Apa sih enaknya punya anak?

13 Feb 2012 | 150 kata, Cetusan

Nggak enaknya sih buanyak!
Repot.
Khawatir.
Ngga bebas.
Mesti ini.. mesti itu.
Tapi sebentar…?Dalam pandanganku, punya anak itu perkara ?Roh?, bukan dominasi ?tubuh? bukan pula ?jiwa? jadi sebenarnya tak bisa lah ia diukur ?enak – tak enak? – nya. Kenapa? Karena punya anak itu kodrati. Kamu adalah anak bapakmu dan anakmu punya bapak, kamu dan kamu tak bisa melepaskan diri dari semua itu karena perkara anak-beranak lantas menjadi hukum alam yang tetap.
?Tapi, Don.. masa tak punya satuuu saja apa enaknya punya anak?? tanya teman suatu waktu, memaksa.
“Baiklah kalau harus dijabarkan. Enaknya punya anak memang hanya satu yaitu, kita bisa menganggap segala yang nggak enak itu tadi jadi sesuatu yang mengenakkan!?
 

 
Terimakasih, Odilia.
Hari ini, genap dua tahun kau buat aku menjadi seorang ayah dan istriku seorang ibu. Selamat ulang tahun, Nak :)
Credit photo: Wijaya Trio

Sebarluaskan!

53 Komentar

  1. Selamat Ulang Tahun, Odilia!
    Sehat selalu ya :)

    Balas
    • Makasih, Tante :)

      Balas
  2. entah ya Don, enak atau nggak enak, aku nggak tahu bakal punya anak atau enggak… :))
    Odi nggak usah lekas-lekas dewasa, biar bapak dan ibumu puas memangkumu.
    *kiss kiss…

    Balas
    • Heehehe, Yo, eh ini nick baru ya?, bakal atau nggak bakal punya anak toh kamu tetap bahagia dan pasti akan dibahagiakan Tuhan

      Balas
  3. Anak adalah keajaiban terbesar dalam hidup
    Semua yang tidak enak memang menjadi asyik dan membanggakan

    Balas
    • Benar, Bung! Sahih!

      Balas
  4. waahh odillanya lucu banget.. pasti masa lucu2nya yak umur segini..
    selamat ulangtahun odilla.. semoga barokah :)

    Balas
    • Makasih, Mbak doa2nya :)

      Balas
  5. Sekali lagi selamat ulang tahun untuk Odi….
    Suamiku tadinya tidak mau punya anak! Tapi begitu dia berinteraksi dengan bayi adikku, dia mau! Dan benar, punya anak itu memang sulit tapi HANYA mereka yang membuat kita bersemangat hidup dan berusaha, sambil dihibur mereka. Untuk seorang ibu, hubungan DARAH yang kental membuat seorang ibu yakin bahwa dia harus tetap hidup untuk anak-anaknya dalam siatuasi apapun. Anugerah Tuhan yang terbesar.
    Anak-anak adalah PERMATA.

    Balas
    • Indah nian komentarmu, Imelda..!

      Balas
  6. selamat ulang tahun Odilia … semoga terus membahagiakan bapak & ibu yah hihihi~

    Balas
    • Amin, Paklik.. eh Pakdhe :)

      Balas
  7. Ah Don.
    Aku terharu bacanya.. Punya anak adalah berkah yang tak bisa direplace dengan apapun…
    Odilia cantik, selamat ultah ya.

    Balas
    • Makasih, Nan tulang :)

      Balas
  8. selamat ulang tahun, Odi …
    semoga jadi anak yang menjadi berkat buat sesama ya! :)

    Balas
    • Nuwun, Bulik..:)

      Balas
  9. Selamat bertambah umur Odilia.. semoga panjang umur dan tentunya bahagia selalu..
    *seperti biasa, beberapa hari lagi giliran putri saya yang ulang tahun :-)

    Balas
    • Thanks, Bli! Iya, selamat menyambut ultah ya untuk putrinya :) Nanti pas ultah diposting ya :)

      Balas
  10. Selamat ulang tahun odilla

    Balas
    • Thanks, Om :)

      Balas
  11. selamat ulang tahun odilla cantik!semoga lekas dikasih adik ya sama papa mama,xixixi..
    anak adalah harta yang paling berharga bagi orang tua, hugs and kiss bwt odi

    Balas
    • Amin… semoga cepat punya adik :)

      Balas
  12. Oh,.. Ultah tho….
    Selamat ulang tahun Odilia :D

    Balas
    • Thanks! :)

      Balas
  13. selamat ulang tahun buat si kecil… salam dari Omnya…
    nice point of view…

    Balas
    • Thanks, Om :) Hehehe…

      Balas
  14. Selamat Ultah Odi, semoga sehat selalu dan menjadi kebanggaan Mama Papa. Amin

    Balas
    • Thanks, Tante.. doakan ya…

      Balas
  15. Selamat Ulang Tahun, Odilia! Mirim sama mas Donny ya.. *yaiyalah anaknya*

