Bangkitnya Dunia Blogger Indonesia Karena Kita Indonesia!

23 Agu 2016 | Cetusan, Digital

Blog memang trend sesaat! Meski demikian, adalah sesat ketika menganggap bahwa dunia perbloggeran Indonesia telah kiamat! Masih banyak yang rajin ngeblog dan bahkan entah kalian sadar atau tidak, blog yang sedang kalian baca ini selalu update setidaknya sehari sekali.

Lagipula, meski sudah bukan trend lagi, lomba blog di sana-sini masih diadakan sesekali. Padahal kalau dipikir aneh juga, meski jadi trend, memangnya ada lomba bikin status di FB dan lomba tweet di Twitter? Nggak ada, kan? Kalaupun ada, jarang terdengar!

Nah, kawan-kawan dari Rumah Blogger Indonesia, salah satu komunitas yang masih terus dan tetap bangga membawa kata ‘Blogger’ bersama PT XL Axiata Tbk mengadakan lomba blog bertemakan “Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi”.

Lomba ini sudah dimulai sejak 14 Agustus 2016 silam dan baru berakhir pada 8 Oktober mendatang.

Ada hadiah sebesar 10 juta rupiah plus sertifikat untuk pemenang pertama, 5 juta plus sertifikat untuk pemenang kedua alias runner-up dan dua puluh terbaik lainnya akan diganjar 1 juta rupiah plus sertifikat!

Ketiga juri yang duduk dalam dewan juga mumpuni, kebetulan aku juga kenal secara personal.

Ada Mas Rony ‘Lantip’ yang pernah kutulis di sini dalam serial Tokoh Muda Jogja, Mas Donny BU yang tulisannya pernah tayang di sini dan Mas Wisnu Nugroho, wartawan Kompas nan keren yang terkenal dengan serial buku Pak Beye dan… kami sama-sama asli Klaten!

Bicara soal Klaten, ‘bau Klaten’ memang menyeruak dalam perhelatan lomba ini.

Adalah Mas Blontank Poer, yang akrab kusapa Paklik dan artikel tentangnya bersliweran di blog ini (simak di sini dan di sini) yang menelponku beberapa minggu lalu.

Ia adalah sesama orang Klaten juga yang mengajakku untuk bergabung dalam tim ‘pemikir’ lomba ini (dan ada beberapa hal dalam percakapan itu yang belum bisa kushare lebih jauh tapi ketika saatnya nanti kubagikan akan tedengar mengasyikkan!)

Tapi, ada hal yang paling menarik di antara semua yang menarik barusan dan hal itu adalah pada nama kegiatan perlombaan ini, KitaIndonesia.Id!

Saat pertama kali Paklik Blonty memberitahukan nama domain itu, aku merinding disko dibuatnya! Kalau kalian pembaca setia blog ini sejak lama, istilah ‘KitaIndonesia’ tak asing lagi.

KIta Indonesia

Laman kitaindonesia.net tempo itu, 2011.

Lima tahun lalu aku pernah berinisiatif membuat sebuah situs agregator blogger-blogger Indonesia yang tinggal di luar negeri. (Baca artikelnya di sini)

Pada awal penayangannya, bahkan media yang khusus menulis tentang digital trend di Asia Pasifik, Tech In Asia sampai memuat interviewku dengan tim redaksinya.

Namun sayang, karena ketiadaan sumber daya tenaga yang lebih, aku harus mematikannya tak lama kemudian.

Maka dari itu, ucapan Paklik Blonty ketika menyuarakan “KitaIndonesia” itu jadi bernada magis karena mengingatkanku pada mimpi lama yang akhirnya menjadi baru.

Jadi kalian, kalian dan kalian semua! Merasa Indonesia?

Yuk nulis lalu ikut lomba blog ini. Mumpung masih ada dua bulanan lagi. Siapa tahu jalan ini akan menjadikanmu menjadi seorang… superblogger Indonesia!

Sebarluaskan!

2 Komentar

  1. Ayo para blogger ikuti lomba ini… Pastikan.kamu menjadi bagian untuk pembangunan negeri ini.

    Balas
  2. Saya ikut mendukung saja secara moral.
    Sejak lama saya belum berminat lomba-lomba, :)

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.