lho tapi kamu kan ke Gereja, Don?
Betul. tapi tetap itu tak berarti aku datang kepadaNya.

Lalu?
Bagiku, datang kepadaNya adalah memang benar datang ke gereja, menerima Tubuh dan DarahNya tapi? tapi dengan hati yang tulus nan bersih tak menyisakan satu perselisihan pun dengan sesama.

Datang kepadaNya juga berarti menanggapi panggilan ketika Tuhan datang melalui orang-orang yang berkekurangan di sekitar kita. Mereka yang teronggok kelaparan, kehausan, butuh perlindungan, butuh tumpangan dan mereka yang lemah tak berdaya karena dihimpit dan didiskirminasi seperti misalnya orang-orang LGBT, para penderita HIV/AIDS…

Nah, apakah aku benar-benar sudah datang kepadaNya??Tidak. Aku terlalu sibuk dengan Kitab Suci dan terlalu menyombongkan diri untuk datang kepadaNya, menghormatiNya.

Semoga kalian semua lebih baik daripadaku…dan doakanlah aku semoga makin menjadi baik…

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.