    Balas
    • Hehehe mirip ya? Makasih :)

      Balas
      • Mirip Joyce ah! :)

        Balas
  16. bener don .. anak itu anugerah terindah .. walaupun buandell-e polll, brantem sampe guling2an bikin stress kadang2 untuk keusilan2 nya …. tapi itu yang bikin aku lebih semangat dalam segala hal … kalo lagi bete, inget anak2… kalo lagi sedih, inget anak2… kalo udah mentokkk… inget anak2 ….
    selamat ulang tahun odi … panjang umur, sehat selalu, …. Tuhan memberkati …

    Balas
  17. Fotonya keren sekali, jempol untuk Jaya juga untuk Odi dan Papa tentunya yg jadi model :)

    Balas
  18. Loh, ternyata udah 2 tahun jadi ayah toh? Kalau gitu saya enaknya manggil Mas Donny atau Pak Donny nih??? hehe… :P
    But, met ultah juga buat Odilia, semoga sehat selalu :)

    Balas
  19. Sekali lagi met ultah ya Odilia :)
    Saya melihat anak lebih sbg anugerah drpd kodrat, krn kodrat tak bs ditolak sedangkan jaman sekarang ada kb jew hihihi tapi mau kodrat atau anugerah marilah mensyukuri anak jangan menjadikannya sebagai beban :)

    Balas
  20. Selamat Ulang Tahun Odi…..semoga menjadi anak yang sehat, cerdas dan baik seperti papa mamanya.
    Jadi ingat obrolan ibu-ibu di kantor:
    Apa tujuanmu menikah?
    1. Supaya bisa melakukan hal-hal yang bebas bersama suami, soalnya aku cinta banget sama dia. Tapi aku nggak pengin punya anak sebetulnya, cukup satu aja…sakitnya bukan main saat melahirkan.
    2. Wahh saya penginnya punya anak, saya suka anak kecil. Tapi kalau pengin punya anak kan harus nikah, nggak mungkin kan hamil tanpa nikah.
    3. Punya suami itu enak lho…bisa buat nakut-nakuti….kalau kita mau menolak tawaran orang, kita bisa bilang, aku tanya suami dulu ya. Atau bisa langsung jawab, …aku sih pengiiin..tapi suamiku nggak suka.
    Nahh Don…kira-kira aku masuk yang mana ya?

    Balas
  21. Kalo punya banyak duit sih maunya koleksi anak yang banyak karena aku suka sekali anak2 apalagi anak sendiri…heee…

    Balas
  22. punya anak itu seru, karena kita jadi berkaca.
    waktu mau ngomongin anak jadi mikir, karena berasa ngomong sama diri sendiri :D
    kalau yang gak punya anak karena situasi tertentu (gak bisa punya anak atau penyakit, dll) masih bisa dimaklumi. tapi kalau ada yang gak mau punya anak karena alasan repot, bagiku orang itu adalah orang yang paling menyedihkan karena tak bisa merasakan betapa buaahaaagianyaaa melihat anak sendiri :)
    selamat ulang tahun, Odi :) semakin bertumbuh dan sayang papa mama :)

    Balas
    • Thanks, doanya:) Jadi… mau nambah satu lagi, Fem?:)

      Balas
      • hooooo belonnnn… masih kecil, kesian :p
        tunggu kamu dulu aja yang nambah :D

        Balas
  23. wow selamat ulang tahun nak :) semoga selalu sehat dan pintar
    *mas suka buku2nya ayu utami juga? :)

    Balas
    • Hehehe makasi doanya… Iya saya koleksi bukunya sejak Saman :)

      Balas
  24. Wah.. kalo punya anak sih aku sendiri blom mengalami, jadi kalo di tanya APA sih enaknya punya anak? jawabku g’ tau tapi kalo aku ditanya apa sih enaknya bikin anak? Hmmm…. (Pikir sendiri dah jawabanya apa) :D

    Balas
  25. met ultah ya buat anaknya…
    salam kenal n sukses selalu :)

    Balas
  26. Kondone gawene sih enak, Mbah. :)

    Balas
    • Kondone bojone isnuansa yo? *eh

      Balas
  27. selamat ulang tahun bagi anaknya ya pak.

    Balas
    • Makasi, Mas :)

      Balas
  28. Whooaaaa selamat ultah nona kecil, makin cantik aja iiih ;)
    Aku masih belom berani punya anak, Don! :mrgreen:

    Balas
    • lha knapa takut? menyenangkan kok.. hayuk dibuat *eh

      Balas
  29. Hemm…
    Meski telat sekian hari, ku tetap nekad tuk ngucapin “Have a nice b’day” buat Odii…
    Jadilah lebih dari sekedar Bapak dan Ibumu ya naakkk…!

    Balas
    • Makasi doa2nya, Lik Tri :)

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.