Godaan dan tantangan musim panas di Australia

15 Des 2016 | Australia, Cetusan

Di Australia, musim panas itu ganas!

Merentang dari 1 Desember hingga 28 Februari (kalau tahun kabisat sampai 29 Februari), musim panas di Australia menghadirkan begitu banyak godaan dan tantangan. Apa saja? Simak di bawah, Gan!

#Ultra Violet

musim panas

Di balik keindahan langit cerah nan biru tanpa awan, ada bahaya mengancam yaitu sentoran ultraviolet dari sinar matahari. Di Australia kadang intensitasnya sampai ke level ekstrim, 14!

“Wah, bisa jadi item dong!” Nggak hanya item karena kalau item gosong orang-orang bule malah suka. Bahaya yang lebih parah adalah eksposure sinar UV ke kulit bisa mengakibatkan kanker kulit!

#Suhu Panas

Musim Panas di Australia identik dengan suhu udara yang kadang bahkan bisa menggapai-gapai angka di atas 40 derajat celcius! Malah, 2010 silam aku pernah menjadi saksi pencapaian suhu tertinggi di Sydney dalam 100 tahun terakhir. Waktu itu suhu mencapai lebih dari 46 derajat celcius! (Kalian bisa simak di sini pengalamanku itu!)

musim panas

Perhatikan perubahan suhu per-jam-nya.

Di Australia Selatan bahkan suhu di atas 50 derajat adalah hal yang biasa terjadi selama musim panas. Kamu membayangkan air setengah matang, kan? Aku membayangkan telor ditaruh di atas aspal jalanan akan jadi setengah matang!

#Jam tidur memendek

musim panas

Aku tak tahu apakah kamu juga merasakannya, tapi jam tidur selama musim panas itu memendek karena matahari baru tenggelam sekitar pukul 8 malam dan sudah terbit lagi jam 5:00 pagi!

Meski jendela ditutup, AC dinyalakan untuk menurunkan suhu kamar tetap saja begitu…

#Larangan menyalakan api

musim panasPanasnya suhu udara ditingkahi dengan tingkat kekeringan yang amat tinggi membuat Australia rentan terjadi kebakaran baik itu kebakaran hutan (bushfire) maupun kebakaran di perkantoran dan perumahan.

Pada hari-hari tertentu di wilayah-wilayah yang juga ditentukan kita dilarang untuk memantik api dengan alasan apapun. Dilarang keras-keras pula untuk membuang puntung rokok sembarangan. Kenapa? Khawatirnya itu akan menjadi awal dari kebakaran yang hebat. Malah kini muncul aturan untuk mematikan mobil secepatnya ketika berhenti karena asap knalpot yang keluar dan mengenai rumput, daun atau apapun medium yang tak kedap api itu membahayakan karena bisa memicu terjadinya kebakaran.

#Larangan menggunakan air secara berlebihan

musim panas

Musim panas juga identik dengan intensitas hujan yang menurun. Untuk memastikan persediaan air yang digunakan untuk menggerakkan lini hidup masyarakat tercukupi, pemerintah menerapkan aturan untuk tidak menggunakan air selain untuk mandi dan minum. Jadi kalau mau siram-siram tanaman atau cuci mobil menggunakan air? Ketauan tetangga bisa dilaporin dan kita kena denda!

#Kurang ‘bahan’

musim panas

Karena suhu yang panas membuat badan gerah, banyak orang Australia memilih mengenakan pakaian seadanya hingga mereka tampak seperti ‘kekurangan bahan pakaian’.

Yang cewek banyak yang hanya mengenakan bra dan celana pendek super-duper ketat berlalu lalang kesana-kemari. Ada juga yang bahkan nggak pakai bra lalu pakai singlet yang aduhai menggoda. Yang cowok nggak mau ketinggalan. Mereka malah buka baju, mengenakan celana pendek begitu saja.

Don, dmana letak godaan dan tantangannya untuk hal yang satu ini?
Sebagai lelaki normal, jelas memandang lawan jenis yang berpakaian serba minim dan ‘kurang bahan’ itu ya menyenangkan. Tapi kan bukan muhrim? Makanya kuanggap ini sebagai sebuah godaan…

musim panas

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.