Jogja, Setelah Setahun Berlalu

1 Okt 2009 | Cetusan

Tulisan ini memuat beberapa foto berukuran besar.
Perhatikanlah kapasitas koneksi internet Anda sebelum memutuskan untuk melanjutkan membuka halaman ini hingga tuntas.


Jogja dalam kenangan

30 September 2009 kemarin adalah tepat setahun aku meninggalkan Jogja.
Tadinya aku berpikir ingin menuliskan hal-hal yang indah; penuh kata-kata berbunga serta kesan yang barangkali akan membuat kalian berkomentar “Aduh Donny, so cute tulisanmu.. dalemmmm!”

Jogja dalam kenangan

Tapi akhirnya aku putuskan “tidak” saja :) Aku ingin sedikit egois, bukankahtak semua rasa bisa kuumbar di sini, bukan?
Mendingan aku hening saja, memandang satu demi satu foto lama yang kubuat saat masih di sana, menayangkannya di sini sembari mendengarkan Genk Cobra berceloteh tentang kota yang begitu dalam cintaku padanya.

Itu saja!

Jogja dalam kenangan

Ngayogyakarta
(Genk Kobra)

Witing kelopo jawoto ing ngarco podo
Pohon kelapa tumbuh di Arcapada

Jogja dalam kenangan

sak rukune niki genk Kobra
Inilah Genk Kobra

pancen nyoto kulo saking Surokarto
Memang nyata, kami dari Surakarta

njlajah nagri Ngayogjakarto
Berkelana ke negara Yogyakarta

Hegh!?

Ngayogyakarta kuthane aman berhati nyaman
Ngayogyakarta kota yang aman berhati nyaman

Jogja dalam kenangan

Kota Seniman, Kota Pelajar, lan Kabudayan
Kota seniman, kota pelajar dan kebudayaan

Reff:
Malioboro trus ngidul kuwi kraton yogya
Malioboro ke selatan itu Kraton Jogja

Jogja dalam kenangan

Kantor Pos Gedhe, ngarepe Senisono
Kantor Pos Besar, depannya Senisono

Ning dhek biyen, saiki wis ora ana
Tapi itu dulu, sekarang sudah tidak ada

Benteng Velderburg mbiyen panggonane Landa
Benteng Vreedenburh dulu tempat tinggalnya Belanda

Nggolek Gudheg ning Widjilan mesthi ana
Cari makanan Gudeg di Wijilan pasti ada

Jogja dalam kenangan

Ndelok Munyuk lan Gajah ning Gembira Loka
Melihat kera dan gajah di (kebon binatang) Gembira Loka

Arep santai ning laut, bablas kidul kana.
Mau santai di laut, pergi terus ke selatan sana.

Parang tritis Parang Ndok, Parang Kusuma
Parang Tritis, Parang Ndok, Parang Kusuma.

Bantul, Praja Taman Sari
Bantul, Praja Taman Sari

Jogja dalam kenangan

Ben ra ucul, ya digondheli
Supaya tak lepas, ya dipegangi

Sleman Sembada, eman-eman marai gela
Sleman Sembada, (terlalu) sayang, membuat kecewa.

Reff:
Tuku manuk ning Ngasem sor kulon Cemeti
Beli burung di Ngasem bawah barat Cemeti

Kaliurang nggon adem ning lereng Merapi
Kaliurang tempat yang dingin di lereng Merapi

Cemilane jadah tempe bacem ngangeni
Kudapannya jadah tempe bacem yang membuat kangen

Gua Slarong Ngelingake perang jaman Kompeni
Gua Selarong mengingatkan perang jaman kompeni.

Gadjah Mada IAIN Kalijaga UII
Gadjah Mada (UGM), IAIN Kalijaga (UIN Kalijaga) dan UII

Panggonane wong pinter sing padha studi
Tempatnya orang pintar yang sedang belajar

Stasiun Tugu, Lempuyangan nggon kreta api
Stasiun Tugu, lempuyangan tempatnya kereta api

Numpak sepur saka kana tekan endi-endi
Naik kereta dari sana bisa kemana-mana.

