Debu di alas kaki-Nya

19 Jul 2017 | Kabar Baik

Kabar Baik Hari Ini 19 Juli 2017

Matius 11:25-27
Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.

Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.

Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Renungan

Matematika adalah kunci! Begitu kata guruku di SD dulu. “Kalau kamu bisa menguasai Matematika, nanti cari SMP-nya gampang!”

Atas dasar itu, Papa lantas mengirimkanku pada sebuah kursus matematika.

Akupun jadi tahu seluk-beluk matematika lebih dalam. Nilaiku meninggi dan benar apa yang dibilang oleh guruku tadi bahwa dengan memiliki nilai matematika tinggi, ‘mendapatkan’ SMP favorit bukanlah urusan sulit!

Tapi sisi buruknya aku jatuh sombong dan sok tahu! Saking sombongnya, begitu diterima di SMP favorit, aku tak mau melanjutkan kursus, belajar pun jarang. Kelanjutannya mudah ditebak, tak lama kemudian nilai matematikaku jeblok tersalip oleh kawan-kawan yang semula ada di bawahku!

Intinya sederhana, aku merasa tahu dan bisa, aku sombong lantas terjatuh!

Kunci Kabar Baik hari ini juga sesederhana inti tersebut. Kita merasa mengimani Kristus dan tahu bahwa hanya melalui Dia (Anak) kita bisa mengenal Allah.

Tapi tak jarang dari kita jatuh ke dalam kesombongan, karena merasa sudah tahu tentang iman lantas tak mau memperdalam.

“Yang penting kan sudah dibaptis jadi pasti selamat! Ke gereja nanti aja kalau udah tua!”

Ada pula yang sebaliknya, begitu rajin ke gereja dan persekutuan-persekutuan tapi tak pernah peduli dan cenderung merendahkan sesamanya, “Yang penting ke gereja, mengimani Yesus kita pasti selamat!”

Kita harus waspada dan hal yang harus diwaspadai itu justru karena kita sudah merasa sok tahu, sok bijak, sok pandai.

Padahal seperti dikatakanNya di ayat pembuka Kabar Baik hari ini, perkara-perkara keselamatan hanya diberikan pada orang-orang kecil saja jadi apa untungnya untuk menjadi orang yang sok bijak dan sok pandai?

Maka syukurilah ketika kita kita beriman kepada Kristus.
Tapi kutukilah dirimu ketika merasa bijak dan pandai lalu cepat-cepatlah merendahkan dan kecilkanlah dirimu di hadapanNya karena hanya orang-orang kecil yang diberi tahu tentang perkara-perkara besarNya.

Lagipula bukankah kita ini sejatinya hanya debu di alas kaki Tuhan?

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.