Dua belas!

17 Feb 2014 | Cetusan

Bagiku, sejarah itu akan selalu berpasangan dengan bukti.?Tanpa bukti, ia tak ubahnya seperti sebuah dongeng. Yang percaya bisa jadi korban perdayaan ketika itu menjadi sebuah kebohongan, yang tak percaya bisa melanjutkan berada di lajur orang-orang yang tak mudah percaya, tentu saja.

Hal itu pulalah yang kupegang ketika aku memutuskan mengangkat sosok Sam Ardi sebagai blogger terlama dalam sejarah karena ia tak hanya berani bilang ?Aku ngeblog sejak 1999!? tapi memang ketika kulongok ke blognya, ada arsip yang menyatakan bahwa memang benar-benar ada posting yang dibuatnya tahun itu!

Anyway, tanggal 12 Februari 2014 kemarin adalah hari peringatan bagiku karena telah ngeblog selama 12 tahun belakangan.

Mungkin kalian bertanya, bukankah baru desember kemarin blog ini berulang tahun yang ke-6? Benar! Blog dengan domain name DonnyVerdian.Net ini memang berulang tahun ke-6 Desember kemarin. Dalam sejarahnya, aku tak hanya menggunakan domain name DonnyVerdian.Net ini. Jauh sebelum itu, aku menggunakan donnie.or.id (2002 – 2009), donnyverdian.com (2004 – 2005) serta sebuah sub domain under friendster (aku lupa tapi semua tulisannya sudah ku-copy di sini pada awal-awal pemunculan blog ini, akhir 2007 silam).

Ya, pada hari itu, tahun 2002, untuk pertama kalinya di domain name donnie.or.id aku memposting tulisan yang kuingat waktu itu terkait dengan pernikahan kawan baikku, Adhit Omphonk.

Tapi bagiku, hal tersebut juga sebenarnya masih ambigu untuk kuhadirkan di depan khalayak karena ketika ada orang yang bertanya, ?Buktinya mana?? aku kelimpungan karena tak mampu menghadirkan bukti. Seluruh isi database website tersebut lupa kucopy ke external drive waktu pindah ke Australia 2008 silam, dan tak lama kemudian seluruh isi server dipindah ke tempat baru dan aku tak kuasa mencari kemana larinya postingan-postinganku? Apa mau dikata?

Hingga akhirnya aku menemukan situs web.archive.org. Teknologi yang memungkinkan untuk kita mendapatkan screenshot situs-situs lama baik yang masih aktif maupun sudah mati berbasis waktu. Sesuatu yang seolah memiliki mata di punggung meski belum sepenuhnya jelas, masih buram kadang-kadang.

Bukti aku ngeblog sejak 2002 lamat-lamat kutangkap meski beberapa halaman postingan tetap tak bisa terselamatkan.

Salah beberapa yang tak bisa terselamatkan adalah justru yang terpenting, bukti otentik postingan tanggal 12 Februari 2002 karena ?galian terdalam? kutemukan untuk arsip bulan Maret 2002 saja. Jadi sebenarnya merujuk pada paragraf pertama tulisan ini, kalian pun boleh tak percaya karena aku tetap tak bisa menampilkan bukti bahwa aku telah ngeblog selama 12 tahun per minggu lalu!!!

Selain itu, ada begitu banyak postingan yang kubuat di ?masa galau? di donnyverdian.com pun tak bisa terbaca oleh web.archive.org karena kebodohanku sendiri waktu itu, maaf agak sedikit teknis, meletakkan session ID sebagai querystring di permalink postingannya.

Tapi tak apa-apa, masa lalu memang kerap menjadi pelajaran bagi masa kini termasuk bagaimana kita melihat hal-hal kebodohan yang pernah kita lakukan dulu.

Termasuk caraku bertutur dalam posting. Aku sering tertawa bahkan sampai malu sendiri ketika membaca ulang tulisan yang kutulis 12 tahun silam itu. Sangat kekanak-kanakan meski aku melihat sisi lugasnya mengalahkan cara menulisku sekarang ini!

Kalian penasaran?
Jangan khawatir! Aku punya another ?proyek gila? dalam rangka menyambut tahun ke-12 ku ngeblog ini. Mulai sekarang kalian bisa mengakses arsip lama milik donnie.or.id di sini.

Tapi karena proyek ini hanya kukerjakan pada waktu-waktu luang saja, maka ini adalah proyek yang berkelanjutan; mengopi arsip yang ditemukan ?Si mata di punggung? web.archieve.org lalu kutayangkan di sini.

Untuk mempermudah pengaksesan karena ia tak kutampilkan di halaman muka, kalian bisa menuju ke Halaman Arsip dan pilih bulan serta tahun yang berkesesuaian di dalam dropdown list. Atau kalian bisa mengakses halaman tagar baru yang kuberi nama Donnie.or.id.

Oh ya, beberapa hari lalu aku juga telah mengupdate halaman profilku tepat pada tanggal 12 Februari 2014 kemarin dengan judul ?Blog? karena memang kegiatan ngeblog adalah sebuah milestone yang sangat berarti dalam hidupku!

Entah kalian mau baca yang mana dulu? Halaman profilku atau arsip Donnie.or.id? yang pasti keduanya adalah asupan gizi yang baik di awal minggu yang juga semoga baik untuk kita semua ini.

Selamat berkarya!

Sebarluaskan!

14 Komentar

  1. meluncur ke profil dulu….
    kalo aku sih emang baru ngeblog 2008 di TE dan Thursday, April 28, 2005 di blogspot. (untung ada arsipnya hehehe)

    Balas
    • Wah, lucky you :)

      Balas
  2. Melongok dulu di blog-blog senior…

    Balas
    • Thanks

      Balas
  3. Segera ke TKP di mata punggung dulu, liat arsipnya mas Donny ntaran aja, hehehe

    Balas
    • Hahahha, it’s ok :)

      Balas
  4. dan wow, terima kasih infonya mas, akhirnya saya menemukan jejak2 blog saya di tahun 2008 :D

    Balas
    • Sip! Happy to help :)

      Balas
  5. Selamat ultah yang ke-12. Menuju tekape donnie.or.id ^_^

    Balas
    • Makasih…

      Balas
  6. Hihi, setelah lama gak komen,
    (tapi, ketahuilah, aku tetep setia baca tulisanmu lho…)
    sedikit mau kasih komen isinya pemberitahuan juga, dab

    Dulu, beberapa tahun lalu, waktu indonesia.multiply.com itu diakuisisi si “you know who” yang telah angus itu…
    Aku juga dah pake web.archive.org buat ngintip file2 masa lalumu lhooo. Dan memang situs itu sangat berjasa buatku, ngebantu banget, karena kadang yang gak kelacak ama google cache masih kelacak ama dia
    *Malah surhat :)

    Btw, 12 tahun… hemmm, aku mau berucap: “kaulah salah satu blogger yang kusukak, masdab…
    *Iki tenan rangapusi, mbok radibayar tep ayem, tep aku bocahmu owk…. :P

    Balas
    • Suwun…

      Balas
  7. sesepuh ! =))))

    Balas
    • Sesesepuh! :)))

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.