Hari Penampakan Tuhan dan Pilkada

7 Jan 2018 | Kabar Baik

Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia. (Matius 2:2)

Hari ini Gereja Katolik seluruh dunia memperingati Hari Raya Penampakan Tuhan atau biasa dikenal sebagai Epiphany.

Tiga Orang Majus datang mencari Yesus. Mereka melihat bintang di timur dan melalui tuntunan bintangNya itulah mereka akhirnya datang untuk menyembahNya.

Pengalaman melihat bintangNya atau ?epiphany? adalah pengalaman pribadi mereka, tiga majus itu, dan juga kita semua. Setiap hari kita ditantang untuk hidup di dalam terangNya karena dalam terang kita melihat Tuhan.

Hari-hari ini partai politik di Indonesia sibuk mengumumkan calon-calon pejabat daerah untuk persiapan bertarung dalam Pilkada serentak tahun ini. Tugas dan godaan mereka tentu tak ringan. Mereka harus bekerja keras, membuat janji, mendekati warga untuk mencari simpati.

Marilah kita berdoa supaya para calon mengalami ?epiphany?, mendapatkan terang Tuhan. Sehingga pertarungan yang akan mereka lakukan adalah pertarungan untuk ?adu cepat? mencapai terang itu bukannya memerosokkan diri dalam kekelaman, kecurangan dan nafsu saling menghancurkan hanya demi kemenangan.

Ketika mereka kalah, mari kita tetap mendukung mereka supaya tetap ada di dalam terangNya, mengabdikan diri toh tak melulu harus jadi pimpinan, kan?

Ketika mereka menang, semoga kemenangan itupun tidak dijadikan alat untuk memuliakan diri sendiri, bukan pula partai politik yang mengusung tapi memperjuangkan rakyat yang dipimpinnya dalam iman mereka terhadap Tuhan.

Jadi kalian pilih siapa? Oh! Golput?

Sydney, 7 Januari 2018

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.