368 tulisan, selamat tahun baru!

16 Agu 2016 | Cetusan

Lho kok sekarang? Ini masih 16 Agustus 2016?!

Iya! Karena kalau dihitung satu hari satu tulisan, hari ini adalah 1 Januari 2017. Tulisan tentang DBBC.Space yang kubikin mampus tadi pagi adalah tulisan ke-366 tahun ini dan karena kabisat maka jumlah hari bukannya 365 tapi 366.

Padahal dalam hitungan masehi, hingga tutup tahun 2016 masih ada sekitar empat bulan setengah, 135 hari tepatnya. Dalam hitunganku, setidaknya akan ada 135 tulisan lagi denagn perhitungan satu hari satu tulisan meski tentu akan lebih daripada itu.

Apa menariknya menulis banyak-banyak? Menarik karena setidaknya aku mengikuti dan mengukuhkan apa yang kuinginkan untuk terjadi sejak awal tahun lalu, menulis satu-setiap-hari.

Kata adalah tulang-belulang kita, begitu kira-kira kata Michelle Obama yang pidatonya dijiplak habis-habisan oleh calon ibu negara penggantinya.

Sekalinya aku berkata, aku harus belajar untuk menggunakannya sebagai kerangka berpikir, bahwa ada yang harus ditepati atau harus diupayakan yang terbaik untuk ditepati yaitu kata-kata itu sendiri.

Selain itu, tinggi jumlah tulisan tahun ini menunjukkan bahwa meski sudah 14 tahun ngeblog, di saat blogger-blogger angkatanku sudah lupa apa itu blog dan banyak blogger-blogger adik angkatanku juga sudah tak ingat kapan harusnya memperpanjang domain name dan juga lupa username dan password blog, aku makin kuat dan tegar!

Dari statistik, berikut adalah perbandingan jumlah tulisan tahun ini, tahun 2015 dan tahun 2014.

tahun baru

Pie chart jumlah tulisan tahun 2014, 2015 dan sebagian 2016

tahun baru

Bar chart jumlah tulisan per bulan tahun ini

Selamat tahun baru, terima kasih sudah selalu menyertai DV.FYI selama ini!

Sebarluaskan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.