Apakah Ahok adalah orang yang mengerjakan pekerjaan-pekerjaanNya?

13 Mei 2017 | Kabar Baik

Kabar Baik Hari Ini, 13 Mei 2017

Yohanes 14:7 – 14
Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”

Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Renungan

Masih soal Ahok! Percayakah kamu bahwa ia adalah orang yang percaya kepadaNya?

Seperti yang Yesus bilang hari ini dalam Kabar BaikNya, “Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan.”

Barangkali banyak yang bilang tanpa menyangsikan bahwa Ahok telah melakukan pekerjaan-pekerjaanNya. Tapi bagaimana ketika kita mendengar komentar orang-orang yang rumahnya digusur? Adakah bagi mereka Ahok telah mengerjakan pekerjaan-pekerjaan Tuhan atau sebaliknya?

Coba dengar pendapat Pak Sandyawan Sumardi, mantan pastor yesuit yang banyak mendampingi warga-warga di sekitar Ciliwung yang digusur Ahok, adakah baginya dan warga yang dibelanya Ahok mengerjakan pekerjaan-pekerjaan Tuhan?

Atau bertanyalah pada Bu Retno Listyarti dan keluarganya. Ia adalah mantan kepala sekolah SMA 3 Jakarta yang dipecat tapi kemudian di tingkat MA, perkaranya dimenangkan. Ia tentu memiliki opini berbeda tentang sosok Ahok.

Jadi, benarkah ia mengerjakan pekerjaan-pekerjaanNya?

Janganlah kita menghakimi atas hal ini karena hanya Tuhan yang sanggup dan berhak menilai apakah seseorang telah mengerjakan pekerjaan-pekerjaanNya sebagai tanda bahwa kepercayaan termasuk Ahok dan kita.

Tapi setidaknya, peristiwa Ahok ini memberikan kita hikmah dan harus kita ambil sebagai satu pelajaran bahwa pernah ada satu orang bernama Ahok yang berusaha untuk mencintaiNya dengan segala daya, kekurangan dan kelemahannya. Perkara apakah pekerjaan yang ia lakukan itu sudah sejalan dengan yang Ia lakukan atau tidak, itu tak jadi soal.

‘Bola’ justru sekarang ada di pihak kita, apakah kita yang diberi kesempatan menyaksikan semua ini bisa berbuat lebih baik dari yang Ahok lakukan atau tidak?

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.