Total Postingan

3,140

Total Komentar

19,957

Total Kata

2,173,058

Tentang Tuhan Dalam Partikel-Partikel Kecil Kehidupan

Menyadari penyertaan Tuhan dalam hidup itu nggak melulu tentang hal-hal besar dan hal-hal yang dibesar-besarkan. Aku mengalaminya semalam melalui partikel-partikel kecil atau barangkali terlalu kecil menurut kalian? Karena ada banyak undangan meeting dan makan malam...

Ojo Dibandingke, duh gombal amat?!

Terlepas dari ketidaksetujuanku terhadap Istana yang memanggil anak di bawah usia, Farel Prayoga, untuk menyanyikan melodi cinta dewasa tapi Ojo Dibandingke adalah sebuah karya lagu yang apik nan sarat makna. Meski dari penggunaan bahasa sudah campur-aduk nggak...

Yak-yak’o dan yak-yak’an

Tiga tahun yang lalu di hari-hari sekarang ini konon ada yang terusik dengan statusku di Facebook lalu menelpon salah satu teman dan bilang, "Donny itu nulis tentang yak-yak'o di FB pasti sedang nyindir aku ya?" Aku ketawa ngakak dikabari. Kok ya tau-taunya aku nulis...

Ya Sudah Mau Gimana Lagi

Seorang musisi besar Tanah Air di era 80-90an akan mengadakan konser pamitan di Jogja bulan depan. Aku kenal dia sejak kira-kira enam tahun lalu.Banyak berguru darinya dan menjadikannya tempat untuk showcase lagu-lagu baruku. Bahkan beberapa waktu lalu kami sempat...

Tentang Jogja (27): Tetap di Asrama Ampel 2!

Selain harus masuk kelas Fisika (baca unggahan sebelumnya), instruksi kedua dari Mama dan Papa menjelang tahun keduaku di Jogja sangat jelas, aku harus tetap tinggal di Asrama Ampel 2! Asrama Ampel 2, kukunjungi di bulan Desember, 2018 silam. Bagi mereka,...

Damai itu…

Damai itu, di tahap yang paling minimal adalah ketika ada dua orang yang tidak saling menganggu meskipun persaoalan di antaranya belum mencapai titik terang penyelesaian. Seperti Mas Parto dan Pak Ruswa, tetanggaku di kampung dulu.Sekian lama mereka berbeda pendapat...

Bokek

Nggak semua orang berani  jujur mengakui kalau dirinya sedang tidak punya uang alias bokek. Masuk akal sih karena sudah sejak ribuan tahun silam uang dan berbagai bentuk materi yang bisa dibeli dengannya kerap dipakai jadi penentu kelas bagi kita di hadapan sesama....

Alasan Terbaik Untuk Maju Menjadi Calon Ketua Ikatan Alumni

Apa alasan terbaik untuk maju menjadi ketua atau presiden atau apapun itu istilahnya dalam sebuah organisasi nirlaba seperti misalnya ikatan alumni? Apapun itu, alasan terbaik menurutku adalah alasan yang kau katakan secara jujur pada dirimu sendiri. Bukan alasan yang...

Pendoa yang Baik

Aku bukanlah pendoa yang baik. Kalaupun kalian berpikir sebaliknya, lebih baik untuk memeriksa kembali benar-tidaknya pikiran itu. Tapi lima hari yang lalu, sebuah pesan dari orang tak kukenal muncul di Facebook Messenger membuatku berpikir, benarkah aku ini bukan...

Megaloman!

Sebulan ini aku belajar untuk diatur dan diarahkan orang lain. Bagi kalian yang tahu dan kenal aku sejak lama, dua hal ini barangkali adalah yang paling berat bahkan untuk dibayangkan bisa aku lakukan. Teman lamaku, Viktor, dulu sampai pernah bilang gini, “Mas Don,...

Berbohong secara konsisten

Berbohong itu membutuhkan konsistensi meski kalau bisa jangan konsisten dalam berbohong karena membangun konsistensi untuk setiap kebohongan itu melelahkan! Waktu SMA dulu hampir tiap malam minggu aku berbohong pada pacarku, pacar pertamaku. Dia tinggal di asrama yang...

Setiap pria +62 pasti maunya diladeni pasangannya?

Beberapa hari yang lalu ada postingan menggelitik.  Kira-kira begini bunyinya, “Pria +62 adalah pria-pria yang maunya diladeni pasangannya meskipun pria itu sudah pernah tinggal di luar negeri atau bahkan di Mars (Planet Mars) sekalipun..” Aku mematahkan persepsi...

Nge-like postingan sendiri?

