Jangan gengsi untuk takut kepada Tuhan

28 Jan 2018 | Kabar Baik

Setelah kemarin Tuhan menghardik alam (angin dan taufan) hari ini Markus menuliskan Yesus menghardik setan.

Ada beberapa hal yang bisa kita petik dari Kabar Baik ini. Pertama, setan pun mengakui ketuhanan Yesus dengan menyebutNya sebagai yang kudus yang datang dari Allah. (Markus 1:24)

Kedua, setan menuruti apa yang dikatakanNya. Ia keluar saat diminta untuk keluar dari tubuh seseorang (Markus 1:26). Dan yang ketiga menurutku adalah yang paling penting, setan takut kepadaNya (Markus 1:24)

Beberapa waktu silam ketika aku berkata pada seorang teman bahwa aku mengajarkan anak-anakku untuk takut kepada Tuhan, ia berkomentar, ?Kenapa kamu mengajarkan anak-anakmu takut kepadaNya seolah Tuhan adalah sosok yang menakutkan??

Bagiku takut tidak terkait dengan apakah sosok yang kita takuti itu menakutkan atau tidak. Takut juga bukan melulu seperti seorang budak yang takut kepada tuannya sehingga ia bekerja supaya tidak dihukum dan menerima upah.

Takut pada Tuhan adalah ?ketakutan yang indah?. Malah menurut Katekismus Gereja Katolik 1845, takut akan Allah adalah salah satu dari tujuh karunia Roh Kudus yang diberikan kepada manusia.

Jadi, takut akan Allah adalah karunia.

Pastor Jordan Aumann, O.P dalam bukunya yang berjudul ?Spiritual Theology? seperti kukutip dari laman ini?mengungkapkan bahwa takut akan Allah justru memampukan orang untuk menghindari dosa dan menghindari cinta/kelekatan pada barang-barang duniawi lebih dari rasa cinta dan hormat kepada Tuhan.

Beda dengan rasa takut yang dipunyai setan.?Mereka takut karena tahu telah bersalah melanggar aturanNya. Mereka juga takut karena mereka bisa dan pada akhirnya memang akan dibinasakan untuk selama-lamanya (Wahyu 20:10).

Jadi? Ayo! Jangan gengsi untuk takut kepada Tuhan. Syukurilah itu sebagai karunia!

Sydney, 28 Januari 2018

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.