Gunung Kidul Handayani
Gunung Kidul Handayani

Bacut ucul angel nggoleki
Terlanjur lepas, susah dicari

Kulonprogo Binangun
Kulonprogo Binangun

Karo kanca mbok yo sing rukun
Dengan teman, ayo pada rukun

Ngayogyakarta kuthane aman berhati nyaman
Ngayogyakarta kota yang aman berhati nyaman

Kota Seniman, Kota Pelajar, lan Kabudayan
Kota seniman, kota pelajar dan kebudayaan

Reff:
Borobudhur, Prambanan kuwi candhi gedhe
Borobudur, Prambanan itu candi besar

Taman Sari pemandhian mung kari bekase
Taman Sari, pemandian yang tinggal bekasnya

Tari Srimpi lan Gambyong sagamelane
Tari Srimpi dan Gambyong serta gamelannya

Yen ditonton mesthi wae yo nyenengake
Kalau ditonton pasti menyenangkan.

Dhaerah Yogya ana papat kabupatene
Daerah Jogja terdiri empat kabupaten

Gunung Kidul, Sleman, Bantul, Kulonprogo batese
Gunung Kidul, Sleman, Bantul, Kulonprogo menjadi batasnya

Dalad, Sangi, lan Nyothe kuwi basa premane
Dalad, Sangi dan Nyothe itu bahasa preman(prokem)nya

Yen tak pikir aku mesti kekelen dewe
Kalau kupikir aku pasti jadi tertawa geli sendiri.

Sanga Papat, punjul enem,
Sembilanpuluh empat, lebihnya enam

Menawi lepat, nyuwun ngapunten
Kalau ada kesalahan, mohon dimaafkan

Sanga Papat, punjul enem,
Sembilanpuluh empat, lebihnya enam

Kula niki, lulusan Pakem
Saya ini, lulusan Pakem (RSJ Pakem)

Sikil Gudhik, aja dikukur lan dithithil
Kaki berborok, jangan digaruk dan dicabuti

Tangan reged aja nggo uthik-uthik upil
Tangan kotor jangan dipakai untuk mengupil

Sirah mumet lan ngelu padha ngombea pil
Kepala pusing segeralah minum pil

Dadi uwong sing pinter aja dadi pokil
Jadi orang yang pintar jangan jadi pelit.

Sebarluaskan!

46 Komentar

  1. bagus tuh gambarnya

    Balas
    • Thanks

      Balas
  2. ow, lagu Genk Kobra yg kamu woro2kan di FB kemarin jadi tulisan ini to Don? yo wis, selamat nostalgia. dan aku wis cepak tiket mulih Jogja ki. besok aku ceritain bagaimana kabarnya Jogja ya! hehe

    Balas
    • He eh hehehehe.. kirim salam dinggo Jogja yo Kris…

      Balas
  3. Jogja, truly Asia :D

    Balas
    • Yup!

      Balas
  4. Nah, lagu macam ini mesti dilestarikan. Kalo nggak, bisa diklaim milik negara lain. hehe…

    Balas
    • Betul! Tapi meskipun di klaim apa mereka ya ngeh bahasa Jawa ? :))

      Balas
  5. iki lagi kangen mesti wkakakakakakaa peringatan sebelum membaca tidak berlaku untuk GENTHOKELIR wakakakaka

    Balas
    • Hahahahhaa, iyo jhe Kang.. kangen aku.
      Nek aku bali aku mesti mampir GunungKelir ketemu kang mas gentho :)

      Balas
  6. fotonya benar2 bercerita..
    saya juga senang denger lagu ini..
    kpn lagi ke jogja..? :D

    Balas
    • Hehehehe.. saya ke Jogja tahun depan barangkali… akhir tahun depan…

      Balas
  7. Don, aku seneng foto handle pintu karo sepedamu. Uapiiik tenaaan ….
    Lha kuwi, Geng Kobra, aku yo seneng banget je. Jan, yogjo tenan. Lagune lucu-lucu, orisinil …

    Balas
    • Suwun, Bu :)

      Balas
  8. Dah satu tahun lebih nggak ke Jogja

    Balas
    • Sama!