Siapa yang berhak nge-like sebuah postingan di Facebook? Tentu mereka yang bisa memencet tombol Like di postingan itu. Siapa yang layak mempergunakan feature tersebut? Ini menariknya. Hak dan kewajiban itu bisa di-eksak-an tapi kelayakan masuk ke ranah subyektif...

Surat terbuka untuk lulusan De Britto 2022

Selamat adik-adikku atas kelulusan kalian!Aku gak tahu sudah sesulit apa untuk lulus sekarang, tapi dulu, dua puluh enam tahun yang lalu, sangat sulit bagiku untuk bisa lepas dari kampus Laksda Adi Sucipto 161 yang kita cintai dengan predikat lulus! Mungkin bukan...

Mengalami Tuhan Dalam Keterpepetan

Orang baru ingat Tuhan ketika kepepet. Idealnya sih nggak gitu, tapi biasanya demikian. Dan keterpepetan itu bisa mewujud dalam banyak hal. Seorang kawan terpepet karena hutang.  Kawan lain cerita kalau pacarnya hamil duluan. Aku sih bilang, “Kawinin!” Dia...

Menghapus Teman

Jumlah teman di akun Facebook-ku kemarin sempat mencapai angka 4962! Bagi sebagian orang mungkin itu membahagiakan karena pertanda ‘temannya’ banyak.  Tapi bagiku itu membuat gundah. Aku senang berteman tapi adakah dari angka itu semuanya adalah teman? Nggak semua...

Malam Paskah

Seperti tahun-tahun sebelumnya, semalam dalam perayaan Vigili Paskah, aku bermain musik di gereja paroki Maria Penolong Umat Kristiani (Our Lady Helper Christian) Epping, NSW. Epping adalah kelurahan tempatku tinggal sejak 2010 hingga awal tahun ini sebelum akhirnya...

Klithih

Klithih itu fenomena yang mengkonfirmasi bahwa semboyan bersatu kita teguh bercerai kita runtuh itu benar adanya.  Ketika sedang bersatu, bergerombol dan pawai sepeda motor, anak-anak di bawah umur itu begitu teguh mengejar dan kemudian menghajar korban. Ketika mereka...

Chris Rock atau Will Smith? Ya Gitu Deh!

Drama tanpa rencana yang melibatkan Chris Rock dan Will Smith di ajang penyerahan Piala Oscar 2022, 28 Maret silam, menjadi penanda yang kian terang bahwa sebagian besar dari kita manusia ini pada dasarnya… ya gitu deh! Lho kok bawa-bawa “kita” bukankah itu urusan...

Ancik-ancik Ndase Liyan

Para ‘sultan’ yang ditangkap terkait kasus penipuan investasi itu sejatinya lebih layak dipanggil sebagai raja… raja tega. Mereka tega ancik-ancik ndase liyan. Sebuah istilah Bahasa Jawa yang kalau ‘diindonesiakan’ secara kasar adalah berpijak di atas kepala orang...

Standar Kebahagiaan Alumni dan Alumna yang Berbahagia

Pernah aktif dalam beberapa kumpulan alumnus, membuatku berkesimpulan bahwa ada satu irisan yang jamak kutemui; alumnus yang muncul atau dimunculkan biasanya mereka yang kaya secara materi, sukses dalam karir, kemilau perusahaannya. Catatan, tentu tak semua kumpulan...

Si Pawang

Kegagapan segelintir orang terhadap fenomena pawang hujan di Mandalika kemarin itu seperti layaknya seorang kakak yang mempermalukan perilaku adiknya ketika ada tamu datang padahal saat nggak ada tamu si kakak ya biasa-biasa aja… Mekar memang sedang keranjingan film...

Move on dari covid! Saatnya fokus pada Rusia – Ukraina?

Kadang aku berpikir jangan-jangan invasi Rusia ke Ukraina adalah cara kita untuk move-on dari covid  ‘secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya!' Waktu SMP dulu aku pernah ke-gep nonton bokep. Waktu itu namanya belum bokep sih tapi BF alias blue...

Huh! Kamu ngabari cuma kalau pas butuh aja!

Hidup ini rasanya bakalan lebih indah kalau ketika seorang kawan yang udah lama nggak berkabar lalu kamu memilih untuk tidak menghujaminya dengan…“Huh! Kamu ngabari aku cuma kalau pas lagi butuh aja!” Padahal kalau mau dibalik, kawanmu itu bisa saja membalas, ...

Nggak dipercaya orang? Lemesin aja…

Nggak dipercaya itu bisa dipicu oleh beberapa hal. Bisa jadi karena kamu memang pernah melakukan satu kesalahan dan hal itu membuat orang lain jadi tidak percaya bahwa kamu tidak akan mengulanginya lagi di masa depan. Bisa juga mungkin bukan kesalahan yang pernah...