Kabar Baik Vol. 68/2017 – Minta, Cari dan Ketuk PintuNya

9 Mar 2017 | Kabar Baik

Kabar Baik Hari Ini, 9 Maret 2017

Matius 7:7 – 12
“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan?

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Renungan

Sebagai orang beriman, masih bolehkah kita punya mimpi untuk memiliki hal-hal yang sifatnya duniawi?

Salah satu mimpiku adalah untuk punya rumah atau apartemen hasil dari jerih payahku sendiri. Bukannya kebetulan, kedua almarhum orang tuaku memang tak punya warisan yang diberikan kepadaku jadi mau tak mau aku harus membanting tulang untuk meraih mimpiku itu.

Setiap kali melihat ada iklan rumah/apartemen dijual, atau mendengar seorang kawan baru saja membeli apartemen/rumah, kadang rasa pengen untuk mencapai mimpi itu membuncah dan kadang tak sabar kapan aku bisa mendapatkannya? Kapan harga rumah bisa murah? Kapan aku bisa seperti kawan-kawanku yang lainnya?

Beruntung aku sabar dan mau menerima apa yang kupunya saat ini serta mensyukuri sebagai hal terbaik yang diberikan Tuhan.

Kawan-kawan, Kabar Baik hari ini, bagiku adalah salah satu wujud bahwa kita boleh saja bermimpi, berangan-angan.

Tapi apakah cukup hanya dengan bermimpi maka kita akan mendapatkan semuanya? Kalau Tuhan berkehendak, dengan segala kemahadayaanNya tentu bisa saja! Tiba-tiba aku disodori sebuah kunci rumah gratisan untuk menjawab mimpiku. Tapi apakah memang itu yang dikehendakiNya?

Bagiku tidak!
Selain bermimpi, kita juga diminta Tuhan untuk berusaha keras meraih mimpi itu. ?Ada tiga jenis usaha yang dituangkan Yesus dan ditulis secara indah oleh Matius dalam Kabar Baik hari ini yaitu meminta, mencari dan mengetok! Tuhan tak mau kita hanya diam saja. Kita harus bergerak dan berproses. Kita harus ‘meminta’, ‘mencari’ dan ‘mengetok pintuNya!’

Ia tahu kita perlu roti, tapi kadang yang diberikan adalah sebuah ladang penuh gandum dan kita diminta untuk mengerjakan hingga masa panen, menghasilkan biji gandum yang siap diproses sebagai terigu lantas jadi bahan baku pembuatan roti.

Atau kadang Tuhan sudah memberikan kita sekantung terigu, plus telor plus gula dan mentega tapi karena kita belum tahu cara membuat roti, Ia meminta kita untuk belajar terlebih dahulu bagaimana cara mengolah roti yang tepat, meletakkan bahan baku dan mencampurnya…

Mungkin juga Tuhan suatu waktu memang memberikan roti langsung jadi kepada kita tapi bentuknya seperti ular dan kita malah ketakutan karena tidak percaya kepadaNya dan menganggap pemberianNya adalah ular beracun padahal bukankah kita minta roti?

Halloween Spooky Calzone Snake https://recipeland.com/recipe/v/halloween-spooky-calzone-snake-51186

Jadi, mari terus bekerja dan berusaha! Kita upayakan meminta, mencari dan mengetuk pintuNya melalui usaha-usaha yang diberkatiNya. Perkara roti apapun yang nanti diberikan, marilah kita syukuri sebagai hal terbaik yang diberikan Tuhan kepada kita.

Mari tetap bermimpi dan berangan-angan… eh tapi sebelum melanjutkan usaha meraih mimpi, yakinkah kamu bahwa yang kamu pinta memang roti? Karena jangan-jangan yang kamu mau itu sebenarnya kumbang beracun yang karena ketidaktahuan kita malah tampak seperti roti sehingga sebagai Tuhan Yang Pengasih, akankah Ia membiarkan ketika kita meminta sesuatu yang justru nantinya akan mencelakai diri sendiri?

Hayo!

Kabar Baik hari ini mengingatkanku pada sebuah lagu lama yang dulu kerap kudengar dan kunyanyikan saat ikut perayaan ekaristi di Gereja Katolik St Antonius, Kotabaru Yogyakarta.

Lagu indah ini berjudul ‘Ketuklah PintuNya’ karya YR Widadaprayitna, SJ dan Soeliandari Retno, simak di bawah ini dan nikmati serta resapi!

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.