      Balas
  9. fotonya justru tampak lebih indah ketimbang aslinya, mas don. meski berada di negeri seberang, saya percaya, jogya tak akan pernah mati di dada mas donny, hehe ….

    Balas
    • Wah, Pak Sawali berlebihan hehehe saya baru belajar Pak…

      Balas
  10. Don, foto-fotomu bisa mengungkapkan lebih dari 1000 kata.

    Balas
    • Makasih, Bu… Saya memang kangen banget sama Jogja :)

      Balas
  11. rindu kampung halaman nih :)

    Balas
    • Sama hihihi

      Balas
  12. Terhanyut kemistisan Yogya
    Ah rindu pulang (lagi)
    Oh Dec lah datang!
    Your photos actually speak louder than any words here…

    Balas
    • makasih.. kamu pasti inget jogja soalnya kamu inget hadiah laptopmu hehehehe

      Balas
  13. test 123

    Balas
  14. As always…muantabhh…
    Jadi, keahlianmu memotret dah berlangsung lama tho, dab? :-D

    Balas
    • Ah, salah Bung.. yang benar adalah saya udah berusaha belajar motret sejak lama :)

      Balas
  15. wah.. jadi kangen jogja..
    udah lama gk pulang kampung neh..
    kangen suasana & orang-orang nya…

    Balas
    • Hehehe sama.. saya juga kangen…

      Balas
  16. photonya bagoes-bagoes! Akoe serasa terdampar di Jogja nich!! Photo-photomu mewakili perasaanmu.

    Balas
    • Makasih :)

      Balas
  17. wuih……keren2 fotonya, mas… apalagi yang di pantai….

    Balas
    • Makasih :)

      Balas
  18. “Gadjah Mada IAIN Kalijaga UII”
    kok UKDW ra ono…

    Balas
    • GHeheheheheh gawe lagu dhewe wae ben UKDW ne ono :)_

      Balas
  19. jogja banyak meninggal kan kenanan buat ku….

    Balas
    • Sip! Sama…

      Balas
  20. jogja,,kota pendidikan dan kota budaya yg selalu enak dikunjungi dr sudut manapun juga

    Balas
    • Hehehehe betu;l!

      Balas
  21. Speechless liat foto-fotonya.. Awesome :-)

    Balas
    • Thanks!

      Balas
  22. Liat foto-foto keren ini jadi inget lagunya Katon “Jogja cinta tanpa akhir” sayang ndak ada poto Merapi ma Prambanan ya mas,, Jogja ki pancen ngangeni,,,

    Balas
    • Ada foto merapi dan prambanan tapi nggak saya pasang.. :) Betul, Jogja ngangeni…

      Balas
  23. keren bgt ya! jogja itu memang menang dengan berbagai hal yg misterius…dan foto2mu itu loh…huhehehehehe keren!!!
    mas…itu foto di edit atau udah dari sononya?

    Balas
    • Foto yang kuedit habis2an cuma foto pantai itu… selainnya hanya adjustment color ajah, malah beberapa masih ada yang pake kamera film kok, waktu itu belum kuat beli digital :) Thanks :)

      Balas
  24. Untukku sendiri, berarti sudah tujuh tahun aku meninggalkan kota tercinta itu, dan sampai detik ini pun masih selalu rindu ingin “pulang”, atau menetap kembali disana (lagi). Mungkin nanti, kalau ada suratannya demikian :)
    Tapi mungkin, yang paling aku rindukan adalah suasana waktu kita masih “muda” dulu, dan sedikit “yak-yakan”. Mudah-mudahan kita bisa kumpul dan ketawa bareng lagi, Mas Don! :D

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.