Dipersiapkan Tuhan untuk menjadi saksiNya seharusnya kita tidak bernoda juga?

8 Des 2018 | Kabar Baik

Hari ini Gereja Katolik memperingati Hari Raya Santa Perawan Dikandung Tanpa Noda. 

Kok bisa sih Maria dikandung tanpa noda dosa? Bukankah semua orang lahir dalam keadaan menanggung dosa asal yang berasal dari Adam dan Hawa?

Tidak! Karena sejak awal ia sudah ditentukan untuk melahirkan Yesus, Anak Allah. Bagaimana mungkin Yesus dilahirkan dari seorang yang berdosa?

Secara logika tentu hal itu tidak mudah diterima. Tapi itulah iman dan percaya. Kalau kita percaya bahwa Yesus itu Anak Allah kenapa kita tak bisa percaya bahwa Maria dikandung tanpa noda?

Landasan kepercayaan atas dogma ini bersumber pada ?campur tangan? Allah dalam perkara. 

Persis sama dengan yang terjadi pada Maria sendiri seperti ditulis dalam Kabar Baik hari ini. 

Maria didatangi Gabriel yang menyatakan bahwa ia akan mengandung anak dari Roh Kudus yang lantas diberi nama Yesus.

Maria pun bertanya, ?Bagaimana hal itu mungkin terjadi karena aku belum bersuami?? (lih. Lukas 1:34).

Maria, di titik itu mencapai batas ketidakmampuannya untuk menelaah berita Gabriel menggunakan akalnya yang terbatas sebagai manusia. Dan jawaban Gabriel adalah, ?Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.? (lih. Lukas 1:35).

Penyertaan Allah melalui Roh Kudus adalah kuncinya.

Dalam bahasa sehari-hari, ?Jika Allah sudah berkehendak, apalagi yang bisa menghalangi?? Dan jawaban inilah yang bisa kita pakai untuk jadi landasan percaya terhadap setiap dogma termasuk dogma yang kita peringati hari ini bahwa Maria dikandung tanpa noda dosa.

Lalu apa yang bisa kita pelajari dari Kabar Baik ini?

Penyertaan Roh Kudus itu nyata dalam jalan hidup kita masing-masing!

Jika Maria sejak awal sudah dipersiapkan untuk jadi Ibu bagi Yesus, bukankah demikian kita dari awal sudah dipersiapkan untuk percaya dan mengikutiNya?

Meski kita lahir dalam keadaan dosa asal tapi bukankah melalui pembaptisan kita sudah dibersihkan dan diberi hidup yang baru tanpa noda? Jadi mari terus menjaga kekudusan dengan tidak berbuat dosa dan selalu mendekatkan diri pada Bunda Gereja karena didalamnya Yesus sendiri menawarkan pengampunan dan kerahimanNya itu ?maha?.

Sydney, 8 Desember 2018

Jangan lupa isi Survey Kabar Baik 2018. Hasil isian kalian dalam survey tersebut sangat mempengaruhi bagaimana pola tulisan dan distribusi renungan Kabar Baik ini akan berkelanjutan. Klik di sini untuk informasi selengkapnya!

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.