Apa gunanya agama?

23 Jul 2017 | Kabar Baik

Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.”(Matius 13:30)

Ada pertanyaan menohok dari kawan yang mulai meragukan peran agama serta Tuhan.

“Kalau terorisme, narkoba, peperangan, pembunuhan, pemerkosaan dan korupsi ada dimana-mana bersi-maharajelela… lantas apa gunanya agama?”

Biasanya, tak semuanya, orang-orang yang bertanya seperti itu sejatinya sudah punya jawaban versinya sendiri yaitu bahwa baginya agama tak ada gunanya, tak ada perlunya memeluk dan menjalankan ritual agama.

Ya biar saja, itu toh haknya dia harus kita hormati.

Hari ini, Yesus yang adalah penabur Kabar Baik melarang para penuai untuk membersihkan ilalang dari tanaman gandum, justru supaya tanaman gandum tak ikut tercerabut dalam pembersihan itu.

Hingga akhir zaman, roh jahat akan selalu hadir dengan buah-buahnya seperti kusebut di atas, terorisme, narkoba, peperangan/pembunuhan, pemerkosaan, korupsi dan lain-lainnya, berkelindan bak ilalang dalam ladang gandum.

Kita tak bisa mengharapkan hidup ini bersih sepenuhnya dan justru karena itu, apalagi yang bisa kita harapkan selain Tuhan yang kehadiranNya kita resapi melalui ajaran agama?

Agama yang bukan sebagai dasar hukum negara dan bukan pula sebagai landasan untuk menyerang mereka yang kita anggap sebagai penikmat buah-buah roh jahat. Tapi sebaliknya, agama yang bisa kita pakai sebagai landasan untuk terus hidup utuh seraya bertumbuh dan menggandum setinggi dan seganas apapun ilalangnya.

Sehingga yang tersisa bukan lagi pertanyaan tentang “apa gunanya agama” tapi justru, “Mumpung masih beragama, apa yang bisa kita lakukan sebagai orang beragama untuk terus berbuah dan berkarya bagiNya dan sesama?”

Ini hari minggu, yuk ke gereja!

Sydney, 23 Juli 2017
di Hari Minggu Biasa XVI

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.