Gugus sepuluh ? lagu-lagu paling kerap kudengar 2017

18 Des 2017 | Gugus Sepuluh

Ini adalah salah satu dari rangkaian catatan akhir tahun 2017 yang kuberi nama Gugus Sepuluh.?Semacam kaleidoskop kalau jaman TVRI dulu. Aku menyusunnya berdasarkan hal-hal yang menurutku menarik (untuk diriku sendiri) dengan menguguskannya per-sepuluh atau yang di media lain biasa dikenal sebagai ?top sepuluh? atau ?top ten?. Selamat menikmati!

#10 Thunder

Artis: Richie Kotzen
Album: Salting Earth

Richie Kotzen adalah salah satu musisi yang kuidolakan karena kemampuan musikalitasnya yang mumpuni. Mantan gitaris Poison dan Mr Big itu juga jago main keyboard/piano serta gape bernyanyi.

Agustus lalu aku menonton konser solonya di Sydney, berdiri di deretan paling depan di bibir panggung. Sayang ia datang tak bersama The Winery Dogs, band kolaborasinya dengan Bill Sheehan (Mr Big/Bass) dan Mike Portnoy (x- Dream Theater dan x-Avenged Sevenfold/Drum).

#9 Perfect

Artis: Ed sheeran
Album: ?

Aku bukan penyuka Ed Sheeran sebetulnya tapi rasa cinta itu muncul karena terbiasa, kan? Di radio aku sering dengar lagu ini, di gym juga diputer bahkan pengamen di pinggir jalan kota Sydney tak jarang memainkan lagu ini. Alhasil? Suka!

#8 Forever and Back

Artis: Mr Big
Album: Defying Gravity

Lagu ini memiliki reffrein megah yang mengingatkanku pada era glamrock akhir 80an hingga awal 90an, sebelum musik alternatif yang biasa dikenal sebagai Seattle sound menjajah dunia melalui Nirvana, Soundgarden, Pearl Jam dan masih banyak lagi.

#7 Liability

Artis: Lorde
Album: Melodrama

Banyak yang lebih suka lagi Greenlight dalam album terbaru kiwi milenial yang bertajuk Melodrama ini, tapi aku lebih suka Liability. Cara Lorde bernyanyi di lagu ini.. manjanya dapet, garangnya juga kena! Dua hal pembangun konstruksi keseksian. Lorde memang seksi!

#6 Lift

Artis: Radiohead
Album: OK Computer

Radiohead tak pernah mengecewakanku sejak dulu! Musik nyeleneh nan dalam adalah karakter mereka. Lagu ini lagu lama tapi dihadirkan dalam videoclip yang baru nan menarik tapi lagi-lagi nyeleneh.

#5 Akad

Artis: Payung Teduh
Album: – (Single)

Tak ada yang tak demam ?Akad? sepertinya??Pun aku juga demikian! Bukan karena soal bagaimana sang vokalis yang konon marah karena lagu ini banyak dicover, tak juga karena sang vokalis akhirnya keluar dari Payung Teduh. Alasanku suka cuma satu: enak!

#4 American Soul

Artis: U2
Album: Songs of Experience

Album keren SoE ini konon diundur perilisannya karena perubahan politik dunia yang membuat Bono (vokalis) harus berpikir ulang tentang tema album. Tentang keluarnya Inggris dari EU (Brexit) serta terpilihnya Donald Trump secara mengejutkan dalam Pilpres Amerika serikat.

Lagu American Soul menarik karena liriknya menyalak. Bagian paling suka adalah munculnya ?kosakata? baru, Refujesus yang lahir dari ?refugee? dan ?jesus?,. Artinya? Silakan dimaknai sendiri, tak semuanya harus diseragamkan di dunia yang berbineka ini, Kawan!

#3 You Shook Me All NIght Long

Artis: AC/DC
Album: Back in Black

Selalu ada satu artis asal Australia yang menghuni library Apple Music-ku. Tahun ini adalah tahun AC/DC, mega grup rock asal Australia yang baru saja berduka karena kehilangan eks gitarisnya itu, Malcolm Young.

#2 Life on Mars?

https://www.youtube.com/watch?v=v–IqqusnNQ

Artis: David bowie
Album: Hunky Dory

Lagu Life on Mars ini sebetulnya tidak menceritakan tentang bagaimana hidup di Planet Mars. Tapi karena tahun ini aku sering terinspirasi Elon Musk, enterpreuner yang juga adalah ilmuwan yang sedang mengusahakan sistem tranportasi antar-planet, aku jadi suka lagu itu.

Nggak nyambung, kan?

#1 Golden Slumbers/Carry That Weight/The End

Artis: Beatles
Album: Abbey Road

Tiga lagu jadi satu, aku suka dengan mood yang timbul ketika mendengarkan ketiga lagu yang ada di album Abbey Road ini.

Terlebih ketika lagu ini dirilis ulang jadi soundtrack film Sing, dinyanyikan di bagian awal film, megahnya keterlaluan!

* **

Selain kesepuluh lagu di atas, catatan harus kuimbuhkan dalam tulisan ini adalah tentang lagu-lagu yang kubuat di tahun 2017. DV membuat lagu? Sejak dulu sebenarnya, tapi berhenti dan kini kugiatkan lagi.

Beberapa lagu yang sudah kurilis di social media adalah sebagai berikut:

?Salam Maria

Salam Maria (DV x Ari Wulu)

Bapa kami ?Ceria?

Rama Kawula ?Sumringah? (Bapa Kami Bahasa Jawa)

Playlist dari semua lagu-lagu yang kusebut di atas bisa dinikmati secara utuh di sini:

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.